PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD

Luh Seri Juliantini, I Nyoman Jampel, Komang Sujendra Diputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan model pembelajaran Brain Based Learning berbantuan media konkret dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan model pembelajaran Brain Based Learning berbantuan media konkret pada siswa kelas IV SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan rancangan Non Equivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 139 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes uraian. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis data, dan uji hipotesis melalui uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Brain Based Learning berbantuan media konkret dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran Brain Based Learning berbantuan media konkret. Hal ini dilihat dari hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung = 3,910  dan ttabel = 2,021 (thitung > t tabel). Adanya perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menandakan bahwa model pembelajaran Brain Based Learning berbantuan media konkret berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng.


References


Daftar Pustaka

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Gazali, R. Y. (2018). "Pembelajaran Matematika yang Bermakna". Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 2, No.3.

Islamiah, N. (2018). "Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa SMP". Journal On Education , Vol.1, No.1(hlm. 47-57).

Jensen, Eric. 2011. Pembelajaran Berbasis-Otak. Jakarta: PT Indeks.

Mulyati, T. (2016). "Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar". e-journal UPI, Vol.3, No.2.

Musfiroh, T. & Beniati. (2016). "Konstruk Kompetensi Literasi untuk Siswa Sekolah Dasar". Jurnal LITERA. Vol. 15, No.1.

Nuraziza, R., & Suwarma, I. R. (2018). "Menggali Keterampilan Creative Problem Solving yang Dimiliki Siswa SMP Melalui Pembelajaran IPA Berbasis STEM". Jurnal Wahana Pendidikan Fisika , Vol. 3. No.1 (hlm. 55-61).

Oktaviana, Syifa Eka. (2017). "Model Brain Based Learning (BBL) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Konsep Daur Air". Antologi UPI, Vol. 5, No.1.

Permendiknas No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Rahman, dkk. (2018). "Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalalah Matematika Ditinjau dari Metakognisi Belajar Siswa Sekolah Dasar'. Indonesian Journal of Primary Education, Vol.2, No.1.

Saraswati, dkk. (2018). "Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model MEANS ENDS ANALYIS (MEA) Bagi Siswa Kelas 5 SD Negeri Sumogawe 02". Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa. Vol. 4, No. 1.

Sukriyah, D. (2016). "Perbandingan Hasil Belajar Kelas Eksperimen dan Kontrol Pada Pembelajaran Matematika dengan Brain Based Learning". Jurnal Edukasi ,Vol. 2, No.1(hlm. 15-24).

Sulfah. (2014). "Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Pendekatan Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Negeri Naumbai Kecamatan Kampar". Jurnal Pendidikan Matematika , Vol.1, No.2.

Sumarjilah, Y. (2015). "Penggunaan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan pada Siswa Kelas I SDN Rejoagung 01 Kabupaten Jember". Pancaran ,Vol.4, No. 4(hlm. 67-78).

Sunaryo, Y., & Nuraida. (2017). "Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Brai- Based-Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa". Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika , Vol.3, No.2 (hlm. 89-96).

Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.2003. Jakarta: Sinar Grafika.

Wiguna, A. (2016). "Penerapan Pembelajaran Berbasis Otak Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V". e-Journal PGSD Undiksha , Vol.4, No. 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Thinking Skills and Creativity Journal is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id

 


Thinking Skills and Creativity Journal indexed by:

Akreditasi SINTA   Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Thinking Skills and Creativity Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.