Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Sikap Sosial Dan Berfikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika

Authors

  • Dian Soraya Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Jampel Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Komang Sujendra Diputra Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20409

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis kearifan lokal terhadap sikap sosial dan berfikir kritis pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SD Gugus Singosari Kecamatan Pekutatan Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Non Equivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus Singosari, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana. Sampel diambil dengan cara random sampling melalui teknik undian. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner sikap sosial dan tes uraian berfikir kritis. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sikap sosial siswa dan berfikir kritis secara parsial dan simultan dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian  model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis kearifan lokal berpengaruh positif terhadap sikap sosial dan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SD Gugus Singosari Kecamatan Pekutatan Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2018/2019 Saran bagi penelitian selanjutnya diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan kembali pada pelajaran lain.

 

Kata kunci: PBL,kearifan lokal, sikap sosial, berfikir kritis

References

Ahmadi, H.A. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arnyana, Ida Bagus Putu. 2014. Peranan Budaya Bali Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA IV Tahun 2014 Tersedia pada:

Arikunto, Suarsimi. 2005. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Astawan, I Gede. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Singaraja: Undiksha.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2012. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Yogyakarta: Diva Press.

Atmadja, A.T., Darmawan, N.A.S., Adi, K. and Saputra, K., 2015. Pengaruh Implementasi Good Corporate Governance Dan Proteksi Awig-Awig Terhadap Kinerja Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Dengan Budaya Menyama Braya Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Lpd Se-Kabupaten Buleleng). Prosiding Konfrensi Regional Akuntansi II, Malang-Jawa Timur.

Dantes, N. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Singaraja: PT Rajagrafindo Persada.

Darmawati, N.P.A., Tegeh, I.M. dan Suarni, N.K., 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science Berbantuan Metode Talking Stick Terhadap Sikap Ilmiah Dan Penguasaan Konsep IPA Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, Volume 1, Nomor 1. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/789. (diakses tanggal 27 Februari 2019).

Dewi, M.T.P., Pudjawan, K. dan Riastini, P.N., 2014. Pengaruh metode edutainment terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus XV kecamatan Buleleng tahun ajaran 2013/2014. MIMBAR PGSD Undiksha, Volume 2, Nomor 1. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1975. (diakses pada tanggal 28 Februari 2019).

Eliza, R., Fauzan, A., Lufri, L. and Yerizon, Y., 2019. The Validity of Realistic Problem Based Learning Model Development of Mathematics Learning in Vocational High School (SMK). In International Conference on Islamic Education (ICoIE 2018). Atlantis Press.

Ennis, R. H., W. L. Gardiner, R. Morrow, D. Paulus, dan L. Ringel. 1964. The Cornell Clas-Reasoning Test, Form X. Champaign: Illinois Critical Thinking Project, Department of Edicational Policy Studies, University of Illinois at Urbana-Champaign.

Fakhriyah, F., 2014. Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1). Tersedia pada https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2906/2934. (diakses pada tanggal 26 Februari 2019).

Gusviani, Evi. 2017. Analisis Kemunculan Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dalam Kegiatan Pembelajaran IPA Kelas IV SD yang Menggunakan KTSP dan Kurikulum 2013. EDUHUMANIORA, Volume 7, Nomor 2. Tersedia pada http://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/5127. (diakses tanggal 27 Februari 2019).

Gunantara, G., Suarjana, I.M. dan Riastini, P.N., 2014. Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, Volume 2, Nomor 1. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2058/1795. (diakses pada tanggal 26 Februari 2019).

Hasratuddin. Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Tersedia pada digilib.unimed.ac.id>FullText.

Karim, A., 2011. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1(1), pp.21-32. Tersedia pada http://jurnal.upi.edu/file/3-Asrul_Karim.pdf. (diakses tanggal 26 Februari 2019).

Kusuma. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Problem BasesLearning Terhadap hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V Semester Ganjil Di Gugus XIV SD Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2013/2014. E-journal PGSD Vol: 2 No: 1. PGSD Undiksha. (hlm 1-10).

Kusuma, Putu Indra. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Resolusi Konflik Terhadap Hasil Belajar PKn Ditinjau Dari Sikap Sosial Siswa Kelas V SD Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran PPs, Volume 14, Nomor 3. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/11988. (diakses pada tanggal 20 Januari 2019).

Marhaeni. 2013. Landasan dan Inovasi Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

PISA 2015. Tersedia pada: https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dan Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Suharman,Edy. 2017. Peran Guru IPS Sebagai Pendidik dan Pengajar dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPS, Volume 4, Nomor 1. Tersedia pada https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/8660. (diakses pada tanggal 20 Januari 2019).

Suamba, I Nyoman. 2012. Wujudkan Sikap Menyama Braya dengan Pikiran yang Positif. Majalah Hindu, Raditya.

Suara, dkk. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia.E-journal PGSD Vol:4 No: 1. PGSD Undiksha. (hlm 1-10).

Surya, Hendra. 2011. Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar. Jakarta: Gramedia.

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.

Wiranata. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd, E-Journal PGSD, Vol:5. No: 2. (hlm 1-10). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/10739/6845. (diakses pada tanggal 28 Februari 2019).

Wiyana, Ida Bagus Gede. 2012. Menghormati Kearifan Lokal Sebagai Landasan Strategis Mewujudkan Makna Menyama Braya Sebagai Penguatan Jati Diri Bangsa. www.wordpress.com, diakses tanggal 1 April 2019

Downloads

How to Cite

Soraya, D., Jampel, I. N., & Diputra, K. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Sikap Sosial Dan Berfikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika. Thinking Skills and Creativity Journal, 1(2), 76–85. https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20409

Issue

Section

Articles