Pengaruh Model Direct Intruction Berbantu Media Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Bilangan

Authors

  • Indah Novarini Jurusan PGSD FIP Universitas PGRI Semarang, Indonesia.
  • Ahmad Nashir Tsalatsa
  • Eka Sari Setianingsih

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16156

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model Direct Intruction berbantu media corong berhitung pada mata pelajaran matematika siswa kelas II. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Pre Eksperimental Design dan jenis yang diambil adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang diambil adalah 18 siswa kelas II dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan sampling jenuh. Penelitian diperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 53,5 sedangkan rata-rata nilai posttest sebesar 76,5. Berdasarkan analisis data pada perhitungan uji t diperoleh thitung= 12,2540 dan ttabel= 1,740. Karena  thitung> ttabel yaitu 12,2540>1,740 maka sesuai dengan rumusan hipotesis yang diujikan, H0 ditolak dan Ha diterima. Bahwa model pembelajaran Direct Intruction berbantu media corong berhitung berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas II SD Negeri Wanasari 02 Brebes

References

Alia, N dan Supriyono, 2013. Penerapan Model Direct Instruction dengan Menggunakan Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bangkalan Pada Materi Pokok Azas Black. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, Vol.02, No.03

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

BSNP.2006. Standar Isi Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.Jakarta: Balitbang.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Griffin,P., Gillis, S. & Calvitto, L. (2007). Standards-referenced assessment for vocational education and training in schools. Australian Journal of education. Vol. 51 No. 1, 2007, 19 -38 Assessment Research Centre The University of Melbourne

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV Pustaka Setia.

Heruman. 2014. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Khoeriyah, Ni’matul. 2016. Pengaruh Model Direct Instruction Terhadap HasilBelajar SBK Materi Membuat Karya Kolase Siswa Kelas IV SDN GugusKenanga Kabupaten Kebumen. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru SekolahDasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.

Mariati, Desak Putu dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Berbantuan Media Seni Melipat Kertas Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Tk Shanti Kumara Iii Sempidi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 2, No 1.

Pritandhari, Meyta. 2017. Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, Vol.5, No.1.

Rachmawati, Auliya. 2015. Keefektifan Model Direct Instruction terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bermain Alat Musik Melodi di Kelas IV SDN Kepandean 03 Kabupaten Tegal

Rosdiani, Dini. 2012. Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Sakti. I, Puspasari. Y.M. dan Risdianto. E, 2012, Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Melalui Media Animasi Berbasis Macromedia Flash Terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisiska Siswa di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu, Jurnal Exacta, vol. X No. 1.

Safitri, Bancong. H dan Husain. H, 2013. Pengaruh Pendekatan Multiple Intelegences Melalui Model Pembelajaran langsung Terhadap Sikap dan Hasil Belajar Kimia Peserta Didik di SMA Negeri 1 Tellu Limpoe. Jurnal pendidikan IPA Indonesia vol (2), no (2)

Setiawan. W, Fitrajaya. E dan Mardiyanti.T, 2010, Penerapan Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) Untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa dalam Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PITK), Vol. 3, No. 1.

Sori, Elpian. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Langsung Dengan Media Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Lempar Turbo Siswa Kelas IV SD.Negeri 06 Lebong Atas Kabupaten Lebong.http://repository.unib.ac.id/9037.pdf. Diakses 21 Juni 2018.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: PT Tarsito.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susiana, Ratih. 2015. Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Multimedia Terhadap Motivasi Belajar Dan Pencapaian Kompetensi Pembuatan Desain Busana. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 5, Nomor 3.

Downloads

Published

2018-11-28

How to Cite

Novarini, I., Nashir Tsalatsa, A., & Setianingsih, E. S. (2018). Pengaruh Model Direct Intruction Berbantu Media Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Bilangan. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 389–395. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16156