Pemberdayaan Keterampilan Model Komunikasi Instruksional Guru SD

Ratnawati Susanto, Harlinda Syofyan, Erna Febriani, Mahwar Alfan Nisa, Oktafiani Oktafiani, Yona Dwi Yolanda, Lidya Agatha Lumban Tobing, Septi Bela Diani, Belinda Bilqiis Hendrawan, Alyannida Alfira, Dian Erisa Nurmala Cahyaningrum, Heni Oktavia, Bellina Dwi Nurlinda

Abstract


Semakin kurang kondusifnya pola komunikasi instruksional yang digunakan oleh guru dalam membentuk pengalaman belajar yang edukatif dan humanis pada masa pandemi covid-19 dengan konsep “belajar di rumah (pembelajaran daring)”. Serta, kebutuhan pengembangan kompetensi pedagogik perlu dilakukan terutama terkait dengan komunikasi. Rekomendasi solusi permasalahan dilakukan melalui kegiatan pendampingan dan pemberdayaan Pola Komunikasi Instruksional sebagai peningkatan kompetensi pedagogik. Subjek kegiatan P2M ini adalah Guru yang berjumlah 20 orangs. Metode yang digunakan adalah melalui Sosialisasi, Refleksi diri dan Pemetaan, Pengembangan Kompetensi, Pengukuran dan Evaluasi Program. Hasil pelaksanaan kegiatan menununjukkan hasil meningkatnya pengetahuan guru mengenai konsep dasar pola komunikasi instruksional dan keterampilan komunikasi instruksional adalah dari 40% menajdi 90% dengan rerata peningkatan 83%. Jadi, Kegiatan P2M yang dilakukan mampu meningkatkan kemampuan pedagogic guru khususnya kemampuan Komunikasi instruksional, yang berdampak terhadap keberhasilan dalam proses pembelajaran.


Keywords


Pemberdayaan Guru, Pola Komunikasi Instruksional, Kompetensi Pedagogik

Full Text:

PDF

References


Angela, T. (2014). Challenges to Meaningful Learning in Social Studies – The Key Competences as an Opportunity to Students’ Active Participation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 128, 192–197. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.142.

Arianto, A., Iriani, T., & Arthur, R. (2018). Hubungan Komunikasi Instruksional dengan Hasil Belajar Ilmu Ukur Tanah Di SMK Negeri 1 Jakarta. Hubungan Komunikasi Instruksional Dengan Hasil Belajar Ilmu Ukur Tanah Di SMK Negeri 1 Jakarta, 8(1), 31–39. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpensil/article/view/8481/6803.

Arnott, L., & Yelland, N. (2020). Multimodal lifeworlds: Pedagogies for play inquiries and explorations. Journal of Early Childhood Education Research, 9(1), 124–146.

Azizah, A. (2020). Pelatihan Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19 Untuk Guru- Guru Sd Negeri 3 Melayu Muara Teweh Online Learning Training During the Covid 19 Pandemic for Teachers Sd Negeri 3 Malay Muara Teweh. BAKTI BANUA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 78–83. https://ejurnal.stimi-bjm.ac.id/index.php/BBJM/.

Bressington, D. T., Wong, W. kit, Lam, K. K. C., & Chien, W. T. (2018). Concept mapping to promote meaningful learning, help relate theory to practice and improve learning self-efficacy in Asian mental health nursing students: A mixed-methods pilot study. Nurse Education Today, 60(February 2017), 47–55. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2017.09.019.

Chang, T. Y., Hong, G., Paganelli, C., Phantumvanit, P., Chang, W. J., Shieh, Y. S., & Hsu, M. L. (2020). Innovation of dental education during COVID-19 pandemic. Journal of Dental Sciences, 155. https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011.

Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes. Children and Youth Services Review, 118(June), 105440. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440.

Firdausi, I. A. (2018). Komunikasi Instruksional Di Kelas Yoga Club Health Fatimah Kota Serang. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 139. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i2.952.

Hiryanto. (2017). Pedagogi, Andragogi dan Heutagogi Serta Implikasinya dalam Pemberdayaan Masyarakat. Dinamika Pendidikan, 22(1), 65–71. https://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan/article/download/19771/10802.

Hwang, G. J., Wang, S. Y., & Lai, C. L. (2020). Effects of a social regulation-based online learning framework on students’ learning achievements and behaviors in mathematics. Computers and Education, 160, 104031. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104031.

Kostiainen, E., Ukskoski, T., Ruohotie-Lyhty, M., Kauppinen, M., Kainulainen, J., & Mäkinen, T. (2018). Meaningful learning in teacher education. Teaching and Teacher Education, 71, 66–77. https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.12.009.

Kristina, A. (2017). Model Training Needs Analysis Untuk Membentuk Perilaku Inovatif Sdm Industri Kecil Sepatu Di Jawa Timur. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 14(4), 434. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2010.v14.i4.2184.

Liu, Q., Huang, J., & Zhou, Z. (2020). Self-expansion via smartphone and smartphone addiction tendency among adolescents: A moderated mediation model. Children and Youth Services Review, 119(June), 105590. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105590.

Mardawani, M., Fusnika, F., & Hartini, A. (2020). Pelatihan Pembelajaran Daring Google Classroom Bagi Guru Di Smp Negeri 6 Sintang. JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(2), 148–156. https://doi.org/10.31932/jpk.v5i2.935.

Nengsih, H. D. (2017). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pengelolaan Proses Di Sd Negeri 10 Mandonga. Wakapendik, 2(7), 1–14.

Nurmayuli. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kompetensi Pedagogik Guru. Al-Mabhats, 5(1), 77–103. https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/al-mabhats/article/view/805/531

Nuryani, N., Hadisiwi, P., & Karimah, K. El. (2016). Pola Komunikasi Guru Pada Siswa Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Menengah Kejuruan Inklusi. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(2), 154–171. https://doi.org/10.24198/jkk.vvol4n2.4.

Rahmawati, M., & Latifah, M. (2020). Penggunaan Gawai, Interaksi Ibu-Anak, Dan Perkembangan Sosial-Emosional Anak Prasekolah. Jur. Ilm. Kel. & Kons., 13(1), 75–86. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.24156/jikk.2020.13.1.75 PENGGUNAAN.

Robeet, T. (2019). Proses Komunikasi Instruksional dalam Pembelajaran Vokasional. Journal of Education and Instruction, 2(1), 49–55. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/614/415.

Sabarua, J. O., Patalatu, J. S., & Besare, S. D. (2020). Pelatihan Pembelajaran Daringbagi Guru-Guru Sekolah Dasar Guna Meningkatkan Literasi Digital Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 1(2), 147–155. https://doi.org/10.38048/jailcb.v1i2.122.

Samaha, M., & Hawi, N. S. (2016). Computers in Human Behavior Relationships among smartphone addiction , stress , academic performance , and satisfaction with life. Computers in Human Behavior, 57, 321–325. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.12.045.

Shintiyana, A. A. (2020). Komunikasi Instruksional Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif Galuh Handayani Surabaya Azizah Ayu Shintiyana. Commercium, 3(2), 1–11. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/35773/31991.

Sulaefi, S. (2017). Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Terhadap Disiplin Kerja Dan Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1). https://doi.org/10.26905/jmdk.v5i1.1212.

Usman, A., Nafliyon, D., & Wiliani. (2021). Komunikasi Instruksional Pada Kelas Akting Online Sanggar Ananda. Komunikasi Instruksional Pada Kelas Akting Online Sanggar Ananda, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.30596/interaksi.v5i1.4620.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.36635

Article Metrics

Abstract view : 531 times
PDF file view : 221 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



International Journal of Comunnity Service Learning is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: gede.aditra@undiksha.ac.id



International Journal of Comunnity Service Learning indexed by:

   Crossref              OneSearch BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.