Pelatihan Multimedia bagi Guru dalam Menunjang Pembelajaran Daring

Authors

  • Harlinda Syofyan Universitas Esa Unggul Jakarta, Indonesia
  • Ratnawati Susanto Universitas Esa Unggul Jakarta, Indonesia
  • M. Bahrul Ulum Universitas Esa Unggul Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i4.41361

Keywords:

Multimedia, Online Learning, COVID-19

Abstract

Pandemi covid-19 mengakibatkan proses belajar mengajar di Indonesia harus dilaksanakan secara online/daring. Hal seperti ini terjadi di SDN 1 Jelambar Baru, sekolah negeri yang berada di wilayah Jakarta Barat. Situasi pembelajaran daring menimbulkan tantangan dan permasalahan bagi guru dan siswa. Berdasarkan hasil identifikasi terdapat permasalahan yaitu tuntutan dan kebutuhan guru untuk meningkatkan keterampilannya dalam membuat media untuk mendukung pembelajaran online di masa pandemi COVID-19. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, solusi yang telah diusulkan adalah dengan mengadakan pelatihan pembuatan bahan ajar multimedia. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah sosialisasi, pelatihan, refleksi diri, dan simulasi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PKM ini adalah: (1) kesesuaian materi dengan yang diinginkan oleh guru SDN Jelambar Baru 01, (2) mendapat respon positif dari guru dengan bukti kehadiran 100% dan kegiatan interaktif 67%, dan, (3) beberapa peserta memahami materi yang telah disampaikan dan yang ditandai dengan peningkatan penggunaan penggunaan power point 7%, Google Meet 7%, Props 40%, dan video snimation sebesar 25%.

Author Biographies

Harlinda Syofyan, Universitas Esa Unggul Jakarta, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP

Ratnawati Susanto, Universitas Esa Unggul Jakarta, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP,

M. Bahrul Ulum, Universitas Esa Unggul Jakarta, Indonesia

Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer

References

Apak, J., & Taat, M. S. (2018). Pengaruh Kesediaan Guru terhadap Pengurusan Bilik DarjahAabad ke-21. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities, 3(4), 6–22. http://msocialsciences.com/index.php/mjssh/article/view/103.

Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3905.

Baquier Orozco, R., Barraza Castillo, R. I., & Husted Ramos, S. (2020). Neoaltar: An Interactive Multimedia Day of The Dead Experience. Heliyon. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e03339.

Cucus, A., & Aprilinda, Y. (2016). Pengembangan E-Learning Berbasis Multimedia untuk Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh. Explore: Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika. https://doi.org/10.36448/jsit.v7i1.765.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes/article/view/659.

Gunawan, G., Harjono, A., Herayanti, L., & Husein, S. (2019). Problem-Based Learning Approach with Supported Interactive Multimedia in Physics Course: Its Effects on Critical Thinking Disposition. Journal for the Education of Gifted Young Scientists. https://doi.org/10.17478/jegys.627162.

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan dalam Masa Pandemi covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48. http://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44.

Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Doubleclick: Journal of Computer and Information Technology. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540.

Lestari, T., & Harlinda, S. (2021). Pengaruh Penggunaan WhatsApp terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VA SDN Duri Kepa 03 Jakarta Barat Pada Masa Pandemi. Jurnal Perse, 4(2), 87–92. https://doi.org/https://doi.org/10.37150/perseda.v4i2.1257.

Lestari, T., & Syofyan, H. (2021). Jurnal perseda. Jurnal Persada, IV(2), 87–92.

Marisda, D. H. (2020). Pembelajaran Konseptual (Interaktive Conceptual Intruction) pada Perkuliahan IPA Terpadu (Nurlina & Riskawati (eds.); Pertama). LPP Unismuh Makassar.

Marjuni, A., & Harun, H. (2019). Penggunaan Multimedia Online dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 194–204. https://scholar.archive.org/work/ntjcydrgqrc7vhytdr5n7es3ha/access/wayback/http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/idaarah/article/download/10015/pdf.

Novayulianti, R. S. H. (2021). Analisis Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di SDN Duri Kepa 05 Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 987–996. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v2i3.793.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64–72. https://repository.unpak.ac.id/tukangna/repo/file/files-20200110015955.pdf.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadist Syari Ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–210. https://pps.iiq.ac.id/jurnal/index.php/MISYKAT/article/view/52.

Parameswari, P., & Kurniyati, T. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. L Pendidikan Matematika (JPM), 6(2), 89–97. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/6606.

Poerwanti, J. I. S., & Mahfud, H. (2018). Optimalisasi Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dengan Microsoft Power Point pada Guru-Guru Sekolah Dasar. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 265–271. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2296.

Praheto, B. E., Andayani, Rohmadi, M., & Wardani, N. E. (2020). The Effectiveness of Interactive Multimedia in Learning Indonesian Language Skills in Higher Education. Rupkatha Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities. https://doi.org/10.21659/rupkatha.v12n1.34.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397.

Putri, S. T., & Syofyan, H. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru Kelas terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV Ppda Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar Negeri Tanjung Duren Utara 02. Dinamika Sekolah Dasar, 1(1), 1–11.

Rachmadtullah, R., Iasha, V., Rasmitadila, R., & Sofyan, H. (2019). CD-Based Interactive Multimedia on Integrative Thematic Learning in Elementary School. Prosiding ICTES (First International Conference on Technology and Educational Science). https://doi.org/10.4108/eai.21-11-2018.2282040.

Rachmawati, F., & Sojanah, J. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran dan Komunikasi Interpersonal Guru terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kearsipan di SMKN 1 Bandung. Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 215–227.

Rafiuddin, Basri, M., & Azis, M. (2017). Urgensi Penggunaan Media dalam Proses Pembelajaran bagi Guru Sekolah Dasar Wilayah II Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi Selatan. Prosiding TEP & PDs, 2(3), 147–157.

Ratih, & Syofyan, H. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Powtoon terhadap Motivasi Belajar IPA di Kelas 5 Sekolah Dasar. Perseda, IV(2), 79–86.

Sari, D. S., & Sugiyarto, K. H. (2015). Pengembangan Multimedia Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7501.

Sinta, & Sofyan, H. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book pada. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 245–265.

Syofyan, H., & Ismail, I. (2018). Pembelajaran Inovatif dan Interaktif dalam Pembelajaran IPA. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.30997/qh.v4i1.1189.

Syofyan, H., & Yuliana. (2020). Persepsi Guru-Guru tentang Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) pada Masa Wabah Virus SARS-CoV-2 di Jakarta. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multi Disiplin 3 (SNIPMD 3), 3, 380–387.

Wardani, R. K., & Syofyan, H. (2018). Pengembangan Video Interaktif pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar.

Werdiningsih, T., Triyono, M. B., & Majid, N. W. A. (2019). Interactive Multimedia Learning Based on Mobile Learning for Computer Assembling Subject using the Principle of Multimedia Learning (Mayer). International Journal of Advanced Science and Technology.

Xie, H., Mayer, R. E., Wang, F., & Zhou, Z. (2019). Coordinating Visual and Auditory Cueing in Multimedia Learning. Journal of Educational Psychology. https://doi.org/10.1037/edu0000285.

Yuliani H, K., & Winata, H. (2017). Media Pembelajaran Mempunyai Pengaruht terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(1), 259–265. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i1.14606.

Downloads

Published

2022-03-03

How to Cite

Syofyan, H., Susanto, R., & Ulum, M. B. (2022). Pelatihan Multimedia bagi Guru dalam Menunjang Pembelajaran Daring. International Journal of Community Service Learning, 5(4), 273–281. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i4.41361

Most read articles by the same author(s)