Pengaruh Model Survey, Question, Reading, Reflect, Recite, Review Terhadap Keterampilan Membaca

Authors

  • N. K. A.D. Putri Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Kt. Adnyana Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • DB. Kt. Ngr. Semara Putra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15965

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Survey, Question, Reading, Reflect, Recite, Review terhadap keterampilan membaca pada siswa kelas V SD Gugus Kompyang Sujana Kecamatan Denpasar Barat Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri di Gugus Kompyang Sujana Kecamatan Denpasar Barat sebanyak 638 orang yang tersebar menjadi 16 kelas. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 12 Padangsambian sebanyak 42 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VA SDN 9 Padangsambian sebanyak 44 orang sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dengan bentuk tes objektif pilihan ganda biasa dan rubrik penilaian membaca nyaring. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t (polled varians). Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung=3,396 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dengan dk=84 diperoleh nilai ttabel=2,000 sehingga thitung=3,396>ttabel=2,000. Adapun nilai rata-rata keterampilan membaca pada siswa kelompok eksperimen ( =79,64) lebih dari nilai rata-rata keterampilan membaca pada siswa kelompok kontrol ( =72,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang model Survey, Question, Reading, Reflect, Recite, Review terhadap keterampilan membaca pada siswa kelas V SD Gugus Kompyang Sujana Kecamatan Denpasar Barat Tahun Ajaran 2017/2018.

References

Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Press.

Dhieni, dkk. 2014. Metode Pengembangan Bahasa. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Diora Gustina. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Reflect, Review (SQ4R) terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah Unnes. Vol.2 No.1.

Fadlillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta: Arr-Ruzz Media.

Gunarsa, I Made Deni. 2018. “Pengaruh Strategi SQ4R Berbantuan Satua Bali Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V”. E-Journal PGSD UniverstiasPendidikan Ganesha, Volume 6, Nomor 1 (hlm. 10-19). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/ view/12920/8178 (diakses pada tanggal 7 Januari 2018).

Ibrahim. 2017. Penerapan Model Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (Sq4r) Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika STKIP PGRI Lubuklinggau. Vol.2 No.2.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2016. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Martinah Iin. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Survey Question Read Recite Review Reflect (Sq4r) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Matematika STKIP PGRI Lubuklinggau. Vol.2 No.2.

Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Rahim, Farida. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Risky Nanda. 2015. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Sq4r (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Pada Pelajaran Ips Sejarah Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Sejarah Unnes. Vol.2 No.1.

Runaitun. 2015. “Penggunaan Strategi SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman”. Jurnal PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret, Volume 4, Nomor 11 (hlm. 1-6). Tersedia pada http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/8865/6687 (diakses pada tanggal 20 Januari 2018).

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Solehan, dkk. 2014. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Suardani, Ni Luh Ade. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran SQ4R Terhadap Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus I Denpasar Selatan”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 1, Nomor 1 (hlm. 1-9). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac. id/ index.php/JJPGSD/article/view/968/838 (diakses tanggal 2 Januari 2018).

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

Yusniar Rasjid. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Survey Question Read Reflect Recite Review (Sq4r) Dengan Metode Talking Stick Terhadap Keterampilan Metakognisi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Sman 9 Makassar. Jurnal Biotek Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Vol. 3 No.2.

Downloads

Published

2018-11-01

How to Cite

Putri, N. K. A., Putra, I. K. A., & Semara Putra, D. K. N. (2018). Pengaruh Model Survey, Question, Reading, Reflect, Recite, Review Terhadap Keterampilan Membaca. International Journal of Elementary Education, 2(3), 255–263. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15965

Issue

Section

Article