Pengaruh Model Survey, Question, Reading, Reflect, Recite, Review Terhadap Keterampilan Membaca
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15965Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Survey, Question, Reading, Reflect, Recite, Review terhadap keterampilan membaca pada siswa kelas V SD Gugus Kompyang Sujana Kecamatan Denpasar Barat Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri di Gugus Kompyang Sujana Kecamatan Denpasar Barat sebanyak 638 orang yang tersebar menjadi 16 kelas. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 12 Padangsambian sebanyak 42 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VA SDN 9 Padangsambian sebanyak 44 orang sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dengan bentuk tes objektif pilihan ganda biasa dan rubrik penilaian membaca nyaring. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t (polled varians). Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung=3,396 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dengan dk=84 diperoleh nilai ttabel=2,000 sehingga thitung=3,396>ttabel=2,000. Adapun nilai rata-rata keterampilan membaca pada siswa kelompok eksperimen ( =79,64) lebih dari nilai rata-rata keterampilan membaca pada siswa kelompok kontrol ( =72,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang model Survey, Question, Reading, Reflect, Recite, Review terhadap keterampilan membaca pada siswa kelas V SD Gugus Kompyang Sujana Kecamatan Denpasar Barat Tahun Ajaran 2017/2018.References
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Press.
Dhieni, dkk. 2014. Metode Pengembangan Bahasa. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Diora Gustina. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Reflect, Review (SQ4R) terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah Unnes. Vol.2 No.1.
Fadlillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta: Arr-Ruzz Media.
Gunarsa, I Made Deni. 2018. “Pengaruh Strategi SQ4R Berbantuan Satua Bali Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V”. E-Journal PGSD UniverstiasPendidikan Ganesha, Volume 6, Nomor 1 (hlm. 10-19). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/ view/12920/8178 (diakses pada tanggal 7 Januari 2018).
Ibrahim. 2017. Penerapan Model Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (Sq4r) Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika STKIP PGRI Lubuklinggau. Vol.2 No.2.
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2016. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Martinah Iin. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Survey Question Read Recite Review Reflect (Sq4r) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Matematika STKIP PGRI Lubuklinggau. Vol.2 No.2.
Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Rahim, Farida. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Risky Nanda. 2015. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Sq4r (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Pada Pelajaran Ips Sejarah Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Sejarah Unnes. Vol.2 No.1.
Runaitun. 2015. “Penggunaan Strategi SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman”. Jurnal PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret, Volume 4, Nomor 11 (hlm. 1-6). Tersedia pada http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/8865/6687 (diakses pada tanggal 20 Januari 2018).
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Solehan, dkk. 2014. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Suardani, Ni Luh Ade. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran SQ4R Terhadap Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus I Denpasar Selatan”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 1, Nomor 1 (hlm. 1-9). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac. id/ index.php/JJPGSD/article/view/968/838 (diakses tanggal 2 Januari 2018).
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tarigan, Henry Guntur. 2015. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.
Yusniar Rasjid. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Survey Question Read Reflect Recite Review (Sq4r) Dengan Metode Talking Stick Terhadap Keterampilan Metakognisi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Sman 9 Makassar. Jurnal Biotek Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Vol. 3 No.2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)