Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horay berbantu Media Kartu Pintar terhadap Hasil Belajar IPS

Authors

  • Rizki Oktaviani Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang , Indonesia
  • Rahmat Sudrajat Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang , Indonesia
  • Arfilia Wijayanti Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17281

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Course Review Horay berbantu media kartu pintar terhadap hasil belajar IPS kelas V SDN Sumberarum Jaken Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Pre Eksperimental Design dan jenis yang diambil adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang diambil adalah 16 siswa kelas V dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan sampling jenuh. Penelitian diperoleh ratarata nilai pretest sebesar 46,25 sedangkan rata-rata nilai posttest sebesar 81,5. Berdasarkan analisis data pada perhitungan uji t diperoleh thitung= 6,25 dan ttabel= 1,753. Karena thitung> ttabel yaitu 6,25>1,753 maka sesuai dengan rumusan hipotesis yang diujikan, H0 ditolak dan Ha diterima. Bahwa model pembelajaran Course Review Horay berbantu media kartu pintar efektif terhadap hasil belajar IPS kelas V SDN Sumberarum Jaken Pati.

References

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Agung, A. A. Gede. 2010. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Al-Lamri S. Ichas Hamid & Ichas Tuti Istianti. 2006. Pengembangan Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Bandung: Departemen Pendidikan Nasional.

Anggraeni, Desi. 2011. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sekaran 01 Semarang”. Tersedia pada http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article.download/1887. Diakses tanggal 10 Desember 2012.

Budiono, dkk. 2010. “Strategi Memanfaatkan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kosakata Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar”. Tersedia pada http://tpcommunity05.blogspot.com/2008/05/strategi-memanfaatkan-media-gambar.html. Diakses tanggal 21 Desember 2012.

Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Huda, Miftahul. 2013. “Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mudarsa. 2011. Pengaruh Model Pemblajaran Starter Eksperimendan Kbiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP N. 2 Bebandam. Jurnal Ilmiah. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. http://www.uusisdiknas.com/ Diakses pada tanggal 19 September 2018

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Grup.

Sudjana. 2006. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Widyatun, Diah. 2012. “Model Pembelajaran Course Review Horay”. Tersedia pada http://jurnalbidandiah.com/2012/04/model-pembelajaran-course-review-horay.html. Diakses tanggal 10 Desember 2012.

Yanti, Ari Krisna. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V Sd Di Gugus V Kecamatan Kediri”. Jurnal Mimbar PGSD UNDHIKSA. http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=105326 Diakses pada 16 Oktober 2018 (Vol:1 Tahun 2013)

Downloads

Published

2019-04-10

How to Cite

Oktaviani, R., Sudrajat, R., & Wijayanti, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horay berbantu Media Kartu Pintar terhadap Hasil Belajar IPS. International Journal of Elementary Education, 3(1), 29–34. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17281

Issue

Section

Article