Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horay berbantu Media Kartu Pintar terhadap Hasil Belajar IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17281Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Course Review Horay berbantu media kartu pintar terhadap hasil belajar IPS kelas V SDN Sumberarum Jaken Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Pre Eksperimental Design dan jenis yang diambil adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang diambil adalah 16 siswa kelas V dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan sampling jenuh. Penelitian diperoleh ratarata nilai pretest sebesar 46,25 sedangkan rata-rata nilai posttest sebesar 81,5. Berdasarkan analisis data pada perhitungan uji t diperoleh thitung= 6,25 dan ttabel= 1,753. Karena thitung> ttabel yaitu 6,25>1,753 maka sesuai dengan rumusan hipotesis yang diujikan, H0 ditolak dan Ha diterima. Bahwa model pembelajaran Course Review Horay berbantu media kartu pintar efektif terhadap hasil belajar IPS kelas V SDN Sumberarum Jaken Pati.
References
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Agung, A. A. Gede. 2010. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Al-Lamri S. Ichas Hamid & Ichas Tuti Istianti. 2006. Pengembangan Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Bandung: Departemen Pendidikan Nasional.
Anggraeni, Desi. 2011. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sekaran 01 Semarang”. Tersedia pada http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article.download/1887. Diakses tanggal 10 Desember 2012.
Budiono, dkk. 2010. “Strategi Memanfaatkan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kosakata Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar”. Tersedia pada http://tpcommunity05.blogspot.com/2008/05/strategi-memanfaatkan-media-gambar.html. Diakses tanggal 21 Desember 2012.
Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Huda, Miftahul. 2013. “Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mudarsa. 2011. Pengaruh Model Pemblajaran Starter Eksperimendan Kbiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP N. 2 Bebandam. Jurnal Ilmiah. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. http://www.uusisdiknas.com/ Diakses pada tanggal 19 September 2018
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Grup.
Sudjana. 2006. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Widyatun, Diah. 2012. “Model Pembelajaran Course Review Horay”. Tersedia pada http://jurnalbidandiah.com/2012/04/model-pembelajaran-course-review-horay.html. Diakses tanggal 10 Desember 2012.
Yanti, Ari Krisna. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V Sd Di Gugus V Kecamatan Kediri”. Jurnal Mimbar PGSD UNDHIKSA. http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=105326 Diakses pada 16 Oktober 2018 (Vol:1 Tahun 2013)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)