Keefektifan Model Snowball Throwing Berbantu Media Cakram Kariku Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Subtema 2

Khusna Maulida Yusriyanti, Arfilia Wijayanti, Anggun Dwi Setya P

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Snowball Throwing berbantu media cakram cariku terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik subtema 2 kelas IV SD Negeri 02 Kemijen Semarang. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 02 Kemijen Semarang tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini yaitu penelitian pre-eksperimental dengan jenis penelitian one group pretest-posttest design dan teknik sampling yang digunakan yaitu non probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan nilai hasil belajar pretest dan posttest terdapat berbedaan. Berdasarkan olah data menggunakan uji-t diperoleh thitung sebesar 11,264 dan ttabel sebesar 2,064 atau thitung > ttabel yaitu 11,264> 2,064, maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa model Snowball Throwing berbantu media cakram kariku efektif terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik subtema 2 kelas IV SD Negeri 02 Kemijen Semarang.

 


Full Text:

PDF

References


Ayuwanti, Irma. 2016. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di Smk Tuma’ninah Yasin Metro . Jurnal SAP Vol. 1 No. 2 Desember 2016 ISSN: 2527-967X

Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kunandar. 2011. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Januwardana, I Gd. Arta, dkk. 2014. “Pengaruh Metode Snowball Throwing Berbantu Media Sederhana Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kota Badung”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 2 No. 1 Tahun 2014.

Megawanti, Priarti . 2012. Meretas Permasalahan Pendidikan Di Indonesia . Jurnal Formatif 2(3): 227-234 ISSN: 2088-351X

Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245

Susanto, Ahmad. 2017. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Saat, Sulaiman. 2015. Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna Dan Kedudukannya Dalam Pendidikan) . Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8 No. 2, Juli-Desember 2015.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Widodo, 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Viia Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013 . Jurnal Fisika Indonesia No: 49, Vol XVII, Edisi April 2013 ISSN : 1410-2994

Yuliati. 2015. Efektifitas Penggunaan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pertidaksamaan Linear Di Kelas Xi-Is-2 Sma Negeri 7 Banda Aceh . Jurnal Peluang, Volume 3, Nomor 2, April 2015, ISSN: 2302-5158




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19405

Article Metrics

Abstract view : 1055 times
PDF file view : 318 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





IJEE indexed by:

Crossref  

Creative Commons License

IJEE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.