Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Permainan Train Smart (Kereta Pintar) Terhadap Kemampuan Literasi Membaca Tema 1 Subtema 2

Authors

  • Yudho Dewantoro Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Asep Ardiyanto Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Arfilia Wijayanti Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21751

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning dengan berbasis permainan train smart (kereta pintar) dapat meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa kelas I SD Negeri 01 Galih. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Experiment Desaign dengan desain One Group Pretest-Posttest . Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas I SD Negeri 01 Galih. Sampel yang diambil adalah 20 siswa kelas I dengan teknik Probability Sampling berbentuk sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentase posttest (75,30) lebih dari prosentase pretest (62,05) serta berdasarkan hasil uji-t diketahui thitung lebih dari ttabel (7,640 > 2,093) dan berdasarkan perhitungan uji regresi linier sederhana variabel bebas X (aktivitas belajar) mempengaruhi variabel terikat Y (hasil belajar) sebesar 31,7%. Dengan kata lain terdapat pengaruh positif pada model discovery learningberbasis permainan train smart (kereta pintar) terhadap kemampuan literasi membaca siswa kelas I SD Negeri 01 Galih.  Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat disampaikan adalah supaya model discovery learning dengan berbasis permainan train smart (kereta pintar) dapat digunakan sebagai alternatif guru dalam mengajar pembelajaran di kelas.

Kata Kunci: Model Discover Learning, Permainan Train Smart (kereta pintar), Kemampuan Literasi Membaca

 

References

Abidin, Yunus. (2017). Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Ananta Hardika Y. (2018). “Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Sebagai Optimalisasi Minat Baca https://library.upgris.ac.id/filedoc/fulltext/vqoya18438HARDIKA%20YULINAR%20ANANTA.pdfSiswa Sekolah DasarkecamantanWonosalam Kabupaten Demak” 29 Mei 2019 (19:59).

Astuti, M. S. (2015). Peningkatan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa kelas 2 SDN Slungkep 03 menggunakan model Discovery Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 10-23.

Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.

Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Hanata Widya, 6(8), 60-69.

Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90-98.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT, 4(1).

Nasikhah, A. N., Widihastrini, F., & Widodo, S. T. (2016). PENGEMBANGAN GAME EDUCATION PEMBELAJARAN PKn MATERI MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA KELAS V SD. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1).

No, U. U. (20). tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional.

Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23-29.

Pratiwiningtyas, B. N., Susilaningsih, E., & Sudana, I. M. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif untuk Mengukur Literasi Membaca Bahasa Indonesia Berbasis Model Pirls pada Siswa Kelas IV SD. Journal of Educational Research and Evaluation, 6(1), 01-09.

Rohim, F., & Susanto, H. (2012). Penerapan Model Discovery Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(1).

Umamy¹, E., & Basuki, I. A. (2012). PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN LITERASI MEMBACA DENGAN ACUAN PISA (PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT).

Wahyudin Darmawan. (2018). Model Pembelajaran Di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2019-11-30

How to Cite

Dewantoro, Y., Ardiyanto, A., & Wijayanti, A. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Permainan Train Smart (Kereta Pintar) Terhadap Kemampuan Literasi Membaca Tema 1 Subtema 2. International Journal of Elementary Education, 3(4), 455–463. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21751

Issue

Section

Article