Pengaruh Model Pembelajaran Think-Pair-Share terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V (Lima) Materi Organ Tubuh Manusia dan Hewan
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18515Abstract
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dalam bentuk True Experimental Design dengan desain Pretest-Postest Control Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 23 siswa kelas V (lima) dengan menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu sampel jenuh. Analisis instrumen yang digunakan adalah validitas, reliabilitas, dan daya pembeda. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik tes, dokumentasi dan observasi. Hasil analisis data dengan uji t satu pihak yaitu diperoleh thitung = 4,7312. Dari daftar distribusi t dengan dk = 12 + 11 – 2 = 21 dan taraf nyata 5% diperoleh ttabel = 1,72. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak. Ketuntasan belajar individu dan klasikal kelompok eksperimen yang menggunakan model Think-pair-Share lebih tinggi dari pada kelompok kontrol. Hal ini ditunjukkan dengan nilai tes akhir kelas eksperimen mencapai 90,91% dari jumlah siswa yang mendapat nilai di atas KKM (70) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 77,82. Sedangkan nilai tes akhir kelas kontrol mencapai 75% dari jumlah siswa yang mendapat nilai di atas KKM (70) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 70,33. Kesimpulannya bahwa model Think-pair-Share ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V (lima) SDN Sumbermulyo Kecamatan Bulu. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang disampaikan adalah model pembelajaran Think-pair-Share dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.
References
Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Akasara.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ayuwanti, Irma . 2016. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di Smk Tuma’ninah Yasin Metro . Jurnal Sap Vol. 1 No. 2 Desember 2016 Issn: 2527-967x
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik O. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Huda, M. 2014. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar.
Lina Surayya, I Wayan Subagia, I Nyoman Tika. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia Undiksha. Vol 4, No 1 (2014)
Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245
Nurkholis . 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013
Prasetyo, Sutrisno, Mudzanatun. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantu Permainan Teka-Teki Berantai Terhadap Hasil Belajartematik Siswa Kelas V Sdn Gayamsari 01 Semarang. Jurnal Pesona Dasar Universitas Syiah Kuala. Vol. 6 No. 1, April 2018, hal. 1-13.
Setiawan, Hendri. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) untuk meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar teknik dasar passing bola basket pada siswa kelas VII SMPN 1 Sukasada. Jurnal PJOK Undiksha. Vol 2, No1.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno Perdana. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi UNY. Volume 6, No 1, Februari 2016 (111-120).
Raditya, I Wayan.2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share(TPS) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus Letda Made Putra Kecamatan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Mimbar Ilmu Undiksha. Vol 2 No 1.
Widarti, A. 2007. Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Segi Empat Pada Siswa Kelas VII Semester 2, Unnes.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)