IMPLEMENTASI METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v1i1.11437Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SD No. 1 Petandakan, setelah diterapkannya metode diskusi kelompok. Jenis penelitian ini adalah PTK yang dilaksanakan dalam bentuk siklus-siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap rencana, tindakan, observasi/evaluasi, serta refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD No. 1 Petandakan pada yang terdiri dari 21 orang siswa. Data aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes berbentuk pilihan ganda dan uraian yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dengan kategori pasif pada refleksi awal, menjadi sebesar 6,04 pada siklus I yang tergolong kategori cukup aktif, dan mengalami peningkatan 1,57 menjadi 7,61 pada siklus II yang tergolong kategori aktif. (2) Terjadi peningkatan rata-rata persentase hasil belajar siswa dimana pada refleksi awal sebesar 59% mengalami peningkatan 9,33% pada siklus I menjadi sebesar 68,33%, dan mengalami peningkatan sebesar 11,67% menjadi sebesar 80% pada siklus II. (3) Terjadi peningkatan pada ketutasan belajar siswa dimana pada refleksi awal sebesar 14,28% mengalami peningkatan 52,39% menjadi sebesar 66,67% pada siklus I , dan mengalami peningkatan kembali menjadi sebesar 85,71% pada siklus II.
References
Abimanyu, Soli, dkk. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Derektorat Jendral Pendidikan Tinggi Departeman Pendidikan Nasional
Agung, AA Gede. (2005). Metoda Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja
Dimyati dan Mudjono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Banjarmasin: Rineka Cipta
Dzaki, Muhammad Faiq. (2009). ”Karakteristik Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran”. Tersedia pada http://www.scribd.com/doc/28090975/Karakteristik-Peserta-Didik-Dalam-Proses-Pembelajaran. (Diakses pada tanggal 16 Januari 2011).
Junaidi, Wawan. (2010). ”Definisi Pendidikan Kewarganegaraan (PKN). Tersedia pada http://definisi-pengertian.blogspot.com/2010/04/definisi-pendidikan-kewarganegaraan-pkn.html. (Diakses pada tanggal 16 Januari 2011)
Kanca, I Nyoman. (2006). Metodalogi Penelitian Keolahragaan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Kartadinata, Sunaryo. (1997). Landasan-Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Deperteman Pendidikan dan Kebudayaan Derektorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary School Teacher Development Project)
Nurkancana dan Sunartana. (1990). Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional
Sardiman. (2004). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Septa, Kurnia. (2009). ”Karakteristik Perkembangan Anak Usia Kelas Awal SD”. Tersedia pada http://infopendidikankita.blogspot.com/2009/12/karakteristik-perkembangan-anak-usia.html. (Diakses pada tanggal 16 Januari 2011).
Subarinah, Sri. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Sudjana, Nana. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sumantri, Mulyani, dkk. (1998). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Deperteman Pendidikan dan Kebudayaan Derektorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary School Teacher Development Project)
Tegeh, Made. (2000). Memotivasi Rasa Ingin Tahu dan Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV Catur Wulan III Sekolah Dasar Laboraturium STKIP Singaraja Tahun Ajaran 1999/2000 Melalui Variasi Penerapan Media Belajar Visual. Skripsi (tidak diterbitkan).Singaraja: STKIP
Wahab, Abdul Azis. (1997). Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKN). Bandung: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)