OPTIMALISASI PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Ni Wayan Rati, Dewa Ayu Karmila Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan mengoptimalkan penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD No. 3 Petak, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2010/2011, prestasi belajar dapat ditingkatkan.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui tahapan (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi, yang dilaksanakan dalam dua siklus.Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Petak Tahun Pelajaran 2010/2011, sebanyak 22 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan test evaluasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian yang telah dilakukan  menunjukkan bahwa (1) prestasi belajar siswa menunjukkan 5,8 (58%) masih dibawah penguasaan kompetensi minimal dan pada siklus II 70% sudah ada peningkatan dari hasil yang telah diperoleh dari siklus I ke siklus II sudah mencapai target maksimal.


Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. (1993). Media Pengajaran.Bandung : Tiga Serangkai.

Aristo Rahadi. (2003). Media Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Tenaga Kependidikan. Jakarta.

Dinas Pendidikan Nasional, (1994). Kurikulum Pendidikan Dasar Kelas VI.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Buku IPA Guru Kelas VI. Jelajah IPA. Jakarta : Yudhistira.

Dinas Pendidikan Nasional. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar.Jakarta.

Eka Purjianto, dkk. (2007). Langkah Tepat Menuju Olimpiade Sains Sekolah Dasar. Jakarta : Azka Mulia Media.

H. Panut, dkk. (2005). Dunia Sains.Jakarta : Yudhistira.

Safari, dkk. (2004). Evaluasi Pembelajaran.Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Tenaga Kependidikan. Jakarta.

SD Negeri 3 Petak. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Gianyar.

Tabrani Rusyan. A. (1993). Proses Belajar Mengajar Yang Efektif Tingkat Pendidikan Dasar.Jakarta : Bina Budaya.

Winarno Udin S, dkk. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v1i1.11438

Article Metrics

Abstract view : 416 times
PDF file view : 4516 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





IJEE indexed by:

Crossref  

Creative Commons License

IJEE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.