OPTIMALISASI PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v1i1.11438Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan mengoptimalkan penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD No. 3 Petak, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2010/2011, prestasi belajar dapat ditingkatkan.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui tahapan (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi, yang dilaksanakan dalam dua siklus.Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Petak Tahun Pelajaran 2010/2011, sebanyak 22 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan test evaluasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa (1) prestasi belajar siswa menunjukkan 5,8 (58%) masih dibawah penguasaan kompetensi minimal dan pada siklus II 70% sudah ada peningkatan dari hasil yang telah diperoleh dari siklus I ke siklus II sudah mencapai target maksimal.
References
Ali, Muhammad. (1993). Media Pengajaran.Bandung : Tiga Serangkai.
Aristo Rahadi. (2003). Media Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Tenaga Kependidikan. Jakarta.
Dinas Pendidikan Nasional, (1994). Kurikulum Pendidikan Dasar Kelas VI.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Buku IPA Guru Kelas VI. Jelajah IPA. Jakarta : Yudhistira.
Dinas Pendidikan Nasional. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar.Jakarta.
Eka Purjianto, dkk. (2007). Langkah Tepat Menuju Olimpiade Sains Sekolah Dasar. Jakarta : Azka Mulia Media.
H. Panut, dkk. (2005). Dunia Sains.Jakarta : Yudhistira.
Safari, dkk. (2004). Evaluasi Pembelajaran.Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Tenaga Kependidikan. Jakarta.
SD Negeri 3 Petak. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Gianyar.
Tabrani Rusyan. A. (1993). Proses Belajar Mengajar Yang Efektif Tingkat Pendidikan Dasar.Jakarta : Bina Budaya.
Winarno Udin S, dkk. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)