Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15955Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and picture berbasis portofolio terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Abiansemal Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan desain kelompok Non-Ekuivalen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas V di SD Gugus II Kecamatan Abiansemal yang berjumlah 192 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling, diperoleh Kelas V SD No 2 Taman sebagai kelompok eksperimen dan Kelas V SD No 1 Selat sebagai kelompok kontrol. Data tentang hasil belajar IPA dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji-t, diperoleh thitung =7,096 > ttabel=2,000 dengan dk = 35+ 34 - 2 = 67 dan taraf signfikansi 5%. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran picture and picture berbasis portofolio dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Abiansemal. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata gain skor kelas eksperimen =0,55 > =0,33 kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture berbasis portofolio berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Gugus II Kecamatan Abiansemal Tahun Ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk melaksanakan penelitian selanjutnya bagi peneliti dengan menggunakan model picture and picture berbasis portofoliolReferences
Agung, Anak Agung Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan.Singaraja :Undiksha.
Al-Tabany,Trianto Ibnu Badar.2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Jakarta : Prenadamedia Group.
Fatimah, Soewarno, Suci. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Pada Subtema Indonesiaku, Bangsa Yang Berbudaya Kelas V Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 1 Nomor 2,19-25.
Fauziah, Tati, Yoserizal Bermawi. 2014. Penerapan model kooperatif tipe picture And picture Pada materi peninggalan sejarah Disekolah dasar Negeri banda aceh. Pendidikan Guru Sekolah Dasar(PGSD) JURNAL PESONA DASAR Universitas Syiah Kuala Vol. 2 No.3, hal79-87
Handayani, Ni Made Dwi, Ni Nyoman Ganing, Ni Wayan Suniasih. 2017. Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa . Journal of Education Technology. Vol. 1 No. (3) pp. 176-182
Huda, Miftahul.2013. Model-model Pembelajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Husein, Latifah. 2017. Profesi Keguruan Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Istanti, Andriana Wahyu, H. A. Triwidjaja. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Pembelajaran Ipa Anak Tunagrahita SDLB. JURNAL P3LB, VOLUME 1, NOMOR 2, PP 169-174.
Jaya, I Kd. Putra, I Kt. Adnyana Putra, I Wyn. Darsana. 2014. Model Pembelajaran Picture And Picture Berpengaruh Berbantuan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Kelas V Sd Gugus Budi Utomo. e-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol. 2 No. 1
Kadir,dkk. 2012. Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta:Kencana Prenadamedia Group.
Kurniati, Ni Md., Dw. Nym. Sudana, Ni Nym. Garminah. 2014. Pengaruh Metode Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Semester Genap Di Gugus I Kecamatan Buleleng. E-Journal Universitas Pendidikan Ganesha Volume 2 No 1.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Rusman.2016.Modelmodel..Pembelajaran:Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pres.
Sanjaya, Wina. 2009. Kurikulum Dan Pembelajaran : Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Media Group.
Setyosari,Punaji..2015..Metode..Penelitian Pendidikan& Pengembangan. Jakarta:Prenadamedia Group.
Sugiyono.2012. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta.
Susanti, Putu Ari, Ni Nyoman Kusmariyani. 2017. Penerapan Model Picture And Picture Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Volume 1 Nomor 2 hal 99-106.
Wisesa, I.G.A Riani, Md. Putra,DB Kt. Ngr. Semara Putra. 2014. Strategi Peer Lessons Berbantuan Picture And Picture Berpengaruh Terhadaphasil Belajar Ips Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 2 No: 1
Wisudawati, Asih Widi. Sulistyowati,Eka.2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara..
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)