Hubungan Sarana Pembelajaran dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19449Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara sarana pembelajaran dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Gugus V di Kecamatan Karangasem. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus V di Kecamatan Karangasem. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 127 siswa. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi. Hasil dari uji hipotesis adalah: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sarana pembelajaran dengan hasil belajar IPS dengan rhitung sebesar 0,311 dan koefisien determinasinya sebesar 9,7%. (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS dengan rhitung sebesar 0,402 dan koefisien determinasinya sebesar = 16,2%. (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sarana pembelajaran dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS dengan rhitung sebesar 0,408 dan koefisien determinasinya sebesar = 16,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sarana pembelajaran dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersamaReferensi
Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Djamarah, S. B. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hadiyanto, Siswantari, dan Umaedi. 2010. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Universitas Terbuka.
Kardi, I. W. 2013. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Motivasi siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sdn Kelurahan Kintamani Tahun Pelajaran 2012/2013. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1247/1110Mimbar Undiksha. (diakses tanggal 29 Januari 2018)
Koyan, I. W. 2012. Statistik Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Megawati, Priarti. 2012. Meretas Permasalahan Pendidikan Di Indonesia . Jurnal Formatif 2(3): 227-234 ISSN: 2088-351X
Muhammad, L. 1993. Proses Belajar Mengajar Pola C.B.S.A. Surabaya: Usaha Nasional.
Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita . Jurnal AULADUNA, VOL. 2 NO. 2 DESEMBER 2015: 233-245
Mulyasa, E. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Roosdakarya.
Saputra, Y. A. 2016. Hubungan Antara Motivasi siswa Dan Fasilitas Belajar Dengan Prestasi Belajar Ips Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 7 Bandung-Baru Pringsewu. Diunduh pada: http// digilib.unila.ac.id/ (diakses pada tanggal 4 Januari 2018)
Saat, Sulaiman. 2015. Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan Studi Tentang Makna Dan Kedudukannya Dalam Pendidikan . Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8 No. 2, Juli-Desember 2015
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta
Sulistyowati.2006. Administrasi Sarana dan Prasarana Pendidikan. Malang: Pusat Pengembangan Penataran Guru IPS dan PMP Malang
Uno, H. B. 2008. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara
Widodo, 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Viia Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia No: 49, Vol XVII, Edisi April 2013 ISSN : 1410-2994
Unduhan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)