Pelaksanaan Pembelajaran Daring Berdasarkan Persepsi Orangtua

Authors

  • Ni Made Musdwiyeni Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gusti Agung Ayu Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v2i1.32761

Keywords:

Pelaksanaan Pembelajaran Daring, Persepsi Orang Tua

Abstract

Peran orang tua dalam mendampingi anak pada saat pelaksanaan pembelajaran daring sangat penting, akan tetapi karena metode pembelajaran daring ini masih tergolong baru di kalangan masyarakat sehingga banyak memunculkan persepsi yang berbeda beda di kalangan masyarakat terkhususnya para orang tua yang anaknya tengah mengikuti kegiatan pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis persepsi orang tua terhadap pendampingan anak serta untuk mengetahui persepsi orang tua siswa terhadap penyediaan sarana prasarana dalam pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan pada masa pandemi COVID-19. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua siswa yang berjumlah 347 yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data persepsi orang tua menggunakan metode non tes berupa kuesioner dengan menggunakan skala empat. Data yang diperoleh kemudian di uji dengan menggunakan uji statistik deskriptif. Berdasarkan hasil data diperoleh persentase rerata dimensi pendampingan yaitu 77,21% yang memiliki kriteria positif. Sedangkan pada dimensi sarana prasarana diperoleh persentase rerata 67, 17% yang memiliki kriteria kurang positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa orang tua masih dapat mendampingi anak dalam pelaksanaan proses pembelajaran daring akan tetapi didalam menyiapkan penunjang sarana prasarana pembelajaran daring orang tua masih kesusahan didalam pelaksanaan pembelajaran daring.

References

Agung. (2014). Matodelogi Penelitian Pendidikan.

Amiruddin, B. (2020). Persepsi Tenaga Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Terhadap Program Belajar Dari Rumah. Jurnal As-Salam, 4(1), 28–36. https://doi.org/10.37249/as-salam.v4i1.146. DOI: https://doi.org/10.37249/as-salam.v4i1.146

Andira, P., & Yoga. (2020). Keefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 4(1), 27–33. https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.669. DOI: https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.669

Ariyawati, P. A. M., Waluyo, J., & Prihatin, J. (2017). Analisis Respon Siswa Terhadap Model Pairs, Investigation and Communication (PIC) dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Sains, 2(1), 9–15.

Budhianto, B. (2020). Analisis perkembangan dan faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran daring (e-learning ). Jurnal AgriWidya, 1(1), 11–29.

Candidasa, I. M. (2010). Pengujian Instrumen Penelitan Disertasi Aplikasi Iteman dan Brigsteps.

Dantes. (2012). Metode Penelitian.

Dina. (2020). Respon Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 45. https://doi.org/10.33474/thufuli.v2i1.6925. DOI: https://doi.org/10.33474/thufuli.v2i1.6925

Eminita, V., & Astriyani, A. (2018). Persepsi Orang Tua Dan Guru Terhadap Kecerdasan Majemuk Anak. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.24853/fbc.5.2.155-162. DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.1-16

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529. DOI: https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529

Fujiawati, F. S. (2016). Pemahaman Konsep Kurikulum dan Pembelajaran dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1(1), 16–28.

Haerudin, dkk. (2020). Pembelajaran Di Rumah Sebagai Upaya Memutus Covid-19. Pembelajaran Di Rumah Sebagai Upaya Memutus Covid-19, May, 1–12.

Irawati, H., Saifuddin, M. F., & Ma’rifah, D. R. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Dan Non Tes Dalam Rangka Menyiapkan Penilaian Autentik Pada Kurikulum 2013 Di Smp/Mts Muhammadiyah Se-Kabupaten Bantul. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 503. https://doi.org/10.12928/jp.v1i2.362. DOI: https://doi.org/10.12928/jp.v1i2.362

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180. DOI: https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180

Laily, N. R., & Wisudawati, A. W. (2015). Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Soal UN KIMIA SMA Rayon B Tahun 2012/2013. Kaunia, XI(1), 27–39.

Mania, S. (2008). Teknik Non Tes: Telaah Atas Fungsi Wawancara Dan Kuesioner Dalam Evaluasi Pendidikan. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(1), 45–54. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n1a4. DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n1a4

Nugraha. (2012). Hubungan Persepsi, Sikap Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Universitas Jambi. Jurnal Cerdas Sifa, 66(3), 37–39.

Pane, A., & Dasopang, D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Purwanto. (2019). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar. 15(2), 98–112.

Putra, E. A. (2015). Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Kalumbuk Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(3), 71–76.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Rogantina. (2017). Peran dan Fungsi Teknologi Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Research Sains, 3(1), 122–129.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Prenadamedia Group.

Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Quantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS.

Sudarsono. (2016). Hubungan Persepsi Terhadap Kesehatan Dengan Kesadaran (Mindfulness) Menyetor Sampah Anggota Klinik Asuransi Sampah Di Indonesia Medika. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 147(March), 11–40.

Sukardi. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. BUMI AKSARA.

Sutama, & Suranata. (2014). Penerapan Teori Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas AK C SMK Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1). DOI: https://doi.org/10.26858/jpkk.v1i2.1812

Wahyudi, M. (2020). Covid-19 dan Potret Pembelajaran Berbasis E-learning. Republika Online.

Wulandari, I. G. A. A., & Agustina, G. N. S. (2020). Dramatik Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Persepsi Mahasiswa PGSD Undiksha). Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 515–526.

Zamista, A. A., Rahmi, H., Sellyana, A., & Desriyati, W. (2020). Student Perception of Calculus During Online Learning. 5(1). DOI: https://doi.org/10.31949/th.v5i1.2214

Downloads

Published

2020-09-25

How to Cite

Musdwiyeni, N. M., & Wulandari, I. G. A. A. . (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Berdasarkan Persepsi Orangtua. Indonesian Journal of Instruction, 1(3), 107–115. https://doi.org/10.23887/iji.v2i1.32761