E-LKPD Interaktif pada Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar Berbasis Etnomatematika Jajanan Pasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v5i3.79535Keywords:
LKPD, Etnomatematika, Bangun Datar, Jajanan PasarAbstract
Pembelajaran matematika diaggap sulit oleh beberapa siswa, hal ini karena konsep matematika yang abstrak. Maka dari itu dalam pembelajaran matematika diperlukan bahan ajar yang dapat memfasilitasi siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan E-LKPD interaktif. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan media ini adalah model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini yakni ahli materi, ahli desain instruksional, ahli media pembelajaran yakni siswa kelas IV sebanyak 30 siswa. Metode pengumpulan data dan instrumenn yang digunakan adalah angket, wawancara, dan observasi dan test hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan diantaranya teknik analisis deskriptif kualitatif, teknik analisis data deskriptif kuantitatif, dan teknik analisis data statistik inferensial. Hasil uji efektivitas menyatakan h1 diterima dan h0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa E-LKPD interaktif pada materi bangun datar kelas 4 SD berbasis etnomatematika jajanan pasar yang dikembangkan layak dan efektif diimplementasikan dalam proses pembelajaran. E-LKPD interaktif pada materi bangun datar kelas 4 Sekolah Dasar berbasis etnomatematika jajanan pasar efektif dan layak digunakan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Implikasi dari penelitian ini yakni guru memiliki pilihan sumber belajar yang menarik dan bervariasi sambil turut serta memperkenalkan budaya sekitar siswa sehingga terciptanya pengalaman belajar yang menyenangkan dan dapat digunakan sebagai alat penunjang proses pembelajaran.
References
Adifta, E. D., Murni, A., & Roza, Y. (2022). Desain Perangkat Pembelajaran Daring Menggunakna Model Problem Based Learning dengan Pendekatan STEAM pada Materi Barisan dan Deret. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 98–105. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/54346.
Alenezi, A. (2020). The role of e-learning materials in enhancing teaching and learning behaviors. International Journal of Information and Education Technology, 10(1), 48–56. https://doi.org/10.18178/ijiet.2020.10.1.1338.
Anggraini, D., Khumaedi, M., & Widowati, T. (2020). Validity and reliability contents of independence assessment instruments of basic beauty students for class X SMK. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 9(1), 40–46. https://doi.org/10.15294/jere.v9i1.42558.
Arianti, N. M., Wiarta, I. W., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Semi Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 394. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21765.
Artika, R. V., Sudrajat, R., & Wijayanti, A. (2019). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Berbantu Media Kertas Lipat Terhadap Penanaman Konsep Bangun Datar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 481. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21784.
Bhurekeni, J. (2020). Decolonial reflections on the Zimbabwean primary and secondary school curricu-lum reform journey. Educational Research for Social Change, 9(2), 101–115. https://doi.org/10.17159/2221-4070/2020/v9i2a7.
Dazrullisa, & Hadi, K. (2018). Pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Datar. Bina Gogik, 5(2), 50–62. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/209.
Dwi Saputra, A., Nurul Fauziah, F., Suwandi, S., & Artikel, S. (2022). Pemanfaatan materi ajar bahasa Indonesia bermuatan kearifan lokal di SMA Negeri 1 Karanganyar (Utilization of Indonesian language teaching materials containing local wisdom at SMA Negeri 1 Karanganyar. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(2), 335–348. https://doi.org/http://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara.
Fajriyah, E. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1. https://doi.org/114-119.https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/.
Habibi, H., & Suparman, S. (2020). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 57. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8177.
Hest, Y. A. L., Riyadi, Kamsiyati, S., & Purnamasari, V. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Muatan Lokal Keanekaragaman Motif Batik Ngawi sebagai Sumber Belajar di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1060–1066. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.721.
Ilahiyah, N., V.Y, I. A., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pakem Pada Materi Bilangan Pecahan Di SD. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 49–63. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4127.
Ladona, E. E., Caswita, C., & Ambrita, A. (2022). Development of Local Wisdom Realistic Mathematics Education Based Students Activity Sheet on Students’ Mathematics Problem Solving Ability. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1–12. https://doi.org/10.25217/numerical.v6i1.2336.
Lai, C. H., Bin, S. J., T.H., Y., & Tsong, W. L. (2020). “Integrating Flash Cards with Narratives for Mobile Learning of English Vocabulary.” International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(4), 4–16,. https://doi.org/10.3991/IJIM.V14I04.11723.
Muna, H., Nizaruddin, & Murtianto, Y. H. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Macromedia Flash 8 Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Program Linier Kelas XI. Aksioma, 8(2), 9–18. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1686.
Nair, V., Yunus, M., & Md. (2022). Using digital storytelling to improve pupils’ speaking skills in the age of COVID 19. Sustainability, 14, 1–19. https://doi.org/10.3390/su14159215.
Nata, I. K. W., & Putra, D. K. N. S. (2021). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 227–237. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32726.
Ndiung, S., & Jediut, M. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Yang Berorientasi Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(2), 224–232. https://doi.org/10.31949/jcp.v7i2.3162.
Oktarina, A., Luthfiana, M., & Refianti, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Etnomatematika Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education, 2(2), 91–101. https://doi.org/10.31539/judika.v2i2.887.
Pawestri, E., & Sukoco. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 69–76. https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.371.
Prayoga, T., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Materi Pengenalan Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Peserta Didik Kelas I SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 99–108. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44777.
Priliyanti, A., Muderawan, I. W., & Maryam, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mempelajari Kimia Kelas Xi. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1), 11. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i1.32402.
Purba, T. N., Pangaribuan, F., & Hutauruk, A. J. (2022). Pengembangan LKS Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika dengan Konteks Gonrang Sipitu Pitu Simalungun pada Materi Geometri Bangun Ruang Tabung. Jurnal Basicedu, 6(3), 4686–4700. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2873.
Purnamasari, M., Isman, J., Damayanti, A., & Ismah. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Terhadap Konsep Bangun Ruang materi luas dan volume balok dan kubus menggunakan metode drill sekolah smp islam al-ghazali kelas viii. FIBONACI : Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 3(1), 45–52. https://doi.org/10.24853/fbc.3.1.45-52.
Purwoko, R. Y., Nugraheni, P., & Nadhilah, S. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan E -Modul Berbasis Etnomatematika Produk Budaya Jawa Tengah. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.26486/jm.v4i2.1165.
Ramadhana, R., & Hadi, A. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Berbantuan LKPD Elektronik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 380–389. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1778.
Rehusisma, L. A., Indriwati, S. E., & Suarsini, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Dan Video Sebagai Penguatan Karakter Hidup Bersih Dan Sehat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1238–1243. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9964.
Sari, F. Y., Supriadi, N., & Putra, R. W. Y. (2022). Model Pembelajaran CUPs Berbantuan Media Handout: Dampak terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 95–106. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1128.
Sari, I. N., & Sulisworo, D. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(1), 1. https://doi.org/10.33603/jnpm.v7i1.5347.
Septiana, F., Mujib, M., & Negara, H. S. (2018). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) ditinjau dari Multiple Intelligences. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 23. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1932.
Shelton, K., & Saltsman, G. (2006). Using the Addie Model for Teaching Online’. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE, 2(3), 14–26. https://doi.org/10.4018/jicte.2006070102.
Simbolon, E., Ananda, L., & Simbolon, N. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri Berbantuan Articulate Storyline Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 Kelas IV SD. Journal of Student Development Information System (JoSDIS), 3(2), 5–24. https://doi.org/10.36987/josdis.v3i2.4648.
Sulasteri, S., Nur, F., & Kusumayanti, A. (2020). Ethnomathematics: The Exploration of Learning Geometry at Fort Rotterdam of Makassar. Proceedings Ofthe International Conference on Mathematics and Islam (ICMIs 2018), ICMIs 2018, 151–157. https://doi.org/10.5220/0008518601510157.
Supriatna, A. R., Siregar, R., & Nurrahma, H. D. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Muatan Pelajaran Matematika pada Website Liveworksheets di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4025–4035. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2844.
Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1256–1268. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.233.
Sutrimo, S., Kamid, K., & Saharudin, S. (2019). LKPD Bermuatan Inquiry dan Budaya Jambi: Efektivitas dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(1), 29. https://doi.org/10.30738/indomath.v2i1.3841.
Widodo, S., & Kartikasari, K. (2017). Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar Dengan Model Creative Problem Solving (Cps). Prisma, 6(1). https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.28.
Winiarsih, I., Hakim, A. R., & Sari, N. I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matriks Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Teknik, 2(1), 139–146. https://www.siducat.org/index.php/jpt/article/view/254.
Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putu Risma Pradnyandari, I Gusti Agung Ayu Wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)