Model Pembelajaran Master Berbantuan Media Mind Mapping dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v2i2.44514Keywords:
MASTER, Hasil Belajar IPA, Mind MappingAbstract
Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran MASTER berbantuan media mind mapping terhadap hasil belajar IPA siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimental dengan desain One Shot-Case Study. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD. Jumlah keseluruhan anggota populasi adalah 179 Siswa. Sampel dalam penelitian diambil melalui undian dengan memilih satu kelas dari 8 kelas yang termasuk dalam populasi. Setelah dilakukan undian didapatkan kelas V B SD N 1 Panji Anom sebagai sampel dalam penelitian ini. Anggota sampel dalam penelitian ini berjumlah 23 siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar IPA berupa tes objektif tipe pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t Bruning. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh model pembelajaran MASTER berbantuan media Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA siswa SD (t = 7,696 dengan taraf signifikansi 0,000<0,05). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan implikasi kepada siswa, guru, sekolah, dan peneliti lainnya. Siswa yang awalnya cenderung pasif pada pembelajaran dan diterapkan model pembelajaran MASTER berbantuan media mind mapping ini dapat menunjukan perilaku aktif selama mengikuti pembelajaran.
References
Abdullah. (2017). Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Mengaktifkan Siswa. Edureligia, 1(1), 45–62. https://ejournal.unuja.ac.id. DOI: https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.45
Ali, D., Syarifudin, M., & Bakhtiar, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 028 Rimbo Panjang Kecamatan Tambang. Instructional Development Journal, 3(1). http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/2562/2185. DOI: https://doi.org/10.24014/idj.v3i1.8631
Andriyani, P. I., Tegeh, I. M., & Suwatra, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan LKS Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16282. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16282
Anggreni, N. M. D., Dantes, N., & Candiasa, I. M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Master dan Asesmen Autentik Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Payangan. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 4.
Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Edik Informatika, 3(2), 73–87. https://doi.org/10.22202/ei.2017.v3i2.1320. DOI: https://doi.org/10.22202/ei.2017.v3i2.1320
Dewi, F. (2019). Penerapan Metode Course Review Horay untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas VIII E Pada SMPN 1 Pulau Panggung Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Teknologi Pendidikan Nasional, 1(1). http://journal2.um.ac.id/index.php/jpb/article/view/7435.
Fauzi, A., Zainuddin, Z., & Atok, R. (2018). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial Melalui Discovery Learning. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 83–93. http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/article/view/2500/1511. DOI: https://doi.org/10.17977/um022v2i22017p079
Gading, I. K., Suja, W., Sudarma, I. K., Dwivayana, D. G. H., & Widiana, I. W. (2018). Buku Ajar Belajar dan Pebelajaran. Undiksha Press.
Hakim, S. A., & Syofyan, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament ( TGT) Terhadap Motivasi Belajar IPA di Kelas IV SDN Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta Barat. International Journal of Elementary Education, 1(4), 249–263. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/12966. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12966
Hasanah, T. A., Victoria, D. C., & Anita, I. (2019). Penggunaan Media Flash Card untuk Meningkatkan Daya Ingat Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Primaria Educationem Journal, 2(2), 187–192. http://journal.unla.ac.id/index.php/pej/article/view/1407.
Hendracipta, N. (2016). Menumbuhkan Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Ipa Berbasis Inkuiri. JPSD, 2(1), 109–116. DOI: https://doi.org/10.26555/jpsd.v2i2.a5474
Hurit, A. A., & Wati, M. L. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Eksperimen pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.35724/musjpe.v2i2.2455. DOI: https://doi.org/10.35724/musjpe.v2i2.2455
Juliandri, J., & Anugraheni, I. (2020). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pedagogy, 7(2), 21–27. https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/issue/view/83.
Meilani, D., Dantes, N., & Tika, I. N. (2020). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Saintifik Berbasis Keterampilan Belajar dan Berinovasi 4C terhadap Hasil Belajar IPA dengan Kovariabel Sikap Ilmiah pada Peserta Didik Kelas V SD Gugus 15 Kecamatan Buleleng. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 1–5. http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/1412/0.
Najmi, H., Cicilia, Y., & Vebrianto, R. (2020). Efektifitas Media Pembelajaran Melalui Model Discovery Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik SDN 193 Pekanbaru. Instructional Development Journal, 3(1), 43–48. DOI: https://doi.org/10.24014/idj.v3i1.9524
Nazaruddin, N., Kartika, Y., & Novianti, N. (2018). Pengaruh Pembelajaran Master Berbantu Software Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 6(1), 93–104. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/21223/pdf.
Prameswari, S. D. (2020). Penggunaan Model Poe2we Berbasis Metode Mind Mapping Sebagai Peningkatan Pembelajaran Dalam Proses Sains. Journal of Petrology, 369(1), 1689–1699. https://doi.org/https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/qnj5b
Prilliza, M. D., Lestari, N., Merta, I. W., & Artayasa, I. P. (2020). Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar MIPA, 15(2), 130. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1544. DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1544
Rakasiwi, R., & Anugraheni, I. (2020). Meta Analisis Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 208–214. https://doi.org/https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004. DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.755
Risnajayanti, A. F. (2020). Meningkatkan Kemampuan Daya Ingatan. Jurnal Smartd PAUD, 1(1), 43–49. http://ojs.uho.ac.id/index.php/smartpaud/article/view/10207. DOI: https://doi.org/10.36709/jspaud.v3i1.10207
Rose, C., & Nicholl, M. J. (2002). Accelerated Learning for the 21st Century: Cara Belajar Cepat Abad XXI. Nuansa.
Rosmalinda, D. (2019). Model MASTER dan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together : Pengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa. 2(1), 1–9. http://jemst.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/jemst/article/view/13.
Sayekti, I. C., Rini, I. F., & Hardiyansyah, F. (2019). Analisis Hakikat Ipa Pada Buku Siswa Kelas Iv Sub Tema I Tema 3 Kurikulum 2013. Profesi Pendidikan Dasar, 6(2), 129–144. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.9256. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.9256
Suastra, I. W. (2009). Pembelajaran Sains Terkini Mendekatkan Siswa dengan Lingkungan Almiah dan Sosial Budayanya. Universitas Pendidikan Ganesha.
Subeni, L. (2018). Penerapan Konsep Accelerated Teaching Model MASTER untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Luwu. Jurnal Pendidikan Fisika-Journal of Physics Education, 6(2), 189–202. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/view/1291/1151.
Syariah, E. N., Mahromiyati, M., & Sandiyansah, M. F. (2020). Analisis Mengenai Ciri-ciri Belajar Siswa SD yang Memiliki Kemampuan Daya Ingat Tinggi. NUSANTARA, 2(1), 71–74. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/538.
Ulfa, S. W. (2016). Pembelajaran Berbasis Praktikum : Upaya Mengembangkan Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan, 6(1), 65–75.
Utomo, B. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Menulis Puisi dengan Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 8(1), 13–26. DOI: https://doi.org/10.35438/e.v8i1.220
Wahyuni, K. P., Mertasari, N. M. S., & Gita, I. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Master Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 10(2), 61–68. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPM/article/viewFile/19923/12125. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i2.19923
Wahyuningtyas, R Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media Dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 222–232. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77
Warahmah, Mawaddah, & Mawardi, N. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Dengan Model Mind Mapping (Peta Pikiran) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Banda Aceh. IM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 5(1), 67–76. http://www.jim.unsyiah.ac.id/sejarah/article/view/15083.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)