Model Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Desak Gede Hari Gopi Chandan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Ketut Gading Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gusti Ayu Tri Agustiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i3.81572

Keywords:

Problem Based Learning, Audio Visual, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar IPA

Abstract

Keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar masih rendah, ini dikarenakan pembelajaran IPA masih disajikan secara abstrak. Terlebih lagi guru kurang menarik dalam mengemas model pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan. Serta dalam penerepan pembelajaran di sekolah masih dilakukan secara konvensional dan kurang interaktif. Sehingga tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media audio visual terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Metode penelitian ini berupa kuantitatif dengan menggunakan eksperimen semu (Quasi Eksperimen) berdesain Non Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi kajian berjumlah 76 siswa, dengan penentuan sampel dengan teknik  Intac Group Random Sampling. Data yang dikumpulkan dengan metode tes berbentuk uraian, masing-masing instrumen berujmlah 10 soal. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial (Uji-t dan Manova). Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh X  pada Y1  dengan nilai thitung  untuk keterampilan berpikir kritis sebesar 16,100  > ttabel 1,666 dan pada Y2 dengan nilai thitung  untuk hasil belajar IPA sebesar 14,278  > ttabel 1,666. Selain itu, dilihat dari analisis uji Manova nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka simpulannya terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio visual terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD.

References

Abdullah Sjam, D., & Maryati, T. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Vol. 2).

https://doi.org/Https://Journal.Unpas.Ac.Id/Index.Php/Pendas/Article/Download/2166/1036.

Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Florea, 6(1), 5–10. https://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369.

Agustin, O., Dakhi, S., Prodi, D., Pancasila, P., Sekolah, K., Keguruan, T., Pendidikan, I., & Selatan, N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa.

https://doi.org/Https://Journal.Ipts.Ac.Id/Index.Php/Ed/Article/View/1758.

Amris, F. K., & Desyandri, D. (2021). Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2171–2180. http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1170.

Aperta, M., Amini, R., Guru, P., & Dasar, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Bebasis Kvisoft Flipbook Maker Pro di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1024–1030.

https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1066.

Atminingsih, D., Wijayanti, A., & Ardiyanto, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran PBL Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SDN Baturagung. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17560. .

Avania, W. F., & Sholikhah, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2531–2538. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.885.

Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824.

Bachri, S., & Dasmo, D. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v7i3.2235.

Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 44(2). https://doi.org/10.21831/jk.v44i2.5307.

Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26525.

Evi, T., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 385–395. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.314.

Faishol, R., & Mashuri, I. (2021). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas 2 Mi Tarbiyatus Sibyan Srono. International Journal Of Educational Resources. http://ejournal.ijshs.org/index.php/incare/article/view/210.

Firdausi, B. W., Warsono, & Yermiandhoko, Y. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2). https://doi.org/10.22373/Jm.V11i2.8001.

Hafizah, E., Misbah, M., & Annur, S. (2018). Kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada materi mekanika. Momentum: Physics Education Journal, 2(2), 72–78. https://doi.org/10.21067/mpej.v2i2.2729.

Haryanti, Y. D. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2).

https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.596.

Haryanti, Y. D., & Saputra, D. S. (2019). Instrumen Penilaian Berpikir Kreatif Pada Pendidikan Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 58–64.

https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1350.

Janati, W. R., Rahayu, A., & Wijayanti, D. (2023). Pengembangan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal Of Learning And Educational Studies, 1(1).

Junianto, D., & Wagiran. (2013). Pengaruh Kinerja Mengajar Guru, Keterlibtan Orang Tua, Aktualisasi Diri dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(3), 307–319. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i3.1845.

Jusmiana, A., Herianto, H., & Awalia, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Di Era Pandemi Covid-19. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1–11.

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i2.400.

Lieung, K. W. (2019). Pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 073–082. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1465.

Madadizadeh, F. (2022). A tutorial on Quasi-experimental designs. Journal of Community Health Research, 11(1), 3–4.

https://iranjournals.nlai.ir/bitstream/handle/123456789/916068/B056CA7D2AA0554C0E7FEFF379D08F6C.pdf?sequence=-1.

Meliana. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Rendahnya Hasil Belajar Siswa Di Sd Negeri Karang Ringin 1. Journal On Education, 5(3), 9365–9363. https://doi.org/Https://Jonedu.Org/Index.Php/Joe/Article/Download/1742/1425/.

Nabillah, T., & Abadi, P. A. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Prestasi Belajar Siswa. Sesiomadika, 2(3), 659–663.

https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa/article/view/773.

Nofziarni, A., Hadiyanto, H., Fitria, Y., & Betri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016–2024. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.244. .

Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.323.

Rahman, A., Khaeruddin, K., & Ristiana, E. (2020). Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN 30 Sumpangbita. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 29–41.

https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.201.

Rizkiyahnur Nasution, W. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi (Vol. 1, Issue 1). https://doi.org/Https://Jurnal.Uinsyahada.Ac.Id/Index.Php/Bioedunisi/Article/View/5356.

Rostika, D., & Junita, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika dengan Model Diskursus Multy Representation (DMR). EduHumaniora : Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 35–46.

https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6176.

Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1910–1917.

Savira Wardani, D. (2020). Usaha Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Melalui Model Problem Based Learning di Kelas V SDN Babatan V/460 Surabaya. Journal Of Elementary Education, 03.

https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/Index.Php/Collase/Article/View/4340.

Supriana, I. K., Suastra, I. W., & Lasmawan, I. W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA.

Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620.

Utami, D. (2023). Upaya Meningkatan Hasil Belajar IPA menggunakan Model Pembelajaran CTL dengan Media Audio Visual pada Siswa Kelas V SDN Banjurmuka. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar, 1(1).

https://doi.org/Https://Ejournal.Lembagaeinsteincollege.Com/Pendiksar/Article/View/12.

Walfajri, R. U., & Harjono, N. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Tematik Muatan IPA Melalui Model Problem Based Learning Kelas 5 SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 16–20. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.54.

Wulandari, E., Setyo Budi, H., & Suryandari, K. C. (2020). Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD.

Yuafian, R., & Astuti, S. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL.

http://journal.unismuh.ac.id/Index.Php/Jrpd.

Zandkarimi., Y. (2013). The Impact of E-learning on some Psychological Dimensions and Academic Achievement. International Journal of Education and Learning, 2(2), 49–56. https://doi.org/10.14257/ijel.2013.2.2.05.

Downloads

Published

2024-09-25

How to Cite

Chandan, D. G. H. G., Gading, I. K. ., & Agustiana, I. G. A. T. . (2024). Model Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Indonesian Journal of Instruction, 5(3), 426–439. https://doi.org/10.23887/iji.v5i3.81572