Metode Studi Kasus Berbasis Animasi Pembelajaran terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Muatan Segi Empat Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Kadek Dwi Prawira Utama Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Kadek Suartama Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Gede Wira Bayu Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i3.85738

Keywords:

Studi Kasus, Matematika, Kompetensi Pengetahuan

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada pembelajaran matematika di sekolah dasar yakni kurangnya penggunaan media elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode studi kasus berbasis animasi pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan matematika materi segi empat di antara kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan menggunakan desain Pretest-Postest Control Group. Kelas IV dipilih sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol secara yang di peroleh dengan teknik random class sampling dengan undian. Pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda sebayak 20 soal yang sudah divalidasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t (Independent Sampling). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam kompetensi pengetahuan Matematika antara kedua kelompok, dengan thitung sebesar 4,420 melebihi ttabel sebesar 2,00 (thitung > ttabel). Oleh karena itu, hipotesis H0 ditolak dan hipotesis Ha diterima, menunjukkan adanya perbedaan kompetensi pengetahuan Matematika kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini memberikan kontribusi sebagai referensi tambahan bagi penelitian serupa di masa mendatang.

References

Adi, W. A., Relmasita, S. C., & Hardini, A. T. (2020). Pengembangan Media Animasi Untuk Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 81. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24778.

Agustina, M., Azizah, E. N., & Koesmadi, D. P. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Animasi terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini selama Pembelajaran Daring. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 353–361. https://scholar.archive.org/work/45cqdkpi7zbtpdeeluypzh2cpi/access/wayback/https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/download/1331/pdf.

Alam, N. (2023). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Learning: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 165–172. https://doi.org/10.51878/learning.v3i2.2301.

Alimuddin, A., Niaga Siman Juntak, J., Ayu Erni Jusnita, R., Murniawaty, I., & Yunita Wono, H. (2023). Teknologi Dalam Pendidikan: Membantu Siswa Beradaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0. Menur Pumpungan, Kec. Sukolilo. Kota SBY, 05(04), 36–38. https://doi.org/https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2135/1775.

Anggraini, S., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2019). Analisis dampak pemberian reward and punishment bagi siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3). http://eprints.upgris.ac.id/1700/1/12. Analisis Dampak Pemberian Reward And Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang.pdf.

Ariani, R. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kristis Siswa Sd Pada Muatan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 422–432. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28165.

Ariawan, K. Y., Suartama, I. K., & Renda, N. T. (2023). Video Animasi Rotasi Bumi dan Akibatnya Berbasis Powtoon. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 38–46. http://www.jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/ljse/article/view/215.

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1). https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534.

Cahyani, W. D., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2023). Pengembangan Media Animasi 3 Dimensi untuk Pembelajaran Bangun Ruang di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2554–2565. https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/2414.

Dimas Nuswantoro, & Vicky Dwi Wicaksono. (2019). Pengembangan Media Video Animasi Powtoon “HAKAN” pada Mata Pelajaran PPKn Materi Hak dan Kewajiban Siswa Kelas IV SDN Lidah Kulon IV Surabaya. JPGSD, 7(4), 3161–3170. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/28270.

Hidayatullah, M. T., Asbari, M., Ibrahim, M. I., & Faidz, A. H. H. (2023). Urgensi aplikasi teknologi dalam pendidikan di indonesia. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 70–73. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/785.

Indrawati, R., & Maksum, A. (2013). Peningkatan perilaku disiplin siswa melaluipemberian reward dan punishment dalam pembelajaran penjasorkes pada siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1(2), 304–306. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/2847.

Irawan, T., Dahlan, T., & Fitrianisah, F. (2021). Analisis Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 212–225. http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/738.

Jannah, F. N. M., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan aplikasi canva dalam media pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 138–146. https://jurnal.uns.ac.id/JPD/article/view/72716.

Lenggogeni, L., & Ruqoyyah, S. (2021). Penggunaan media video animasi berbantuan Scratch melalui model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan kelas IV. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(2), 249–256. http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/5687.

Madadizadeh, F. (2022). A tutorial on Quasi-experimental designs. Journal of Community Health Research, 11(1), 3–4. https://iranjournals.nlai.ir/bitstream/handle/123456789/916068/B056CA7D2AA0554C0E7FEFF379D08F6C.pdf?sequence=-1.

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303.

Matje, I. (2022). Hubungan Pemberian Reward (Hadiah) Terhadap Minat Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(2), 122–128. http://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/taksonomi/article/view/2725.

Mayasari, A., Asrizal, A., & Festiyed, F. (2022). Meta analisis pengaruh media pembelajaran elektronik terhadap hasil belajar dan pemahaman konsep siswa. ORBITA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 8(1), 10–14. https://journal.ummat.ac.id/index.php/orbita/article/view/7056.

Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi guru penggerak merdeka belajar. Bumi Aksara.

Ningrum, K. D., Utomo, E., Marini, A., & Setiawan, B. (2022). Media Komik Elektronik Terintegrasi Augmented Reality dalam Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1297–1310. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2289.

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa SD Negeri Kohod III. Pensa, 3(2), 243–255. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa/article/view/1338.

Nurillahwaty, E. (2022). Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 1, 81–85. https://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingpps/article/view/309.

Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. (2020). Pengaruh mutu pembelajaran online dan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap hasil belajar saat pandemi Covid19. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(2), 188–197. https://www.academia.edu/download/64750317/559_Article_Text_1129_1_10_20200626.pdf.

Putri, H., Susiani, D., Wandani, N. S., & Putri, F. A. (2022). Instrumen penilaian hasil pembelajaran kognitif pada tes uraian dan tes objektif. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2), 139–148. https://www.academia.edu/download/114163112/1078.pdf.

Rahmadini, S., & Rahmi, U. (2022). Desain Video Animasi Berbasis Studi Kasus Untuk Mata Kuliah Pengembangan E-Learning. Journal of Pedagogy and Online Learning, 1(1), 42–54. https://jpol.ppj.unp.ac.id/index.php/jpol/article/download/6/6.

Ramadhani, A., & Ulfia, F. (2022). Berpikir positif dan kepercayaan diri terhadap kualitas hidup. Jurnal Basicedu, 6(3), 5447–5455. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2762.

Sarah, D. M., Vika, A. I. V., Hasibuan, N., Sipahutar, M. S., & Simamora, F. E. M. (2022). Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(01), 210–219. https://jurnal.itscience.org/index.php/educendikia/article/view/1596.

Sherly, S., Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2021). Merdeka belajar: kajian literatur. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 183–190. http://proceeding.urbangreen.co.id/index.php/library/article/view/33.

Simamora, J. M. (2023). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Di Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 10(2), 109–112. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/50230.

Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2023). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 4(2), 88–100. https://doi.org/10.55115/widyacarya.v4i2.796.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh pemberian reward and punishment terhadap motivasi belajar bahasa indonesia siswa kelas tinggi di sekolah dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106–117. https://doi.org/10.36277/basataka.v3i2.93.

Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129.

Syahroni, M. H. A., Astuti, N., Indrawati, V., & Ismawati, R. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi kebiasaan makan anak usia prasekolah (4–6 Tahun) ditinjau dari capaian gizi seimbang. Jurnal Tata Boga, 10(1), 12–22. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/37802.

Sylvia, I., Anwar, S., & Khairani, K. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Berbasis Pendekatan Authentic Inquiry Learning Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Socius Journal of Sociology Research and Education. https://doi.org/10.24036/scs.v6i2.162.

Tiwow, D., Wongkar, V., Mangelep, N. O., & Lomban, E. A. (2022). Pengaruh media pembelajaran animasi powtoon terhadap hasil belajar ditinjau dari minat belajar peserta didik. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 107–122. https://jurnalfaktarbiyah.iainkediri.ac.id/index.php/factorm/article/view/404.

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91–100. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816.

Zamani, A. D. L., & Utami, A. (2023). Pemberian Penghargaan (Reward) Dengan Bentuk Shining Star Terhadap Hasil Belajar, Sikap Dan Persepsi Siswa Kelas IV Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 120–129. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/1773.

Downloads

Published

2024-09-25

How to Cite

Utama, K. D. P. ., Suartama, I. K. ., & Bayu, G. W. . (2024). Metode Studi Kasus Berbasis Animasi Pembelajaran terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Muatan Segi Empat Kelas IV Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 5(3), 304–314. https://doi.org/10.23887/iji.v5i3.85738