Kontribusi Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja Guru

Authors

  • Ni Ketut Ayu Krismawati Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • IB. Surya Manuaba Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v3i2.44517

Keywords:

Lingkungan kerja, Motivasi kerja, Kepuasan kerja

Abstract

Lingkungan kerja yang tidak mendukung mengakibatkan semangat kerja guru menurun dan berdampak pada rendahnya kepuasan kerja guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besaran kontribusi lingungan kerja dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja guru secara terpisah maupun simultan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu ex-post facto dengan jumlah populasi 48 guru PNS. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik sampling total. Data penelitian dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana serta analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat kontribusi yang signifikan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja dengan koefisien determinasi sebesar 16,2%, (2) terdapat kontribusi yang signifikan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja dengan koefisien determinasi sebesar 30%, (3) terdapat kontribusi yang signifikan secara bersama-sama lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja dengan koefisien determinasi sebesar 30,9%. Dengan demikian, dapat disimpulkan lingkungan kerja dan motivasi kerja mempengaruhi kepuasan kerja guru. Semakin baik lingkungan dan motivasi kerja menyebabkan meningkatnya kepuasan kerja guru.

References

Achmad, & Badawi. (2014). Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja serta Implikasinya pada Kinerja Guru. Kontigensi : Jurnal Ilmiah Manajemen, 2(1). https://doi.org/10.56457/jimk.v2i1.6.

Ahmadiansah, R. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Muhammadiyah Salatiga. Journal of Materials Processing Technology, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.18326/inject.v1i2.223-236.

Alfons, M. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah. Katalogis, 142–149.

Ardana, P., Yudana, I. M., Divayana, D. G. H. (2020). Kontribusi Sertifikasi Guru, Motivasi Kerja Dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 44–55. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3349.

Aryantini, N. P., Agung, A. A. G., & Dantes, K. R. (2018). Kontribusi Implementasi Manajemen Sekolah Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tri Hita Karana, Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 9(2), 99–110. https://doi.org/10.23887/japi.v9i2.2757.

Asterina, F., & Sukoco. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.21831/jamp.v7i2.26743.

Astuti, H., Rokhmat, J., & Sudirman. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Alkmel Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, (1). https://doi.org/10.29303/jipp.v2i1.42.

Cahyaningrum, R. (2020). Kontribusi Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Motivasi Guru, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Media Manajemen Pendidikan, 3(1), 100. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i1.4633.

Elizar & Tanjung, H. (2018). Pengaruh Pelatihan, Kompetensi, Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), 46–58. https://doi.org/10.30596/maneggio.v1i1.2239.

Hakim, A. R. & M. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru SMK Swasta Di Wilayah Timur Kabupaten Pemalang. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 105–115. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i2.9354.

I Wayan Wijania. (2017). Kontribusi Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3). https://doi.org/10.23887//jipp.v1i3.11983.

Iba, Z., Saifuddin, Marwan, & Konadi, W. (2021). Pengaruh motivasi, budaya organisasi, lingkungan, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru SMA Kota Juang. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.36970.

Irawati, Sudarno, & Komardi, D. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja, Komitmen Organisasi dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasaan Kerja dan Kinerja Guru SMP Negeri Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(2), 210–221.

Laksmi, N. L. P. S., Agung, A. A. G., & S. (2019). Hubungan Kepemimpinan Pelayan, Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru di Gugus PAUD Tunjung Kecamatan Denpasar Utara. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 148–156. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2802.

Mardliyah, S., Yulianingsih, W., & Putri, L. S. R. (2020). Sekolah Keluarga: Menciptakan Lingkungan Sosial untuk Membangun Empati dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 576. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.665.

Muliartini, N. M., Natajaya, I. N., & Sunu, I. G. K. A. (2019). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Etos Kerja, Kepuasan Kerja, dan Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMKN 2 Singaraja. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(1), 13–23. https://doi.org/10.23887/japi.v10i1.2786.

Ningrat, S. P., Agung, A. A. G., & Yudana, I. M. (2020). Kontribusi Etos Kerja, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja dan Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru Sd Gugus VII Kecamatan Mengwi. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 3(1), 54–63. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3169.

Nurhasnawati & Subhan, M. (2018). Pengarug Antara Iklim Organisasi dan Kepuasan Kerja Dengan Organizational Citizenship Behavior Pada Guru MIN Se Kota Pekanbaru. Journal of Materials Processing Techno, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.24014/ijiem.v1i2.6649.

Oupen, S. M., Agung, A. A. G., & Yudana, I. M. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Komitmen Organisasional Guru SD. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 32–41. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3167.

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Edi, P. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972.

Putrayana, G. K., Agung, A. A. G., & Sunu, I. G. K. A. (2018). Analisis Determinasi Gaya Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Manajemen Mutu, Lingkungan Kerja dan Komitmen Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru SMA Negeri 1 Mengwi. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 9(1), 77–87. https://doi.org/10.23887/japi.v9i1.2747.

Rasyid, M. A. & Tanjung, H. (2020). Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru pada SMA Swasta Perkumpulan Amal Bakti 4 Sampali Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 60–74. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4698.

Rasyid, M. A., & Tanjung, H. (2020). Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru pada SMA Swasta Perkumpulan Amal Bakti 4 Sampali Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1). https://doi.org/10.30596%2Fmaneggio.v3i1.4698.

Ratmini, N. A., Natajaya, I. N., & Sunu, I. G. K. A. (2019). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Organisasi, Iklim Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 91–100. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2795.

Ratna, A., Natajaya, I. N., & Dantes, K. R. (2019). Determinasi Servant Leadership, Karakteristik Individu, Motivasi Kerja, dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Guru Di SMAN 1 Gianyar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 119–124. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2798.

Segantara, I. G. M., Yudana, I. M., & Sunu, I. G. K. A. (2017). Studi Korelasi antara Motivasi Kerja, Kompetensi Profesional Guru, dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 1(1), 30–34. https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i1.12927.

Suandi, I. W., Lasmawan, W., & Natajaya, N. (2018). Hubungan Kepemimpinan Situasional, Motivasi Kerja, dan Iklim Kerja dengan Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 1(2), 42–50. https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i2.12990.

Suardana, I. P., Yudana, M., & Agung, A. A. G. (2018). Kontribusi Gaya Kepemimpinan, Kompetensi Profesional dan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja (Studi Tentang Persepsi Guru SMAN 1 Mengwi). Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 9(1), 55–66. https://doi.org/10.23887/japi.v9i1.2736.

Subagia, N. K. T. F., Yudana, M., & Divayana, D. G. H. (2019). Kontribusi Supervisi Klinis Kepala Sekolah , Motivasi Kerja, Iklim Kerja dan Tunjangan Profesi Terhadap Kepuasan Kerja Guru TK di Kecamatan Kuta Utara. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 101–110. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2796.

Subandi, S. (2018). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja,dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 1(2), 57–63. https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i2.12934.

Sudaryana, I. G. S., Yudana, M., & Sudirman. (2019). Kontribusi Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Iklim Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Pegawai Laboratorium. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(1), 56–65. https://doi.org/10.23887/japi.v10i1.2790.

Sudiarditha, I. K. R., Waspodo, A. W., & Triani, N. A. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Direktorat Umum Lembaga Pelayanan Publik Televisi Republik Indonesia. Jurnal Manajemen, 20(2), 278. https://doi.org/10.24912/jm.v20i2.48.

Sugihartini, N. M., Agung, A. A. G., & Dantes, K. R. (2018). Kontribusi Implementasi Menejemen Sekolah Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tri Hita Karana, Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasional Guru di SMP Negeri Kota Singaraja Buleleng. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 9(2), 111–120. https://doi.org/10.23887/japi.v9i2.2776.

Sugiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, cv.

Susanto, R. (2020). Kontribusi Faktor Mendasar Kepuasan Kerja : Fondasi Pengembangan Profesionalitas Tenaga Pendidik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 232–248. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.25665.

Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2016). Tugas Guru dalam Pembelajaran Aspek yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Warga, I. M., Dantes, N., & Natajaya, I. N. (2019). Determinasi Sikap Profesi, Kompetensi Mengelola Proses Pembelajaran dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 283. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.21367.

Widyantara, S. (2019). Kontribusi Motivasi Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru. Media Manajemen Pendidikan, 2(1), 135. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i1.3661.

Wote, A. Y. V., & Patalatu, J. S. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 465. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21782.

Downloads

Published

2022-05-25

How to Cite

Krismawati, N. K. A., & Manuaba, I. S. (2022). Kontribusi Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja Guru. Indonesian Journal of Instruction, 3(2), 92–104. https://doi.org/10.23887/iji.v3i2.44517

Issue

Section

Articles