Kontribusi Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v3i2.44517Kata Kunci:
Lingkungan kerja, Motivasi kerja, Kepuasan kerjaAbstrak
Lingkungan kerja yang tidak mendukung mengakibatkan semangat kerja guru menurun dan berdampak pada rendahnya kepuasan kerja guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besaran kontribusi lingungan kerja dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja guru secara terpisah maupun simultan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu ex-post facto dengan jumlah populasi 48 guru PNS. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik sampling total. Data penelitian dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana serta analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat kontribusi yang signifikan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja dengan koefisien determinasi sebesar 16,2%, (2) terdapat kontribusi yang signifikan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja dengan koefisien determinasi sebesar 30%, (3) terdapat kontribusi yang signifikan secara bersama-sama lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja dengan koefisien determinasi sebesar 30,9%. Dengan demikian, dapat disimpulkan lingkungan kerja dan motivasi kerja mempengaruhi kepuasan kerja guru. Semakin baik lingkungan dan motivasi kerja menyebabkan meningkatnya kepuasan kerja guru.
Referensi
Achmad, & Badawi. (2014). Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja serta Implikasinya pada Kinerja Guru. Kontigensi : Jurnal Ilmiah Manajemen, 2(1). https://doi.org/10.56457/jimk.v2i1.6. DOI: https://doi.org/10.56457/jimk.v2i1.6
Ahmadiansah, R. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Muhammadiyah Salatiga. Journal of Materials Processing Technology, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.18326/inject.v1i2.223-236. DOI: https://doi.org/10.24014/ekl.v1i1.4681
Alfons, M. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah. Katalogis, 142–149. DOI: https://doi.org/10.33087/jmas.v4i1.82
Ardana, P., Yudana, I. M., Divayana, D. G. H. (2020). Kontribusi Sertifikasi Guru, Motivasi Kerja Dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 44–55. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3349. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3349
Aryantini, N. P., Agung, A. A. G., & Dantes, K. R. (2018). Kontribusi Implementasi Manajemen Sekolah Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tri Hita Karana, Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 9(2), 99–110. https://doi.org/10.23887/japi.v9i2.2757. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v9i2.2757
Asterina, F., & Sukoco. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.21831/jamp.v7i2.26743.
Astuti, H., Rokhmat, J., & Sudirman. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Alkmel Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, (1). https://doi.org/10.29303/jipp.v2i1.42. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v2i1.42
Cahyaningrum, R. (2020). Kontribusi Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Motivasi Guru, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Media Manajemen Pendidikan, 3(1), 100. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i1.4633. DOI: https://doi.org/10.30738/mmp.v3i1.4633
Elizar & Tanjung, H. (2018). Pengaruh Pelatihan, Kompetensi, Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), 46–58. https://doi.org/10.30596/maneggio.v1i1.2239. DOI: https://doi.org/10.30596/maneggio.v1i1.2239
Hakim, A. R. & M. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru SMK Swasta Di Wilayah Timur Kabupaten Pemalang. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 105–115. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i2.9354. DOI: https://doi.org/10.23917/jpis.v29i2.9354
I Wayan Wijania. (2017). Kontribusi Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3). https://doi.org/10.23887//jipp.v1i3.11983.
Iba, Z., Saifuddin, Marwan, & Konadi, W. (2021). Pengaruh motivasi, budaya organisasi, lingkungan, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru SMA Kota Juang. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.36970. DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.36970
Irawati, Sudarno, & Komardi, D. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja, Komitmen Organisasi dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasaan Kerja dan Kinerja Guru SMP Negeri Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(2), 210–221.
Laksmi, N. L. P. S., Agung, A. A. G., & S. (2019). Hubungan Kepemimpinan Pelayan, Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru di Gugus PAUD Tunjung Kecamatan Denpasar Utara. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 148–156. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2802. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2802
Mardliyah, S., Yulianingsih, W., & Putri, L. S. R. (2020). Sekolah Keluarga: Menciptakan Lingkungan Sosial untuk Membangun Empati dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 576. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.665. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.665
Muliartini, N. M., Natajaya, I. N., & Sunu, I. G. K. A. (2019). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Etos Kerja, Kepuasan Kerja, dan Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMKN 2 Singaraja. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(1), 13–23. https://doi.org/10.23887/japi.v10i1.2786. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i1.2786
Ningrat, S. P., Agung, A. A. G., & Yudana, I. M. (2020). Kontribusi Etos Kerja, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja dan Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru Sd Gugus VII Kecamatan Mengwi. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 3(1), 54–63. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3169.
Nurhasnawati & Subhan, M. (2018). Pengarug Antara Iklim Organisasi dan Kepuasan Kerja Dengan Organizational Citizenship Behavior Pada Guru MIN Se Kota Pekanbaru. Journal of Materials Processing Techno, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.24014/ijiem.v1i2.6649. DOI: https://doi.org/10.24014/ijiem.v1i2.6649
Oupen, S. M., Agung, A. A. G., & Yudana, I. M. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Komitmen Organisasional Guru SD. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 32–41. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3167. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3167
Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Edi, P. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972
Putrayana, G. K., Agung, A. A. G., & Sunu, I. G. K. A. (2018). Analisis Determinasi Gaya Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Manajemen Mutu, Lingkungan Kerja dan Komitmen Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru SMA Negeri 1 Mengwi. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 9(1), 77–87. https://doi.org/10.23887/japi.v9i1.2747. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v9i1.2747
Rasyid, M. A. & Tanjung, H. (2020). Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru pada SMA Swasta Perkumpulan Amal Bakti 4 Sampali Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 60–74. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4698.
Rasyid, M. A., & Tanjung, H. (2020). Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru pada SMA Swasta Perkumpulan Amal Bakti 4 Sampali Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1). https://doi.org/10.30596%2Fmaneggio.v3i1.4698. DOI: https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4698
Ratmini, N. A., Natajaya, I. N., & Sunu, I. G. K. A. (2019). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Organisasi, Iklim Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 91–100. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2795. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2795
Ratna, A., Natajaya, I. N., & Dantes, K. R. (2019). Determinasi Servant Leadership, Karakteristik Individu, Motivasi Kerja, dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Guru Di SMAN 1 Gianyar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 119–124. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2798. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2798
Segantara, I. G. M., Yudana, I. M., & Sunu, I. G. K. A. (2017). Studi Korelasi antara Motivasi Kerja, Kompetensi Profesional Guru, dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 1(1), 30–34. https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i1.12927. DOI: https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i1.12927
Suandi, I. W., Lasmawan, W., & Natajaya, N. (2018). Hubungan Kepemimpinan Situasional, Motivasi Kerja, dan Iklim Kerja dengan Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 1(2), 42–50. https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i2.12990. DOI: https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i2.12990
Suardana, I. P., Yudana, M., & Agung, A. A. G. (2018). Kontribusi Gaya Kepemimpinan, Kompetensi Profesional dan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja (Studi Tentang Persepsi Guru SMAN 1 Mengwi). Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 9(1), 55–66. https://doi.org/10.23887/japi.v9i1.2736. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v9i1.2736
Subagia, N. K. T. F., Yudana, M., & Divayana, D. G. H. (2019). Kontribusi Supervisi Klinis Kepala Sekolah , Motivasi Kerja, Iklim Kerja dan Tunjangan Profesi Terhadap Kepuasan Kerja Guru TK di Kecamatan Kuta Utara. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 101–110. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2796. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2796
Subandi, S. (2018). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja,dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 1(2), 57–63. https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i2.12934. DOI: https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i2.12934
Sudaryana, I. G. S., Yudana, M., & Sudirman. (2019). Kontribusi Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Iklim Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Pegawai Laboratorium. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(1), 56–65. https://doi.org/10.23887/japi.v10i1.2790. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i1.2790
Sudiarditha, I. K. R., Waspodo, A. W., & Triani, N. A. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Direktorat Umum Lembaga Pelayanan Publik Televisi Republik Indonesia. Jurnal Manajemen, 20(2), 278. https://doi.org/10.24912/jm.v20i2.48. DOI: https://doi.org/10.24912/jm.v20i2.48
Sugihartini, N. M., Agung, A. A. G., & Dantes, K. R. (2018). Kontribusi Implementasi Menejemen Sekolah Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tri Hita Karana, Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasional Guru di SMP Negeri Kota Singaraja Buleleng. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 9(2), 111–120. https://doi.org/10.23887/japi.v9i2.2776. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v9i2.2776
Sugiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, cv.
Susanto, R. (2020). Kontribusi Faktor Mendasar Kepuasan Kerja : Fondasi Pengembangan Profesionalitas Tenaga Pendidik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 232–248. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.25665.
Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2016). Tugas Guru dalam Pembelajaran Aspek yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Warga, I. M., Dantes, N., & Natajaya, I. N. (2019). Determinasi Sikap Profesi, Kompetensi Mengelola Proses Pembelajaran dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 283. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.21367. DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.21367
Widyantara, S. (2019). Kontribusi Motivasi Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru. Media Manajemen Pendidikan, 2(1), 135. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i1.3661. DOI: https://doi.org/10.30738/mmp.v2i1.3661
Wote, A. Y. V., & Patalatu, J. S. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 465. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21782. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21782
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Ni Ketut Ayu Krismawati, IB. Surya Manuaba
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)