Media Kartu Domino Modifikasi dengan Pendekatan Kontekstual pada Muatan Pembelajaran Matematika Kelas III Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v4i1.50936Keywords:
Kartu Domino, Pembelajaran Matematika, Pendekatan KontekstualAbstract
Penggunaan buku dalam pembelajaran kurang dimodifikasi sehingga penggunaan media pembelajaran belum optimal. Sehingga membuat siswa cenderung bosan dan kurang tertarik pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media kartu domino modifikasi dengan pendekatan kontektual untuk siswa kelas III pada materi bilangan pecahan sederhana di sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE melalui tahapannya yaitu, analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek pada penelitian ini yaitu 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 2 orang praktisi dan 12 orang respon siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode pemberian kuesioner dengan jenis instrument ratting scale. Teknik analisis data yang digunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Adapun hasil validasi dari segi ahli materi menunjukkan rata-rata skor sebesar 4,7 dengan kualifikasi sangat valid. Segi ahli media memperoleh rata-rata skor sebesar 4,7 dengan kualifikasi sangat valid. Kepraktisan media kartu domino memperoleh hasil 95% dengan kualifikasi sangat baik. Sedangkan hasil respon siswa memperoleh hasil 98% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil menunjukkan media kartu domino modifikasi pendekatan kontekstual layak dan valid digunakan. Implikasi penelitian ini diharapkan media kartu domino modifikasi dengan pendekatan kontektual untuk siswa kelas III pada materi bilangan pecahan sederhana dapat membantu siswa dalam memahami materi.
References
Adawiyah, A. R., & Kowiyah, K. (2021). Pengembangan Media Kartu Domino pada Pembelajaran Matematika Operasi Perkalian Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2370–2376. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1224. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1224
Agung, A. A. G. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.
Alif Naharir, R., Dantes, N., & Kusmariyatni, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Semester II SD Gugus VI Kecamatan Sukasada. Mimbar PGSD Undikhsa, 7(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.16975.
Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development Of Learning Videos Based On Problem-Solving Characteristics Of Animals And Their Habitats Contain in Science Subjects On 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314
Aprianty, D., Somakim, S., & Wiyono, K. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Matematika Materi Persegi Panjang dan Segitiga di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 30(1), 1. https://doi.org/10.17977/um009v30i12021p001. DOI: https://doi.org/10.17977/um009v30i12021p001
Apriliani, E. I., Purwanti, K. Y., & Riani, R. W. (2020). Peningkatan Kesantunan Bahasa Anak Usia Dini melalui Media Pembelajaran Interaktif Budaya Jawa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.319. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.319
Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Kartu Domino Bilangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Pelangi, 9(2), 123–134. https://doi.org/10.22202/jp.2017.v9i2.1900. DOI: https://doi.org/10.22202/jp.2017.v9i2.1900
Arifuddin, A., Maufur, S., & Farida, F. (2018). Pengaruh Penerapan Alat Peraga Puzzle dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di SD/MI. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 10–17. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13721. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13721
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534
Badruttamam, C. A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Bilangan Bulat Berbantuan Komputer Untuk Siswa Kelas IV SD/MI. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 97–110. https://doi.org/10.33367/jiee.v1i1.686. DOI: https://doi.org/10.33367/jiee.v1i1.686
Bahtiar, R. S. (2019). Persepsi Pelaksanaan Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 174.
Burengge, S. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Kontekstual bagi Siswa SDN 7 Tentena Sulawesi Tengah. Jurnal Paedagogy, 7(4), 275. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2832. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2832
Cahyati, S. Y., & Rhosalia, D. R. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. PENSA Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 9–16. https://doi.org/10.36088/pensa.v2i1.601.
Dewi, N. K. U., Pudjawan, K., & Jayanta, I. N. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TAI Berbantuan Media Peta Konsep Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.21051. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19479
Dharma, I. M. A. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca dan Sikap Siswa Kelas V SD Kurikulum 2013. Journal for Lesson And Learning Studies, 2. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321
Dwipayana, I. K. A. A., Parmiti, D. P., & Diputra, K. S. (2018). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD KELAS V. Journal of Education Technology Universitas Pendidikan Ganesha, 2(3), 87–94. https://doi.org/10.23887/jet.v2i3.16380. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i3.16380
Febriyanti, D. A., & Ain, S. Q. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1409–1416. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.933. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.933
Ginting, D. A., Sudarma, I. K., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2021). Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran Tematik untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 2(3), 133–143. https://doi.org/10.23887/iji.v2i3.50951. DOI: https://doi.org/10.23887/iji.v2i3.50951
Gunadi, F. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Domino Untuk Mencapai Target Hasil Belajar Trigonometri. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 89–100. https://doi.org/10.31943/mathline.v3i1.86. DOI: https://doi.org/10.31943/mathline.v3i1.86
Hidayat, E. I. F., Vivi Yandhari, I. A., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.21103. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.21103
Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 389. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4520. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4520
La ode Onde, M., Aswat, H., Fitriani, B., & Sari, E. R. (2020). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) ERA 4.0 Pada Pembelajaran Berbasis Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 268–279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.321. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.321
Lathief Dwi Putra, M., & Nurafni, N. (2021). Bahan Ajar Media Aplikasi BAM” Math Genius” Berbasis Android Pada Materi Bangun Datar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 358. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36511. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36511
Lestari, K. P. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual dalam Setting Lesson Study Terhadap Hasil Belajar IPA Mahasiswa PGSD Undiksha UPP Denpasar Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 40–45. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13895. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13895
Marwiyati, S., & Istiningsih, I. (2020). Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 135. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.508. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.508
Mitra, D., & Purnawarman, P. (2019). Teachers’ Perception Related to the Implementation of Curriculum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564. DOI: https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564
Mumpuni, A., & Supriyanto, A. (2020). Pengembangan Kartu Domino Sebagai Media Pembelajaran Kosakata bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 88 – 101. https://doi.org/10.17977/um009v29i12020p088. DOI: https://doi.org/10.17977/um009v29i12020p088
Mustaqim, I., & Wijayanti, W. (2019). Problematika Penerapan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Tematik Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Jogoroto Jombang. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 1–23. http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jpdi/article/view/1900.
N.L.G. Wiratni, I.M. Ardana, & I.P.B. Mardana. (2021). Pengembangan Media Kartu Domino Pada Pembelajaran Ipa Dengan Topik Hewan Dan Tumbuhan Di Lingkungan Rumahku Untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 120–134. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i2.630. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i2.630
Nanda, K. K., Tegeh, I. M., & Sudarma, I. K. (2017). Pengembangan video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual kelas V di SD Negeri 1 Baktiseraga. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 88–99. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20627.
Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. 1(1), 24–44. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530
Prayoga, T., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Materi Pengenalan Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Peserta Didik Kelas I SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 99–108. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44777. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44777
Putri, N. P. L. K., Kusmariyatni, N., & Murda, I. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(3), 153–160. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i3.21093.
Putri, R. D. P., & Suyadi. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dalam Penerapan Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3912–3919. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1442. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1442
Raharjo, T. (2020). Efektivitas pendampingan implementasi kurikulum 2013 untuk meningkatkan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 93 – 103. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760717.
Srintin, A., Setyadi, D., & Mampouw, H. (2019). Pengembangan Media Permainan Kartu Umino Pada Pembelajaran Matematika Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 126–138. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.89. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.89
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (22nd ed.). Alfabeta.
Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111
Wulandari, G. A., & Ambara, D. P. (2021). Media Kartu Uno Berbasis Multimedia Interaktif pada Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini dalam Mengenal dan Berhitung Angka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 211. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35500. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35500
Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530. DOI: https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 I Komang Mega Antika, Ndara Tanggu Renda, I Nyoman Laba Jayanta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)