Media Video Pembelajaran Berbasis Powtoon pada Topik Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • I Komang Pradika Utama Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ndara Tanggu Renda Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Laba Jayanta Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.50925

Keywords:

Media, Video, Powtoon, IPA

Abstract

Kegiatan belajar guru mendominasi menggunakan metode ceramah daripada penggunaan media. Selain itu belum mampu mengembangkan media berbasis digital untuk pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan Media Video Pembelajaran Berbasis Powtoon pada Topik Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas IV SD. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian yaitu ahli materi, ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran. Subjek uji coba yaitu guru dan siswa yang berjumlah 15. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, pencatatan dokumen dan kuesioner. Instrument pengumpulkan data menggunakan rating scale. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu penilaian dari ahli materi pembelajaran mendapatkan skor 4,6 (sangat valid), ahli media pembelajaran yaitu 4,6 (sangat valid), dan ahli desain pembelajaran yaitu 4 ,6 (sangat valid). Dari perolehan seluruh skor para ahli maka mengidikasikan bahwa video pembelajaran berbasis powtoon pada topik sifat-sifat cahaya siswa kelas IV sekolah dasar sangat valid. Hasil uji kepraktisan dari guru yaitu 98% (sangat baik) dan 94% (sangat baik). Disimpulkan video berbasis Powtoon valid dan praktis sehingga layak digunakan. 

Published

2024-01-31

How to Cite

Utama, I. K. P. ., Renda , N. T. ., & Jayanta, I. N. L. . (2024). Media Video Pembelajaran Berbasis Powtoon pada Topik Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 5(1). https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.50925