Media Video Pembelajaran Berbasis Powtoon pada Topik Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.50925Keywords:
Media, Video, Powtoon, IPAAbstract
Kegiatan belajar guru mendominasi menggunakan metode ceramah daripada penggunaan media. Selain itu belum mampu mengembangkan media berbasis digital untuk pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan Media Video Pembelajaran Berbasis Powtoon pada Topik Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas IV SD. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian yaitu ahli materi, ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran. Subjek uji coba yaitu guru dan siswa yang berjumlah 15. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, pencatatan dokumen dan kuesioner. Instrument pengumpulkan data menggunakan rating scale. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu penilaian dari ahli materi pembelajaran mendapatkan skor 4,6 (sangat valid), ahli media pembelajaran yaitu 4,6 (sangat valid), dan ahli desain pembelajaran yaitu 4 ,6 (sangat valid). Dari perolehan seluruh skor para ahli maka mengidikasikan bahwa video pembelajaran berbasis powtoon pada topik sifat-sifat cahaya siswa kelas IV sekolah dasar sangat valid. Hasil uji kepraktisan dari guru yaitu 98% (sangat baik) dan 94% (sangat baik). Disimpulkan video berbasis Powtoon valid dan praktis sehingga layak digunakan.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Komang Pradika Utama, Ndara Tanggu Renda , I Nyoman Laba Jayanta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)