Supervisi Kelas untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Melaksanakan Proses Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v3i3.53543Keywords:
Supervisi Kelas, Proses Pembelajaran, Kemampuan GuruAbstract
Pelaksanaan proses pembelajaran yang belum optimal, dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melaksanakan proses pembelajaran pada guru melalui penerapan supervisi kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Rancangan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan adalah guru yang jumlahnya 13 orang yang terdiri dari 3 orang guru laki-laki dan 10 orang guru perempuan. Data dikumpulkan dengan metode observasi dengan instrumen berupa lembar observasi. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan supervisi kelas dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini terlihat dari peningkatan kemampuan guru melaksanakan proses pembelajaran yaitu pada prasiklus tingkat kemampuan guru melaksanakan pembelajaran sebesar 66,15% yang tergolong cukup, pada siklus II menjadi 72,88% yang tergolong cukup, dan pada siklus II menjadi 78,40% yang tergolong baik.
References
Agung, A. A. G. (2015). Buku Ajar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.
Aina, T. (2020). Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas Melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i2.7894. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i2.7894
Ardana, P., Yudana, I. M., & Divayana, D. G. H. (2020). Kontribusi Sertifikasi Guru, Motivasi Kerja Dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 44–55. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3349. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3349
Chairilsyah Daviq. (2019). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 88–98. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3351. DOI: https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3351
Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: andi.
Eliningsih, E. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas Di Masa Pandemi Covid-19. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 6(1), 25–36. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v6i1.690. DOI: https://doi.org/10.47200/jnajpm.v6i1.690
Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373–384. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548
Fauzia, L. (2020). Implementasi Metode Learning Start With a Question Pada Pembelajaran Akidah Akhlak. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 240–269. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4199. DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4199
Kadarisman, J. (2020). Pelaksanaan Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan Model Pembelajaran Di SD Negeri 20 SKPG SP 1 Emparu. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 283–288. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.342. DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.342
Khofiatun, Akbar, S., & Ramli, M. (2016). Peran Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengemban, 1(5), 984 — 9 88. https://doi.org/10.17977/jp.v1i5.6336.
Ningrat, S. P., Agung, A. A. G., & Yudana, I. M. (2020). Kontribusi Etos Kerja, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja dan Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru Sd Gugus VII Kecamatan Mengwi. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 3(1), 54–63. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3169.
Nisa, N. Z., Sunandar, S., & Miyono, N. (2021). Pengaruh Supervisi Akademik Dan Iklim Organisasi Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru Sekolah Menengah Pertama Di Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 9(2). https://doi.org/10.26877/jmp.v9i2.8114. DOI: https://doi.org/10.26877/jmp.v9i2.8114
Nuraisah. (2019). Supervisi Kunjungan Kelas Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Mengajar Dengan Menggunakan Model Kooperatif. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(6). https://doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7897. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7897
Nuralan, S., & Daipatama, S. T. (2020). Analisis Proses Mengajar Guru Kelas Dalam Pembelajaran Luring Pada Masa Pandemi Covid - 19 Terhadap Siswa Tunagrahita Di Sekolah Luar Biasa Negeri Tolitoli. Nusantara: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 47–57.
Nurmala. (2021). Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sdn 17 Rupat Melalui Supervisi Akademik. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8582. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8582
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Edi, P. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972
Prihartini, Y., Buska, W., Hasnah, N., & Ds, M. R. (2019). Peran dan Tugas Guru dalam Melaksanakan 4 Fungsi Manajemen EMASLIM dalam Pembelajaran di Workshop. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 79–88. https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.327. DOI: https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.327
Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136. DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136
Rahayu, M., Yuniarsih, T., Disman, Sojanah, J., Nusannas, I. S., & Mutmainnah, D. (2020). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru pada Man 1 Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Visipena, 11(1), 99–115. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i2.1216. DOI: https://doi.org/10.46244/visipena.v11i2.1216
Rasyid, M. A. & Tanjung, H. (2020). Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru pada SMA Swasta Perkumpulan Amal Bakti 4 Sampali Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 60–74. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4698. DOI: https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4698
Riyadi, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Guru Mata Pelajaran Sejarah Dalam Merencanakan Dan Melaksanakan Pembelajaran Melalui Teknik Supervisi Kunjungan Kelas. JMSP: Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(1). Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/1852. DOI: https://doi.org/10.17977/um025v1i12016p024
Rochimi, I. F., & Suismanto, S. (2019). Upaya Guru Menanamkan Nilai-nilai Kedisplinan pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(4), 231–246. https://doi.org/10.14421/jga.2018.34-02. DOI: https://doi.org/10.14421/jga.2018.34-02
Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Studi Kasus Di Tk Muslimat Nu Maslakul Huda. Jurnal Reforma, 8(1), 173. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140. DOI: https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140
Rosidah, C. T., Amelia Widya Hanindita, Ida Sulistyawati, & Apri Irianto. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Bahan Ajar Daring di SDN Margorejo I Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur. Kanigara, 1(1), 23–31. https://doi.org/10.36456/kanigara.v1i1.3154. DOI: https://doi.org/10.36456/kanigara.v1i1.3154
Ruddamayanti. (2019). Pemanfaatan Buku Digital dalam Meningkatkan Minat Baca. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2, 1193–1202.
Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638. DOI: https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638
Sofnidar, S., & Yuliana, R. (2018). Pengembangan Media Melalui Aplikasi Adobe Flash Dan Photoshop Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 257–275. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6761. DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6761
Suchyadi, Y., Karmila, N., & Safitri, N. (2019). Kepuasan Kerja Guru Ditinjau Dari Peran Supervisi Kepala Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Bogor Utara. Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(2), 91–94. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i2.1453. DOI: https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i2.1453
Sukayana, I. W., Yudana, M., & Hendra Divayana, D. G. (2019). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Kertha Wisata Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 157–162. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2804. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2804
Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620. DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620
Yulianti, S. D., Djatmika, E. T., & Susanto, A. (2016). Pendidikan Karakter Kerja Sama Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Pada Kurikulum 2013. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 33–38. https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p033. DOI: https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p033
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ni Made Sudarmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)