Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Kriteria Ketuntasan Minimal melalui Penerapan Focus Group Discussion

Authors

  • Wayan Suniarta SD Negeri 1 Cempaga, Banjar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v3i3.53545

Keywords:

Focus Group Discussion, KKM, Kompetensi Guru

Abstract

Masih banyaknya guru yang belum mempunyai kemampuan yang seutuhnya dalam menentukan KKM atau Kriteria Ketuntasan Minimal berdampak terhadap proses penilaian guru. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk untuk meningkatkan kemampuan menyusun KKM pada guru setelah penerapan Focus Group Discussion. Subjek penelitian adalah guru yang berjumlah 8 orang yang terdiri guru laki-laki 4 orang dan guru perempuan 4 orang. Data kemampuan guru dalam menyusun KKM diperoleh melalui observasi dengan menggunakan instrumen observasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif disajikan dalam bentuk rata-rata nilai kemampuan guru dalam menyusun KKM. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan Focus Group Discussion dapat meningkatkan kemampuan Menyusun KKM pada guru. Hal ini terlihat dari rata-rata kemampuan guru menyusun KKM pada prasiklus sebesar 62,50, setelah tindakan pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 71,25 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 77,50.

References

Afriyanti, N., Handoyo, A. W., & Conia, P. D. D. (2022). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Focus Group Discussion (FGD) Untuk Meningkatkan Self Efficacy. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 7(2). Retrieved from https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bk/article/view/1378.

Agung Cahyoutomo. (2022). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal Melalui Workshop Di Uptd Sd Negeri Banyoneng Dajah 2 Kecamatan Geger Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Lampu, 8(2). https://doi.org/10.34557/jpl.v8i2.199.

Aprilia, W., Apreasta, L., & Prasetyo, D. E. (2021). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Model Problem Based Learning pada Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi Di Indonesia pada kelas IV Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 1(2), 48–54. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2084. DOI: https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2084

Arsyad, & Sulfemi, W. B. (2019). Pengaruh Kelompok Kerja Guru (KKG) Terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik dan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 53–58. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1522. DOI: https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1522

Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: andi.

Deviana, T., & Sulistyani, N. (2021). Implementasi Kuis Interaktif Berbasis Hots Berorientasi Kearifan Lokal Daerah Melalui Aplikasi Quizizz Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 159–173. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i1.8174. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i1.8174

Falakh, I., Ningrum, W. A., Muthoharoh, A., & Permadi, Y. W. (2021). Pengaruh Edukasi Metode FGD (Focus Group Discussion) Terhadap Pengetahuan Swamedikasi Antipiretik di Kabupaten Pemalang. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, 1. https://doi.org/10.48144/prosiding.v1i.636. DOI: https://doi.org/10.48144/prosiding.v1i.636

Fitriani, E., & Azhar. (2019). Layanan Informasi Berbasis Focus Group Discussion (FGD) dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 11(2). https://doi.org/10.31289/analitika.v11i2.2552. DOI: https://doi.org/10.31289/analitika.v11i2.2552

Friantary, H., & Martina, F. (2018). Evaluasi Implementasi Penilaian Hasil Belajar Berdasarkan Kurikulum 2013 oleh Guru Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia di MTS Ja-Alhaq Kota Bengkulu. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(2), 76–95. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i2.202. DOI: https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i2.202

Harun, L. (2020). Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Focus Group Discussion (FGD) Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Menarche. Dinamika Kesehatan: Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 11(2). https://doi.org/10.33859/dksm.v11i2.663.

Matra, I. K. (2020). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menganalisiskriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Melalui Bimbingan Individu. Jurnal Ilmiah Sangkareang Mataram, 6(4). Retrieved from https://sangkareang.org/index.php/SANGKAREANG/article/view/245.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context , Input , Process & Product ( CIPP ). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165. https://doi.org/10.5281/zenodo.3881891.

Rochmiyati. (2014). Dampak Kinerja Guru Dalam Forum Group Disccusion Terhadap Hasil Ujian Akhir Nasional. JUrnal Pendidikan Progresif, 4(1). Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jpp/article/view/7810/0.

Rokhmat. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (Kkm) Mapel Matematika Melalui Rapat Kerja Kkg Sekolah Di SD Negeri Tegalwangi 01. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 6(2). https://doi.org/10.24235/eduma.v6i2.2226. DOI: https://doi.org/10.24235/eduma.v6i2.2226

Suparwoto. (2022). Penerapan Metode Focused Group Discussion (FGD) Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Mengajar di SMPLB BCD YPAC Jember. SPEED Journal : Journal of Special Education, 5(2). https://doi.org/10.31537/speed.v5i2.630.

Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620. DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620

Umardani. (2021). Supervisi Pembelajaran Dengan Focus Group Discussion Meningkatan Kemampuan Guru-Guru Melaksanakan Proses Pembelajaran Dircovery. Daiwi Widya, 8(5). https://doi.org/10.37637/dw.v8i5.918. DOI: https://doi.org/10.37637/dw.v8i5.918

Wildan, W. (2017). Pelaksanaan Penilaian Autentik Aspek Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Di Sekolah Atau Madrasah. Jurnal Tatsqif, 15(2), 131–153. https://doi.org/10.20414/jtq.v15i2.3. DOI: https://doi.org/10.20414/jtq.v15i2.3

Wirayasa, I. D. G. P. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Ranah Kognitif Model 4d Pada Materi Sepak Bola Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, 8(3). DOI: https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33760

Downloads

Published

2022-09-25

How to Cite

Suniarta, W. . (2022). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Kriteria Ketuntasan Minimal melalui Penerapan Focus Group Discussion. Indonesian Journal of Instruction, 3(3), 150–157. https://doi.org/10.23887/iji.v3i3.53545