Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Kriteria Ketuntasan Minimal melalui Penerapan Focus Group Discussion
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v3i3.53545Kata Kunci:
Focus Group Discussion, KKM, Kompetensi GuruAbstrak
Masih banyaknya guru yang belum mempunyai kemampuan yang seutuhnya dalam menentukan KKM atau Kriteria Ketuntasan Minimal berdampak terhadap proses penilaian guru. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk untuk meningkatkan kemampuan menyusun KKM pada guru setelah penerapan Focus Group Discussion. Subjek penelitian adalah guru yang berjumlah 8 orang yang terdiri guru laki-laki 4 orang dan guru perempuan 4 orang. Data kemampuan guru dalam menyusun KKM diperoleh melalui observasi dengan menggunakan instrumen observasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif disajikan dalam bentuk rata-rata nilai kemampuan guru dalam menyusun KKM. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan Focus Group Discussion dapat meningkatkan kemampuan Menyusun KKM pada guru. Hal ini terlihat dari rata-rata kemampuan guru menyusun KKM pada prasiklus sebesar 62,50, setelah tindakan pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 71,25 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 77,50.
Referensi
Afriyanti, N., Handoyo, A. W., & Conia, P. D. D. (2022). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Focus Group Discussion (FGD) Untuk Meningkatkan Self Efficacy. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 7(2). Retrieved from https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bk/article/view/1378.
Agung Cahyoutomo. (2022). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal Melalui Workshop Di Uptd Sd Negeri Banyoneng Dajah 2 Kecamatan Geger Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Lampu, 8(2). https://doi.org/10.34557/jpl.v8i2.199.
Aprilia, W., Apreasta, L., & Prasetyo, D. E. (2021). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Model Problem Based Learning pada Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi Di Indonesia pada kelas IV Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 1(2), 48–54. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2084. DOI: https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2084
Arsyad, & Sulfemi, W. B. (2019). Pengaruh Kelompok Kerja Guru (KKG) Terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik dan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 53–58. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1522. DOI: https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1522
Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: andi.
Deviana, T., & Sulistyani, N. (2021). Implementasi Kuis Interaktif Berbasis Hots Berorientasi Kearifan Lokal Daerah Melalui Aplikasi Quizizz Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 159–173. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i1.8174. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i1.8174
Falakh, I., Ningrum, W. A., Muthoharoh, A., & Permadi, Y. W. (2021). Pengaruh Edukasi Metode FGD (Focus Group Discussion) Terhadap Pengetahuan Swamedikasi Antipiretik di Kabupaten Pemalang. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, 1. https://doi.org/10.48144/prosiding.v1i.636. DOI: https://doi.org/10.48144/prosiding.v1i.636
Fitriani, E., & Azhar. (2019). Layanan Informasi Berbasis Focus Group Discussion (FGD) dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 11(2). https://doi.org/10.31289/analitika.v11i2.2552. DOI: https://doi.org/10.31289/analitika.v11i2.2552
Friantary, H., & Martina, F. (2018). Evaluasi Implementasi Penilaian Hasil Belajar Berdasarkan Kurikulum 2013 oleh Guru Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia di MTS Ja-Alhaq Kota Bengkulu. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(2), 76–95. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i2.202. DOI: https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i2.202
Harun, L. (2020). Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Focus Group Discussion (FGD) Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Menarche. Dinamika Kesehatan: Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 11(2). https://doi.org/10.33859/dksm.v11i2.663.
Matra, I. K. (2020). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menganalisiskriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Melalui Bimbingan Individu. Jurnal Ilmiah Sangkareang Mataram, 6(4). Retrieved from https://sangkareang.org/index.php/SANGKAREANG/article/view/245.
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context , Input , Process & Product ( CIPP ). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165. https://doi.org/10.5281/zenodo.3881891.
Rochmiyati. (2014). Dampak Kinerja Guru Dalam Forum Group Disccusion Terhadap Hasil Ujian Akhir Nasional. JUrnal Pendidikan Progresif, 4(1). Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jpp/article/view/7810/0.
Rokhmat. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (Kkm) Mapel Matematika Melalui Rapat Kerja Kkg Sekolah Di SD Negeri Tegalwangi 01. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 6(2). https://doi.org/10.24235/eduma.v6i2.2226. DOI: https://doi.org/10.24235/eduma.v6i2.2226
Suparwoto. (2022). Penerapan Metode Focused Group Discussion (FGD) Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Mengajar di SMPLB BCD YPAC Jember. SPEED Journal : Journal of Special Education, 5(2). https://doi.org/10.31537/speed.v5i2.630.
Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620. DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620
Umardani. (2021). Supervisi Pembelajaran Dengan Focus Group Discussion Meningkatan Kemampuan Guru-Guru Melaksanakan Proses Pembelajaran Dircovery. Daiwi Widya, 8(5). https://doi.org/10.37637/dw.v8i5.918. DOI: https://doi.org/10.37637/dw.v8i5.918
Wildan, W. (2017). Pelaksanaan Penilaian Autentik Aspek Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Di Sekolah Atau Madrasah. Jurnal Tatsqif, 15(2), 131–153. https://doi.org/10.20414/jtq.v15i2.3. DOI: https://doi.org/10.20414/jtq.v15i2.3
Wirayasa, I. D. G. P. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Ranah Kognitif Model 4d Pada Materi Sepak Bola Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, 8(3). DOI: https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33760
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Wayan Suniarta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)