Implementasi Metode Resitasi dan Diskusi untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun RPP

Authors

  • I. A. Wayan Mayun Sriastiti SD Negeri 1 Petandakan, Buleleng, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v3i3.54173

Keywords:

Metode Resitasi, Metode Diskusi, Menyusun RPP

Abstract

Masih jarangnya dijumpai guru yang mau menyusun RPP sendiri untuk dilaksanakan pada kegiatan pembelajaran, serta menganggap RPP hanya sebagai pekengakp admistrasi saja, berpengaruh terhadap kemampuan guru dalam menysun RPP. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan  menyusun perencanaan pembelajaran pada guru melalui menerapkan metode resitasi dan diskusi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Rancangan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan adalah guru-guru yang jumlahnya 7 orang yang terdiri dari 3 orang guru laki-laki dan 4 orang guru perempuan. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa implementasi metode resitasi dan diskusi dapat meningkatkan kemampuan menyusun RPP pada guru. Hal ini terlihat berdasarkan adanya peningkatan kemampuan guru dalam menyusun RPP dengan nilai rata-rata dari prasiklus sebesar 70,48 meningkat pada siklus I menjadi 73,97 dan pada siklus II menjadi 77,78. Persentase kemampuan guru dalam menyusun RPP pada prasiklus sebesar 70,48% yang berada pada ketogori cukup, siklus I sebesar 73,97% yang berada pada kategori cukup, dan pada siklus II sebesar 77,78% yang berada pada kategori baik.

References

Abdurrahman, Jampel, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Journal of Education Technology, 4(1), 52. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24091. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24091

Achdiani, Y., & Rusliyani, A. (2017). Pengetahuan Keterampilan Dasar Mengajar dalam Menyiapkan Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Teknobuga, 5(2), 34–43. https://doi.org/10.1529/jtbb.v5i2.15368.

Alawiyah, S. (2021). Metode Resitasi dan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menulis Teks Editorial di Masa Pandemi Covid 19. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 15(1). https://doi.org/10.24905/cakrawala.v15i1.264.

Chairilsyah Daviq. (2019). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 88–98. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3351. DOI: https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3351

Corinorita. (2017). Pelaksanaan In House Training Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun RPP Di Sekolah Menengah Pertama. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(1), 117–122. https://doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i1.3054.

H. Karnedy Bolong. (2021). Penerapan Metode Diskusi Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pembuatan RPP di SMKN 3 Gowa. Jurnal Pedagogy, 8(4). https://doi.org/10.33394/jp.v8i4.4103. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v8i4.4103

Handayani, S. L., & Amirullah, G. (2019). Meningkatkan Pemahaman Guru Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Literasi, 4C, PPK dan HOTS. Jurnal SOLMA, 8(1), 14–23. https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.2949. DOI: https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.2949

Herlianto, J. I., Suwatno, S., & Herlina, H. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Smk Administrasi Perkantoran Di Smk Negeri 1 Ciamis. Jurnal MANAJERIAL, 17(1), 70. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9762. DOI: https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9762

Ida Ayu Putu Suci Lestari. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Dan Resitasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Tumbu Karangasem. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1). https://doi.org/10.25078/jpm.v4i1.398. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v4i1.398

Ismini, K. (2017). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP Melalui Supervisi Akademik yang Berkelanjutan di SDN 4 Sumberrejo Kabupaten Malang. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(2), 177 –194. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.940. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.940

Jatiningsih, O., Maya Mustika Kartika Sari, Habibah, S. M., Setyowati, R. N., Yani, M. T., & Adi, A. S. (2018). Penguasaan Kompetensi Profesional Guru oleh Mahasiswa Peserta Praktik pengalaman pembelajaran. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 170–179. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.17291. DOI: https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.17291

Kamza, M., Ibrahim, H., & Lestari, A. I. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi dengan Tipe Buzz Group Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. JURNAL BASICEDU (Research & Learning in Elementary Education), 5(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1347. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1347

Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 25–30. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.668. DOI: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.668

Lesmana, A., & Aminatun, T. (2019). Keefektifan Model Problem Posing Dipadu Metode Resitasi terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan : Teori , Penelitian Dan Pengembangan, 4(5), 580 — 585. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i5.12414. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i5.12414

Made Sri Marheni. (2022). Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun RPP melalui Supervisi Akademik Berkelanjutan. Jear: Journal of Educational Action Research, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44468. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44468

Murti. (2018). Peningkatan Kemampuan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Metode Resitasi. E-Journal STKIP Medern Ngawi, 4(1). https://doi.org/10.37471/jpm.v4i1.49.

Najmiah, S. (2021). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP melalui Supervisi Akademik yang Berkelanjutandi MA Darul Inabah. Indonesian Journal of Educational Development, 2(3), 482–490. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681443. DOI: https://doi.org/10.31851/sj.v3i2.5327

Ni Made Rusmiati. (2022). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn Siswa Kelas VI Melalui Metode Diskusi Kelompok Kecil. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 36–42. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45486. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45486

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Edi, P. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972

Retno, T., Murniasih, & Fayeldi, T. (2017). Metode Resitasi U ntuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Pemrograman Komputer. Jurnal Edukasi, 6(1), 8–12. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i1.5083. DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i1.5083

Rokhmat. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (Kkm) Mapel Matematika Melalui Rapat Kerja Kkg Sekolah Di SD Negeri Tegalwangi 01. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 6(2). https://doi.org/10.24235/eduma.v6i2.2226. DOI: https://doi.org/10.24235/eduma.v6i2.2226

Suadnyana, I. N., Wiyasa, I. K. N., Ardana, I. K., Putra, D. K. N. S., & Wulandari, I. G. A. A. (2017). Pelatihan Penyusunan Rpp Tematik Integratif Menggunakan Pendekatan Saintifik Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Gugus Viii Abiansemal Badung Tahun Pelajaran 2015/2016. International Journal of Community Service Learning, 1(1), 63–66. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i1.11908. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i1.11908

Surata, I. K., Sudiana, I. M., & Sudirgayasa, I. G. (2020). Meta-Analisis Media Pembelajaran pada Pembelajaran Biologi I Ketut Surata I Made Sudiana I Gede Sudirgayasa. Journal of Education Technology, 4(1), 22–27. http://dx.doi.org/10.23887/jet.v4i1.24079. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24079

Susi Alawiyah. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Menulis Teks Editorial Di Masa Pandemi COVID 19 Dengan Menggunakan Metode Resitasi. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 15(1), 28–40. https://doi.org/10. 24905/cakrawala.v15i1.1 804. DOI: https://doi.org/10.24905/cakrawala.v15i1.264

Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Bahan Manajemen Pendidikan, 9(2), 58–64. https://doi.org/10.24036/jbmp.v9i2. DOI: https://doi.org/10.24036/jbmp.v9i2

Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620. DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620

Wahyuningsih, S., & Susanti, R. D. (2020). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Calon Guru Madrasah Ibtidaiyyah Di Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Project-Based Learning. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 1–18. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.6384. DOI: https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.6384

Widyaningrum, W., Sondari, E., & Mulyati. (2019). Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru di Abad 21 Melalui Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 35-44.

Yulianto, M., & Putri, D. A. P. (2020). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Iklim dan Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 20(02), 143–148. https://doi.org/10.23917/emitor.v20i02.9088. DOI: https://doi.org/10.23917/emitor.v20i02.9088

Zubaidiah Usman. (2020). Pembimbingan Menggunakan Metode Diskusi dan Tugas Individu Guru Binaan dalam Menyusun RPP Kurikulum Taman Kanak-Kanak. Jurnal Kinerja Kependidikan, 2(2). Retrieved from https://ojs.serambimekkah.ac.id/JKK/article/view/1999.

Downloads

Published

2022-09-25

How to Cite

Sriastiti, I. A. W. M. . (2022). Implementasi Metode Resitasi dan Diskusi untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun RPP. Indonesian Journal of Instruction, 3(3), 114–124. https://doi.org/10.23887/iji.v3i3.54173