Implementasi Metode Resitasi dan Diskusi untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun RPP
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v3i3.54173Keywords:
Metode Resitasi, Metode Diskusi, Menyusun RPPAbstract
Masih jarangnya dijumpai guru yang mau menyusun RPP sendiri untuk dilaksanakan pada kegiatan pembelajaran, serta menganggap RPP hanya sebagai pekengakp admistrasi saja, berpengaruh terhadap kemampuan guru dalam menysun RPP. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyusun perencanaan pembelajaran pada guru melalui menerapkan metode resitasi dan diskusi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Rancangan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan adalah guru-guru yang jumlahnya 7 orang yang terdiri dari 3 orang guru laki-laki dan 4 orang guru perempuan. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa implementasi metode resitasi dan diskusi dapat meningkatkan kemampuan menyusun RPP pada guru. Hal ini terlihat berdasarkan adanya peningkatan kemampuan guru dalam menyusun RPP dengan nilai rata-rata dari prasiklus sebesar 70,48 meningkat pada siklus I menjadi 73,97 dan pada siklus II menjadi 77,78. Persentase kemampuan guru dalam menyusun RPP pada prasiklus sebesar 70,48% yang berada pada ketogori cukup, siklus I sebesar 73,97% yang berada pada kategori cukup, dan pada siklus II sebesar 77,78% yang berada pada kategori baik.
References
Abdurrahman, Jampel, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Journal of Education Technology, 4(1), 52. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24091. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24091
Achdiani, Y., & Rusliyani, A. (2017). Pengetahuan Keterampilan Dasar Mengajar dalam Menyiapkan Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Teknobuga, 5(2), 34–43. https://doi.org/10.1529/jtbb.v5i2.15368.
Alawiyah, S. (2021). Metode Resitasi dan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menulis Teks Editorial di Masa Pandemi Covid 19. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 15(1). https://doi.org/10.24905/cakrawala.v15i1.264.
Chairilsyah Daviq. (2019). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 88–98. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3351. DOI: https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3351
Corinorita. (2017). Pelaksanaan In House Training Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun RPP Di Sekolah Menengah Pertama. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(1), 117–122. https://doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i1.3054.
H. Karnedy Bolong. (2021). Penerapan Metode Diskusi Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pembuatan RPP di SMKN 3 Gowa. Jurnal Pedagogy, 8(4). https://doi.org/10.33394/jp.v8i4.4103. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v8i4.4103
Handayani, S. L., & Amirullah, G. (2019). Meningkatkan Pemahaman Guru Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Literasi, 4C, PPK dan HOTS. Jurnal SOLMA, 8(1), 14–23. https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.2949. DOI: https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.2949
Herlianto, J. I., Suwatno, S., & Herlina, H. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Smk Administrasi Perkantoran Di Smk Negeri 1 Ciamis. Jurnal MANAJERIAL, 17(1), 70. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9762. DOI: https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9762
Ida Ayu Putu Suci Lestari. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Dan Resitasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Tumbu Karangasem. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1). https://doi.org/10.25078/jpm.v4i1.398. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v4i1.398
Ismini, K. (2017). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP Melalui Supervisi Akademik yang Berkelanjutan di SDN 4 Sumberrejo Kabupaten Malang. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(2), 177 –194. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.940. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.940
Jatiningsih, O., Maya Mustika Kartika Sari, Habibah, S. M., Setyowati, R. N., Yani, M. T., & Adi, A. S. (2018). Penguasaan Kompetensi Profesional Guru oleh Mahasiswa Peserta Praktik pengalaman pembelajaran. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 170–179. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.17291. DOI: https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.17291
Kamza, M., Ibrahim, H., & Lestari, A. I. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi dengan Tipe Buzz Group Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. JURNAL BASICEDU (Research & Learning in Elementary Education), 5(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1347. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1347
Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 25–30. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.668. DOI: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.668
Lesmana, A., & Aminatun, T. (2019). Keefektifan Model Problem Posing Dipadu Metode Resitasi terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan : Teori , Penelitian Dan Pengembangan, 4(5), 580 — 585. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i5.12414. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i5.12414
Made Sri Marheni. (2022). Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun RPP melalui Supervisi Akademik Berkelanjutan. Jear: Journal of Educational Action Research, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44468. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44468
Murti. (2018). Peningkatan Kemampuan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Metode Resitasi. E-Journal STKIP Medern Ngawi, 4(1). https://doi.org/10.37471/jpm.v4i1.49.
Najmiah, S. (2021). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP melalui Supervisi Akademik yang Berkelanjutandi MA Darul Inabah. Indonesian Journal of Educational Development, 2(3), 482–490. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681443. DOI: https://doi.org/10.31851/sj.v3i2.5327
Ni Made Rusmiati. (2022). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn Siswa Kelas VI Melalui Metode Diskusi Kelompok Kecil. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 36–42. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45486. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45486
Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Edi, P. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972
Retno, T., Murniasih, & Fayeldi, T. (2017). Metode Resitasi U ntuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Pemrograman Komputer. Jurnal Edukasi, 6(1), 8–12. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i1.5083. DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i1.5083
Rokhmat. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (Kkm) Mapel Matematika Melalui Rapat Kerja Kkg Sekolah Di SD Negeri Tegalwangi 01. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 6(2). https://doi.org/10.24235/eduma.v6i2.2226. DOI: https://doi.org/10.24235/eduma.v6i2.2226
Suadnyana, I. N., Wiyasa, I. K. N., Ardana, I. K., Putra, D. K. N. S., & Wulandari, I. G. A. A. (2017). Pelatihan Penyusunan Rpp Tematik Integratif Menggunakan Pendekatan Saintifik Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Gugus Viii Abiansemal Badung Tahun Pelajaran 2015/2016. International Journal of Community Service Learning, 1(1), 63–66. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i1.11908. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i1.11908
Surata, I. K., Sudiana, I. M., & Sudirgayasa, I. G. (2020). Meta-Analisis Media Pembelajaran pada Pembelajaran Biologi I Ketut Surata I Made Sudiana I Gede Sudirgayasa. Journal of Education Technology, 4(1), 22–27. http://dx.doi.org/10.23887/jet.v4i1.24079. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24079
Susi Alawiyah. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Menulis Teks Editorial Di Masa Pandemi COVID 19 Dengan Menggunakan Metode Resitasi. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 15(1), 28–40. https://doi.org/10. 24905/cakrawala.v15i1.1 804. DOI: https://doi.org/10.24905/cakrawala.v15i1.264
Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Bahan Manajemen Pendidikan, 9(2), 58–64. https://doi.org/10.24036/jbmp.v9i2. DOI: https://doi.org/10.24036/jbmp.v9i2
Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620. DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620
Wahyuningsih, S., & Susanti, R. D. (2020). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Calon Guru Madrasah Ibtidaiyyah Di Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Project-Based Learning. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 1–18. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.6384. DOI: https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.6384
Widyaningrum, W., Sondari, E., & Mulyati. (2019). Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru di Abad 21 Melalui Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 35-44.
Yulianto, M., & Putri, D. A. P. (2020). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Iklim dan Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 20(02), 143–148. https://doi.org/10.23917/emitor.v20i02.9088. DOI: https://doi.org/10.23917/emitor.v20i02.9088
Zubaidiah Usman. (2020). Pembimbingan Menggunakan Metode Diskusi dan Tugas Individu Guru Binaan dalam Menyusun RPP Kurikulum Taman Kanak-Kanak. Jurnal Kinerja Kependidikan, 2(2). Retrieved from https://ojs.serambimekkah.ac.id/JKK/article/view/1999.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 I. A. Wayan Mayun Sriastiti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)