Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Authors

  • Edy Sutrisno SD Negeri 3 Kaliasem, Banjar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v3i3.54230

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Rendahnya ketertarikan siswa terhadap pelajaran matematika, berpengaruh terhadap hasil belajar yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa setelah diterapkan model pembelajaran problem-based learning. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Rancangan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VI yang jumlahnya 24 orang yang terdiri dari perempuan 11 orang dan laki-laki 13 orang. Penelitian yang akan dilakukan difokuskan pada satu objek. Objek penelitian ini adalah hasil belajar Matematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan satu metode, yaitu metode tes. Dengan jenis tes isian. Setelah data terkumpul kemudia dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada prasiklus dengan rata-rata 62,92 (kategori kurang), siklus I dengan rata-rata 69,58 (kategori cukup), meningkat lagi menjadi 79,17 (kategori baik) pada siklus II.

References

Alfianiawati, T., Desyandri, & Nasrul. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran ISD di Kelas V SD. Ejournal Pembelajaran Inovasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(3), 1–10. DOI: https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i1.106194

Amida, N., Supriyanti, F. M. T., & Liliasari. (2021). Pengembangan Modul Praktikum Kinetika Enzim Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 10–14. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.10-14. DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.10-14

Arta, I. M., Japa, I. G. ., & Sudarma, I. K. (2020). Problem Based Learning Berbantuan Icebreaker Berpengaruh Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 264–272. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25435.

Aspini. (2020). Implementasi Pembelajaran PBL Berbantuan Media Kartu Soal Untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS Pada Siswa Kelas VI SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 72–79. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27087. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27087

Asriningtyas, A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. JKPM: Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 23–32. https://doi.org/10.26714/jkpm.5.1.2018.23-32. DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2226

Astuti, T. P. (2019). Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.9. DOI: https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.9

Ayu, S., Pinatih, C., Kt, D. B., & Semara, N. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 115–121. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32279

Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: andi.

Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846

Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 27–35.

Hasanah, Z., Tenri Pada, A. U., Safrida, S., Artika, W., & Mudatsir, M. (2021). Implementasi Model Problem Based Learning Dipadu LKPD Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 65–75. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18134. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18134

Herlina, M., Syahfitri, J., & Ilista, I. (2020). Perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif dengan model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 5(01), 42–54. https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.666. DOI: https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.666

Husnidar, H., & Hayati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 67–72. https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.811. DOI: https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.811

Jayadiningrat, M. G., & Ati, E. K. (2018). Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 1. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i1.14133. DOI: https://doi.org/10.23887/jpk.v2i1.14133

Kristyowati, R. (2018). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Sekolah Dasar Berorientasi Lingkungan. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018, 282–288.

Kurniati, D., Khairil, K., & Darwin, C. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PBL dengan Media Audio Visual di SMP Negeri 6 Bengkulu Tengah. Seminar Nasional Sains …, (2014), 1–7.

Kurniawan, I. K., Parmiti, D., & Kusmariyatni, N. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 80. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28959. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28959

Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran IPA Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333

Nurdiansyah, dan Amalia, F. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Pgmi Umsida, 1, 1–8.

Panjaitan, S. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas II A SDN 78 Pekanbaru. Riau. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 6(1). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i1.4105. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i1.4105

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921

Primayanti, P. E., Suarjana, I. M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh Model Pbl Bermuatan Kearifan Lokal terhadap Sikap Sosial dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V di Gugus V Kecamatan Sukasada. Thinking Skills and Creativity Journal, 1(2), 86. https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20417. DOI: https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20417

Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context , Input , Process & Product ( CIPP ). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165. https://doi.org/10.5281/zenodo.3881891.

Sari, D. S., & Sugiyarto, K. H. (2015). Pengembangan Multimedia Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 153–166. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7501. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7501

Siringo-ringo, S., Boiliu, E. R., & Manullang, J. (2021). Studi Deskriptif Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is a Teacher Here Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Tingkat SMA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 2020–2035. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1599. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1599

Umbara, I. A. A. P., Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(2), 13–25. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154

Wahyuni, & Dkk. (2018). Penerapan Model PBL Berbantuan Role Playing untuk Meningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 356–363. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16152

Wedhi Prayuda, S., Wasitohadi, W., & Sri Rahayu, T. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Muatan Ipa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Audio Visual Dan Gambar Pada Siswa Kelas 4 Sdn Bringin 01. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 01. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.399. DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.399

Downloads

Published

2022-09-25

How to Cite

Sutrisno, E. . (2022). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 3(3), 103–113. https://doi.org/10.23887/iji.v3i3.54230