Dampak Positif Model Pembelajaran Talking Stick dalam Meningkatkan Kompetensi Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • I Kadek Angga Rusdiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Maria Goreti Rini Kristiantari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v4i3.60972

Keywords:

Kompetensi Bahasa, Model Pembelajaran, Talking Stick

Abstract

Kompetensi berbahasa yang baik harus dikuasi sejak dini, sehingga keluarga dan sekolah sangat berperan penting untuk membantu siswa agar dapat menguasi kompetensi berbahasa yang baik. Namun, pada kenyataannya kompetensi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap kompetensi Bahasa Indonesia di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain non-equivalent post test only control group design. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes isian yang dianalisis menggunakan teknik analisis statistika deskriptif dan analisis bivariat uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa skor kompetensi kelompok eksperimen bernilai statistik Mo>Md>M berkategori sangat baik. Skor kompetensi kelompok kontrol bernilai statistik Mo<Md<M berkategori cukup. Berdasarkan analisa deskriptif hasil post-test kelompok eksperimen memiliki rata-rata skor yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Hasil Independent t-test menunjukkan bahwa nilai siginifikansi sebesar 0,000 (lebih kecil dari 0,05) sehingga secara deskriptif dan statistika bivariat dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Talking Stick mampu mempengaruhi peningkatan kompetensi Bahasa Indonesia siswa.

References

Agustiari, N. P. S., Ganing, N. N., & Wiyasa, I. K. N. (2021). Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Buku Cerita Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 30–37. https://doi.org/10.23887/jmt.v1i1.35519.

Aloahyt, Z., Taher, D. M., & Mas’ud, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terintegrasi Saintifik Berbantuan Media Charta Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 16 Halmahera Selatan. Jurnal Bioedukasi, 5(2). https://doi.org/10.33387/bioedu.v5i2.5353.

Anwar, S. (2021). Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 62–76. https://doi.org/10.55080/jpn.v1i1.7.

Apriyani, L., Rabani, L., & M, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Narasi Melalui Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (Pq4r) Siswa Kelas Vb Sdn 4 Ranomeeto. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 18. https://doi.org/10.36709/jipsd.v2i1.13694.

Arfa, U., Agustan Arifin, A., & Abdurahman, N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Permainan Telepon Kaleng Sebagai Media Pembelajaran Di Kelompok a Paud Negeri Pembina 1 Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 4(2), 15–36. https://doi.org/10.33387/cp.v4i2.5338.

Faradita, M. N. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Type Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 47–58. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2349.

Galand, P. B. J., Setiawati, R., & Wahyuningsih, Y. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Talking Stick dalam Mewujudkan Hasil Belajar yang Meningkat pada Mata Pelajaran IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11641.

Gysberthus, X. M., Sakinah, R., Wihdati, D., Veniayu, S. C., & Ramadhani, I. (2023). Perbandingan Prestasi Belajar Siswa di SMAN 4 Kota Jambi dan SMAN 3 Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 13(April), 139–148. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.

Hardjono, H. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Seni Budaya Materi Gerak Tari sesuai dengan Level dan Pola Lantai dengan Media Audio Visual pada Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 1 Bendungan Kabupaten Trenggalek. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 3(Vol 3 No 1 (2023): Volume 3 Nomor 1, Maret 2023), 114–121. https://doi.org/10.28926/jtpdm.v3i1.822.

Hastuti, V. Y., Rahayu, T. S., & . W. (2019). Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Talking Stick dengan Pendekatan Saintifik. Jear: Journal of Educational Action Research, 3(2). https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17306.

Hidayah, E. N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Melalui Model Pembelajaran Talking Stick. 272 Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(2), 271–284. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i2.40759.

Juariyah, A. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menggunakan Ungkapan melalui Model Pembelajaran Talking Stick pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 1. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(5), 863–872. https://doi.org/10.55927/fjas.v1i5.1604.

Kamarudin, Irwan, I., & Daud, F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pkn. Jurnal Basicedu, 5(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1059.

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(2). https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8.

Mardhotillah, S., Surya, Y. F., & Zulfah, Z. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Story Telling untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis karangan Narasi Peserta Didik Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 2(1), 262–269. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1229.

Maria, S. K. (2020). Penggunaan Media Kartu Kata untuk Meningkatkan Kemampuan membaca Padaa Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Edudikara: Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 34–41. https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i1.178.

Megawati, N. M. P., Suarni, N. K., & Sulastri, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3). https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15728.

Muna, K. N., & Wardhana, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi dengan Model Addie pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Perkenalan Diri dan Keluarga Untuk Kelas 1 SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 175–183. https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p175-183.

Murniati, & Marliati. (2022). Analisis Kemampuan Pengucapan Mufrodat ( Kosakata ) Bahasa Arab Kelas Viii Mts Al Ikhlas Donggo. Pendidikan Bahasa Arab Dan Pengajarannya, 6(1), 83–96. https://doi.org/10.52266/al-afidah.v6i1.891.

Mustafa, P. S. (2022). Peran Pendidikan Jasmani untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 68–80. https://doi.org/10.5281/zenodo.6629984.

Norawati, S., Afrizal, & Arman. (2022). Peranan Internal Locus of Control Sebagai Variabel Intervening Pada Pengaruh Kompetensi, Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. ECo-Fin, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.32877/ef.v4i1.454.

Purnamayanti, N. K. D., & Tegeh, I. M. (2020). Teknik Numbered Heads Together dan Teknik Talking Stick dalam Lesson Study Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pedaagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 259–268. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26073.

Rani, Ardana, & Negara. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Tradisional Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3). https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21676.

Riswiarti, L. (2021). Peningkatan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas 1 dengan Media Kartu Kata Bergambar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Kebonagung 03 Tahun Pelajaran 2020/2021. Educatif Journal of Education Research, 3(2), 15–30. https://doi.org/10.36653/educatif.v3i2.44.

Simaremare, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bergambar Pada Materi “Teks Percakapan” Pada Siswa Kelas V SD ST. Yoseph Medan. Edukasi Kultura : Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 1(2). https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.11771.

Sizi, Y., Bare, Y., & Galis, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMP Kelas VIII. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 2(1). https://doi.org/10.55241/spibio.v2i1.30.

Sunardi. (2023). Effectiveness Of Role Playing Models On Story Telling Skills Of Elementary School Students. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 87–107. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p87-107.

Downloads

Published

2023-09-25

How to Cite

Rusdiana, I. K. A. ., & Kristiantari, M. G. R. . (2023). Dampak Positif Model Pembelajaran Talking Stick dalam Meningkatkan Kompetensi Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 4(3), 152–162. https://doi.org/10.23887/iji.v4i3.60972