Media Kartu Kata Bergambar: Solusi Penguasaan Kosakata Umum pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Made Desy Ariani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Maria Goreti Rini Kristiantari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Komang Ngurah Wiyasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.68308

Keywords:

Kartu Kata Bergambar, Kosakata, Bahasa Indonesia

Abstract

Masih banyak siswa yang belum menguasai kosakata umum muatan bahasa Indonesia dengan baik, sehingga hal tersebut akan dapat menghambat siswa dalam berbahasa dan berkomunikasi. Kajian ini mempunyai tujuan mencari tahu pengaruh media pembelajaran kartu kata bergambar terhadap penguasaan kosakata umum muatan bahasa Indonesia siswa kelas II SD. Jenis kajian ini ialah eksperimen semu dengan desain non-equivalent control group design. Populasi kajian ini sebanyak 124 peserta didik dengan sampel penelitian 53 peserta didik. Metode pengumpulan data mempergunakan metode tes pilihan ganda. Analisis data mempergunakan analisis statistik inferensial (uji-t) dengan rumus polled varians. Kajian ini memperoleh temuan nilai rerata kelas eksperimen unggul dibanding rata-rata kelas control. Pengujian hipotesis didapat t-hitung (8,78) > t-tabel (1,67) Sig 5% dengan dk = 51, maka Ho ditolak H1 diterima. Sehingga ada perbedaan signifikan penguasaan kosakata umum muatan bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang dibelajarkan mempergunakan media pembelajaran kartu kata bergambar dengan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan media pembelajaran kartu kata bergambar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwasanya media pembelajaran kartu kata bergambar memiliki pengaruh secara signifikan terhadap penguasaan kosakata umum muatan bahasa Indonesia siswa kelas II SD.

Published

2024-01-31

How to Cite

Ariani, N. M. D., Kristiantari, M. G. R., & Wiyasa, I. K. N. (2024). Media Kartu Kata Bergambar: Solusi Penguasaan Kosakata Umum pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 5(1). https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.68308