E-Modul Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Berbasis Profil Pelajar Pancasila untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.77144Keywords:
E-Modul, Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan PancasilaAbstract
Penerapan kurikulum merdeka khususnya pada kelas VI, mengakibatkan guru perlu melakukan tahap penyesuaian terhadap materi pembelajaran dengan karakteristik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul mata pelajaran Pendidikan Pancasila berbasis Profil Pelajar Pancasila pada Siswa Kelas VI sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey. Data dikumpulkan melalui tes objektif pilihan ganda dan kuesioner. Metode analisis data juga kualitatif dan kuantitatif. Uji efektivitas melibatkan semua siswa di kelas VI sekolah dasar yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancang bangun media e-modul mata pelajaran Pendidikan Pancasila berbasis Profil Pelajar Pancasila pada siswa kelas VI sekolah dasar telah sesuai dengan tahapan pengembangan Dick and Carey. Selain itu, e-modul Pendidikan Pancasila memiliki kelayakan sebesar 93,33% dalam uji ahli isi muatan pelajaran, 91,66% dalam uji ahli bahasa, 96,66% dalam uji ahli media pembelajaran, dan 97,22% dalam uji ahli desain instruksional. Hasil uji efektivitas yang dianalisis menggunakan statistik inferensial dari teknik uji-t menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Selain itu, nilai post-test siswa lebih besar dari KKTP. Secara keseluruhan, produk ini memiliki kemampuan untuk menarik siswa untuk belajar, meningkatkan nilai, dan menjadi inspirasi bagi pengembangan media pembelajaran baru.
References
Aisy, D. R., Farida, F., & Andriani, S. (2020). Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software Dengan Pendekatan Saitifik Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv). Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 61–71. https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1499.
Arianda, F., Efriyanti, L., Zakir, S., & Khairuddin, K. (2023). Perancangan E-Tajwid Berbasis Android Di RTQ (Rumah Tahfiz Qur’an) Raudhatul As Salimy Gobah Tilatang Kamang. Jurnal Media Infotama, 19(2), 538–543. https://doi.org/10.37676/jmi.v19i2.4772.
Aryani, E. D., Fadjrin, N., Azzahro’, T. A., & Fitriono, R. A. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pendidikan Karakter. Gema Keadilan, 9(3). https://doi.org/10.14710/gk.2022.16430.
Dany, S. A., Putri, N. A., Karimah, N., & Marini, A. (2023). Pembelajaran Ppkn Untuk Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(8), 997–1008. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i8.5721.
Dila Rukmi Octaviana, Sutomo, M., & Mashudi. (2022). Model Pembelajaran Dick And Carey Serta Implementasinya Dalam Pembelajaran Pai. Jurnal Tawadhu, 6(2), 114–126. https://doi.org/10.52802/twd.v6i2.344.
Djadjuli, D. (2018). Peran pemerintah dalam pembangunan ekonomi daerah. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 5(2), 8–21. https://doi.org/10.25157/dinamika.v5i2.1409.
Fausih, M., & Danang, T. (2015). Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan Lan (Local Area Network)” Untuk Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di Smk Nengeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal UNESA, 01(01), 1–9. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/10375.
Hadi, W., Prihasti, E., Yuhdi, A., & Agustina, R. (2022). Desain Pembelajaran Diferensiasi Bermuatan Problem Based Learning (Pbl) Mendukung Critical Thinking Skill Siswa Pada Era Kenormalan Baru Pascapandemi Covid-19. Basastra, 11(1), 56. https://doi.org/10.24114/bss.v11i1.33852.
Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587.
Hayatun Nupus, Agus Triyogo, A. V. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Buku Pendamping Tematik Terpadu Berbasis Kontekstual pada Siswa Sekolah Dasar. 5(5), 6. https://doi.org/DOI:https://doi.org/10.31004/basicedu.
Junia, N. M. I., & Sujana, I. W. (2023). Perancangan dan Implementasi Video Profile PerusahaE-Modul Interaktif Berbasis Profil Pelajar Pancasila Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Kekayaan Budaya Indonesia Bagi Siswa Kelas IV SDan di Laboratorium Klinik Osmaro. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 130–139. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.60243.
Komang, N., Satya, N., Kadek, N., & Raditya, H. (2022). Pembelajaran Bahasa Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In Seminar Pembelajaran Bahasa Sebagai Penguat Profil Pelajar Pancasila: Vol. Pedalitra (pp. 130–134). https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/pedalitra/article/view/2312.
Lestari, H. D., & Parmiti, D. P. (2020). Pengembangan E-Modul IPA Bermuatan Tes Online untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 73–79. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095.
Madhakomala, Aisyah, L., Rizqiqa, F. N. R., Putri, F. D., & Nulhaq, S. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 8(2), 162–172. https://doi.org/10.55210/attalim.v8i2.819.
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392.
Murdani, M. H., Sukardi, S., & Handayani, N. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1745–1753. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.775.
Mustafa. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis Pendekatan Matematika Realistik untuk Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Dimensi Matematika, 04(1), 270–283. https://doi.org/10.33059/jdm.v4i01.3955.
Mutmainnah, Aunurrahman, & Warneri. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 5(3), 1625–1631. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.952.
Nisa, S. K., Yoenanto, N. H., & Nawangsari, N. A. F. (2023). Hambatan dan Solusi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Jenjang Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Literatur. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 287–298. https://doi.org/10.58230/27454312.231.
Oktarina, S., & Ahmad, F. (2023). Implementasi Nilai Pancasila Sebagai Landasan Moral Dalam Membangun Karakter Generasi Muda Indonesia di Era Globalisasi. The Indonesian Journal Of Politics And Policy (IJPP), 5(1), 182–191. https://doi.org/10.35706/ijpp.v5i1.9324.
Oktaviani, A. M., Marini, A., & Zulela MS, Z. M. (2023). Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Tehadap Hasil Belajar IPS Ditinjau Dari Perbandingan Kurikulum 2013. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 341–346. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4590.
Pawero, A. M. D. (2021). Arah Baru Perencanaan Pendidikan dan Implikasinya Terhadap Kebijakan Pendidikan. Dirasah, 4(1), 16–32. https://doi.org/10.29062/dirasah.v4i1.177.
Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921.
Prasarti, S., & Prakoso, E. T. (2020). Karakter dan perilaku milineal: peluang atau ancaman bonus demografi. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 10–22. https://doi.org/10.33369/consilia.v3i1.11981.
Pratama, D. P. A., & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Handout Digital Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 15. https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i1.25327.
Putri, A., & Ferazona, S. (2024). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran Couple Card dalam mata pelajaran IPA materi sistem pernapasan untuk kelas VIII SMP Kota Pekanbaru Tahun Ajaran 2023/2024. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(3), 376–381. https://doi.org/10.35335/cendikia.v14i3.4636.
Putri, L. S., Setiani, Y., & Santosa, C. A. H. F. (2023). E-Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Bermuatan Pengetahuan Budaya Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 880–890. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5002.
Qoyyim, A. I., Widiasanti, I., & Saleh, R. (2024). Analisis Kebutuhan Peserta Didik Sebagai Acuan Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan Di SMKN 6 Kota Bekasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 789–798. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12464.
Rahma, M., Susanti, R., & Melilinda. (2023). Meningkatkan Mutu Peserta Didik Melalui Pengimplementasian Nilai-Nilai Pancasila Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Jurnal Adijaya Multidisplin, 1(1), 64–75.
Ramadhani, I. K., & Rosy, B. (2023). The Development of Augmented Reality (AR) Based Learning Modules in Office Technology and Correspondence Subjects. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 11(2), 99–108. https://doi.org/10.26740/jpap.v11n2.p99-108.
Renggani, S. A., & Priyanto, W. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas 4 SD. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 233–241. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.8115.
Rizki, M., & Listiara, A. (2015). Penyesuaian Diri dan School Well-Being pada Mahasiswa. Seminar Psikologi & Kemanusiaan, 978–979. https://mpsi.umm.ac.id/files/file/524-528 Maulidina.pdf.
Rusnaini, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249. https://doi.org/10.22146/jkn.67613.
Setyowati, E., Hidayati, I. S., & Hermawan, T. (2020). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika Di Mts Darul Ulum Muhammadiyah Galur. Intersections, 5(2), 26–37. https://doi.org/10.47200/intersections.v5i2.553.
Siregar, N. H. (2020). Pengembangan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dilakukan Melalui Peningkatan Profesionalitas Guru. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1). https://doi.org/10.30596/jppp.v1i1.4454.
Violadini, R., & Mustika, D. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Metode Inkuiri pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1210–1222. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.899.
Waruwu, R., Anas, N., & Rohani, R. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Pernapasan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 10(2), 1054. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v10i2.6295.
Wicaksono, Y. S. (2016). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Rangka Meningkatkan Semangat Kerja dan Kinerja Karyawan (Studi di SKM Unit V PT. Gudang Garam, Tbk Kediri). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1). https://doi.org/10.26905/jbm.v3i1.71.
Widiastuti, N. L. G. K. (2021). E-Modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 435. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.37974.
Yolanda, F., & Wahyuni, P. (2022). Pengembangan Buku Ajar Program Linier pada Mahasiswa Pendidikan Matematika. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(1), 61–74. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5744.
Yuliawati, L., Aribowo, D., & Abi Hamid, M. (2020). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran e-modul berbasis adobe flash pada mata pelajaran pekerjaan dasar elektromekanik. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 5(1), 35–42. https://doi.org/10.25273/jupiter.v5i1.6197.
Yuni Khoiriyah, I., Mahanani, P., & Mardiana, L. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Muatan Matematika Menggunakan Media Pembelajaran “Roda Bangun Datar” Di Kelas III Upt SD Negeri Kaliboto Kabupaten Blitar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5428–5438. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8927.
Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). IbM Guru Dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal. Dedikasi, Vol. 13, 39. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/dedikasi.v13i0.3136.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Komang Triana Saputra, Ni Wayan Suniasih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)