Model Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v5i3.81572Keywords:
Problem Based Learning, Audio Visual, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar IPAAbstract
Keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar masih rendah, ini dikarenakan pembelajaran IPA masih disajikan secara abstrak. Terlebih lagi guru kurang menarik dalam mengemas model pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan. Serta dalam penerepan pembelajaran di sekolah masih dilakukan secara konvensional dan kurang interaktif. Sehingga tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media audio visual terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Metode penelitian ini berupa kuantitatif dengan menggunakan eksperimen semu (Quasi Eksperimen) berdesain Non Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi kajian berjumlah 76 siswa, dengan penentuan sampel dengan teknik Intac Group Random Sampling. Data yang dikumpulkan dengan metode tes berbentuk uraian, masing-masing instrumen berujmlah 10 soal. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial (Uji-t dan Manova). Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh X pada Y1 dengan nilai thitung untuk keterampilan berpikir kritis sebesar 16,100 > ttabel 1,666 dan pada Y2 dengan nilai thitung untuk hasil belajar IPA sebesar 14,278 > ttabel 1,666. Selain itu, dilihat dari analisis uji Manova nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka simpulannya terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio visual terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Desak Gede Hari Gopi Chandan, I Ketut Gading, I Gusti Ayu Tri Agustiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)