Metode Studi Kasus Berbasis Animasi Pembelajaran Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Muatan Segi Empat Kelas IV Sekolah Dasar

Penulis

  • Kadek Dwi Prawira Utama Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Kadek Suartama Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Gede Wira Bayu Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i3.85738

Kata Kunci:

Studi Kasus, Matematika, Kompetensi Pengetahuan

Abstrak

Permasalahn yang terjadi pada pembelajaran matematika di sekolah dasar yakni kurangnya penggunaan media elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode studi kasus berbasis animasi pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan matematika materi segi empat di antara kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan menggunakan desain Pretest-Postest Control Group. Kelas IV dipilih sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol secara yang di peroleh dengan teknik random class sampling dengan undian. Pengumpulan data menggunakan tes objektif piliha gada sebayak 20 soal yang sudah divalidasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t (Independent Sampling). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam kompetensi pengetahuan Matematika antara kedua kelompok, dengan thitung sebesar 4,420 melebihi ttabel sebesar 2,00 (t-hitung > t-tabel). Oleh karena itu, hipotesis H0 ditolak dan hipotesis Ha diterima, menunjukkan adanya perbedaan kompetensi pengetahuan Matematika kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini memberikan kontribusi sebagai referensi tambahan bagi penelitian serupa di masa mendatang.

Diterbitkan

2025-01-02

Cara Mengutip

Utama, K. D. P. ., Suartama, I. K. ., & Bayu, G. W. . (2025). Metode Studi Kasus Berbasis Animasi Pembelajaran Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Muatan Segi Empat Kelas IV Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 5(3). https://doi.org/10.23887/iji.v5i3.85738

Terbitan

Bagian

Articles