Metode Studi Kasus Berbasis Animasi Pembelajaran Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Muatan Segi Empat Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v5i3.85738Kata Kunci:
Studi Kasus, Matematika, Kompetensi PengetahuanAbstrak
Permasalahn yang terjadi pada pembelajaran matematika di sekolah dasar yakni kurangnya penggunaan media elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode studi kasus berbasis animasi pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan matematika materi segi empat di antara kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan menggunakan desain Pretest-Postest Control Group. Kelas IV dipilih sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol secara yang di peroleh dengan teknik random class sampling dengan undian. Pengumpulan data menggunakan tes objektif piliha gada sebayak 20 soal yang sudah divalidasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t (Independent Sampling). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam kompetensi pengetahuan Matematika antara kedua kelompok, dengan thitung sebesar 4,420 melebihi ttabel sebesar 2,00 (t-hitung > t-tabel). Oleh karena itu, hipotesis H0 ditolak dan hipotesis Ha diterima, menunjukkan adanya perbedaan kompetensi pengetahuan Matematika kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini memberikan kontribusi sebagai referensi tambahan bagi penelitian serupa di masa mendatang.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Kadek Dwi Prawira Utama, I Kadek Suartama, Gede Wira Bayu
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)