Kontribusi Disiplin Kerja dan Resiliensi Terhadap Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v1i3.32776Keywords:
Disiplin Kerja, Resiliensi, Kinerja GuruAbstract
Sulitnya mempertahankan kinerja guru disebabkan oleh berkurangnya kesadaran guru untuk mempertahankan disiplin kerja dalam mengemban seluruh tugas dan tanggung jawab serta menurunnya resiliensi karena banyaknya tekanan dan permasalahan yang harus dihadapi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran kontribusi disiplin kerja dan resiliensi terhadap kinerja guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan seluruh populasi digunakan sebagai sampel berjumlah 32 orang dan teknik sampling yang digunakan yaitu sampling total. Pengumpulan data dilakukan dengan metode non tes melalui pencatatan dokumen untuk data kinerja guru dan menggunakan instrumen kuesioner untuk data disiplin kerja dan resiliensi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan inferensial dengan teknik analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat kontribusi yang signifikan disiplin kerja terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,6529 dan kontribusi sebesar 29,21%, (2) terdapat kontribusi yang signifikan resiliensi terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,6637 dan kontribusi sebesar 30,97%, (3) terdapat kontribusi yang signifikan disiplin kerja dan resiliensi terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi 0,7758 dan kontribusi sebesar 60,18%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan disiplin kerja dan resiliensi terhadap kinerja guru, sehingga disiplin kerja dan resiliensi secara bersama-sama dapat meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini terimplikasi sebagai sumbangan informasi mengenai disiplin kerja dan resiliensi dalam kaitannya dengan kinerja guru.
References
Adib, F., & Santoso, B. (2016). Upaya Penigkatan Prestasi Belajar Siswa Dengan Disiplin Kerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 198–203. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3388. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3388
Ahmad, L. O. I. (2017). Konsep Penilaian Kinerja Guru Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 133–142. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i1.4133. DOI: https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i1.4133
Akbar, Z., & Pratasiwi, R. (2017). Resiliensi Diri Dan Stres Kerja Pada Guru Sekolah Dasar. JPPP - Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 6(2), 107–112. https://doi.org/10.21009/jppp.062.08. DOI: https://doi.org/10.21009/JPPP.062.08
Akbar, Z., & Tahoma, O. (2018). Dukungan Sosial Dan Resiliensi Diri Pada Guru Sekolah Dasar. JPPP - Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 7(1), 53–59. https://doi.org/10.21009/jppp.071.07. DOI: https://doi.org/10.21009/JPPP.071.07
Ardana, P., Yudana, I. M., & Divayana, D. G. H. (2020). Kontribusi Sertifikasi Guru, Motivasi Kerja Dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 42–53.
Astuti, A. D. (2017). Pengaruh motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja guru SD di Kabupaten Cilacap. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(2), 150–160. https://doi.org/10.21831/amp.v5i2.13931. DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v5i2.13931
Catio, M., & Sunarsi, D. (2020). Analisa Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru (SMK Sasmita Jaya 1 Pamulang Kota Tangerang Selatan). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 17(02), 16–26. https://doi.org/10.25134/equi.v17i02.ABSTRACT. DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v17i02.2708
Fatimah, N. (2018). Pengaruh Resiliensi Dan Jiwa Enterpreneurship Terhadap Prestasi Kerja. Jurnal Media Mahardhika, 16(2), 193–201.
Hadiati, E. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Mts Se- Kota Bandar Lampung. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 8(1), 50–65. DOI: https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i1.3078
Herdiyanti, E., Novianti, R., & Puspitasari, E. (2018). Hubungan Motivasi Kerja Dengan Resiliensi Pendidik TK di Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 16–30. https://doi.org/10.19016/jcshokuriku.3.0_1 DOI: https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.1988
Ideswal, Yahya, & Alkadri, H. (2019). Kontribusi Iklim Sekolah Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 460–466. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.381
Karim, A. (2020). Hubungan Disiplin Kerja Dan Sikap Inovatif Dengan Kinerja Guru Sma Negeri 14 Medan. Jurnal Ilmiah METADATA, 1(2), 1–16. https://doi.org/10.47652/metadata.v1i2.8. DOI: https://doi.org/10.47652/metadata.v1i2.8
Kresnapati, P. (2017). Kontribusi Disiplin Kerja, Supervisi Akademik Dan Partisipasi Guru (Mgmp) Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Penjasorkes Smkdi Kabupaten Pekalongan. Jurnal Jendela Olahraga, 2(2), 70–76. https://doi.org/10.26877/jo.v2i2.1704. DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v2i2.1704
Melati, R., Awasinombu, A. H., Patwayati, Madi, R. A., Sinarwaty, & Amstrong, V. (2019). Pengaruh Dimensi Modal Psikologis Terhadap Kinerja Karyawan Engaruh Dimensi Modal Psikologis Terhadap Kinerja Karyawan Outsourcing Pada Kantor Pln Rayon Wua-Wua Kendari Outsourcing Pada Kantor Pln Rayon Wua-Wua Kendari Rima. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 11(2), 18–29.
Nashtya, A. D., & Baidun, A. (2018). Pengaruh Work Family Conflict, Modalpsikologis Dan Variabel Demografis Terhadap Kinerja Guru. Journal of Psychology, 22(1), 137–150. https://doi.org/10.15408/tazkiya.v22i1.8165. DOI: https://doi.org/10.15408/tazkiya.v22i1.8165
Ningrat, S. P., Agung, A. A. G., & Yudana, I. M. (2020). Kontribusi Etos Kerja, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru Sd Gugus Vii Kecamatan Mengwi. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 54–64. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3349
Nurfarhana, A., Abdillah, A., & Prasetyono, H. (2017). Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Disiplin Kerja Guru Smkn 1 Depok Dan Smks Yapan Indonesia Anna. Research and Development Journal Of Education, 4(1), 3–22. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v4i1.2065
Oupen, S. M., Agung, A. A. G., & Yudana, I. M. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Disiplin Kerja, Dan Motivasi Kerja, Terhadap Komitmen Organisasional Guru SD. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 32–41. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3167
Pahlevi, R., Yuwono, D., Sugiharto, P., & Jafar, M. (2017). Prediksi Self-Esteem, Social Support dan Religiusitas terhadap Resiliensi. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 90–93.
Purwoko, S. (2018). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komitmen guru, disiplin kerja guru, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 149–162. https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.8467. DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.8467
Santoso, M. R., & Jatmika, D. (2017). Hubungan Resiliensi Dengan Work Engagement Pada Agen Asuransi Pt X. Jurnal Ecopsy, 4(2), 117–123. DOI: https://doi.org/10.20527/ecopsy.v4i2.3853
Shoim, I., Kustiyah, E., & Sudarwati. (2019). Analisis Motivasi, Kompetensi, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Smp Al-Islam 1 Surakarta. Journal Edunomika, 03(1), 168–192. DOI: https://doi.org/10.29040/jie.v3i01.478
Sudika, I. W., Dantes, N., & Natajaya, N. (2018). Hubungan Sikap Profesional Guru, Disiplin Kerja, Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Mengwi. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 9(1), 44–54. https://doi.org/10.23887/japi.v9i1.2735. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v9i1.2735
Sumali, A., & Pratama, A. Y. (2019). Pengaruh Komunikasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SDN Parakan - Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah, Manajemen Sumber Daya Manusia, 2(3), 436–446. DOI: https://doi.org/10.32493/JJSDM.v2i3.3018
Widati, M. A., & Muafi. (2020). Analisis Pengaruh Makna Kerja dan Resiliensi Terhadap Intention To Leave yang Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja. Jurnal Bisnis Teori Dan Implementasi, 11(2), 149–166. DOI: https://doi.org/10.18196/bti.112137
Widiawati, K. (2016). Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Dan Komunikasi Mempengaruhi Disiplin Kerja Guru Di SMKN 6 Kota Bekasi. Jurnal Administrasi Kantor, 4(2), 393–417.
Wijania, I. W. (2017). Kontribusi Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(4), 176–184. DOI: https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i2.12934
Winesa, S. A., & Saleh, A. Y. (2020). Resiliensi sebagai Prediktor Teacher Well-Being ( Resilience as a Predictor of Teacher Well-Being ). Mind Set: Jurnal Ilmiah Psikologi, 11(2), 116–128.
Zaman, N., & Tjahjaningsih, E. (2017). Pengaruh Modal Psikologi dan Organizational Citizenship Behavior Terhadap Kinerja Dimediasi oleh Kepuasan Kerja. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 24(1), 50–61.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)