Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Storytelling dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v3i2.49164Keywords:
Paired Story Telling, Hasil Belajar, Bahasa IndonesiaAbstract
Rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia dan kurangnya kemampuan menyimak siswa merupakan masalah dari penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak model pembelajaran kooperatif tipe Paired Story Telling terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan non-equivalent Post-test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Kelas V SD berjumlah 132 siswa dari lima Sekolah.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan media tes dengan instrumen tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda berjumlah 40 soal. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe paired story telling terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD. Selain itu, kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe paired story telling berbantuan memiliki rata-rata skor hasil belajar Bahasa Indonesia lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe paired story telling berpengaruh positif terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD. Implikasi penelitian ini diharapkan dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe paired story telling, dapat membantu siswa dalam belajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
References
Barnawi, & Arie Pratama, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tipe Bercerita Berpasangan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia The Application of Paired Story Type Learning Models to Improve Reading Ability in Indonesian Lessons. Action Research Journal Indonesia, 1(4), 178–190.
Daulay, M., I., & Daulay, H., Y. (2021). Penerapan Pembelajaran Tematik Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 272–281.
Dewi, N. R., Savitri, E. N., Taufiq, M., & Khusniati, M. (2018). Using science digital storytelling to increase students’ cognitive ability. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1006, pp. 1–5). Institute of Physics Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1006/1/012020. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1006/1/012020
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633
Heriwan, D., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 673–680. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.416. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.416
Hesti Resmi, S. (2019). Penerapan Model Paired Storytelling dalam Pembelajaran Bercerita. Journal of Education Action Research, 3(2), 100–107. https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17265.
Jannah, M., & Darwis, U. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Paired Storytelling Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas IV SD Al-Washliyah 43 Firdaus. EduGlobal: Jurnal Penelitian …, 01(01), 1–16.
Khairoes, D., & Taufina, T. (2019). Penerapan Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1038–1046. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.220. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.220
Lestari, D., Pratiwi, A. S., & Sunanih, S. (2020). Metode Pembelajaran Paired Storytelling Berbantuan Pop-Up Book Efektif Meningkatkan Keterampilan Bercerita. Mimbar Ilmu, 25(3), 440–448. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.28914.
Mardhotillah, S., Surya, Y. F., & Zulfah, Z. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Story Telling untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis karangan Narasi Peserta Didik Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 2(1), 262–269. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1229. DOI: https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1229
Nainggolan, D. H., Sidabalok, N. E., & Aritonang, E. (2022). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Elektriese: Jurnal Sains Dan Teknologi Elektro, 12(01), 1–6. https://doi.org/10.47709/elektriese.v12i01.1552. DOI: https://doi.org/10.47709/elektriese.v12i01.1552
Ningsih, S. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Storytelling Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MI Nurul Qur’an Tahun Pelajaran 2019/2020. Journal of Chemical Information and Modeling, 21(1), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.tmaid.2020.101607. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tmaid.2020.101607
Prasetiyo, B., Setyowati, D. L., & Pranoto, Y. K. S. (2019). Paired Storytelling Technique Assisted with Wayang Kancil in Enhancing Democratic Attitude of Elementary Students. Journal of Primary Education, 8(8), 215–220. https://doi.org/10.15294/JPE.V10I2.34452.
Purbiyanti, E. D., Wasino, W., & Nuryatin, A. (2017). Keefektivan Penerapan Model Role Playing dan Paired Storytelling terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS. Journal of Primary Education, 6(1), 57–64. https://doi.org/10.15294/JPE.V6I1.14597.
Ramadhania, J., & Kristiantari, M. R. (2020). Paired Storytelling Learning Model Assisted By Paper Puppet Media On Students’ Speaking Skills. Journal of Education Technology, 4(4), 524–530. https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.27108. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.27108
Rosdiana, E., Kusmariyatni, N. N., & Widiana, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Storytelling Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sd. Keterampilan Menyimak, 08(03), 11. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.826.
Safirah, E., Amirullah, A., & Bustan, B. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Storytelling Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas X IIS 2 di Madrasah Aliyah Negeri 2. Attoriolong, 18(2), 110–120.
Sari, P. A. P. (2020). Hubungan Literasi Baca Tulis Dan Minat Membaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 141–152. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24324.
Simaremare, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bergambar Pada Materi “Teks Percakapan” Pada Siswa Kelas V SD ST. Yoseph Medan. Edukasi Kultura : Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 1(2). https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.11771. DOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.11771
Suandewi, P. M., Putrayasa, I. B., & Gunatama, G. (2019). Hubungan Budaya Literasi (Baca-Tulis) Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Xisma Negeri 7 Denpasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20453. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20453
Suciati, S., Septiana, I., & Untari, M. F. A. (2015). Penerapan Media Monosa (Monopoli Bahasa) Berbasis Kemandirian Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 175–188. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i2.1328. DOI: https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i2.1328
Suryani, R., Pranoto, S., & Astuti, B. (2020). The Effectiveness of Storytelling and Roleplaying Media in Enhancing Early Childhood Empathy. Journal of Primary Education, 9(5), 546–553. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i5.43532. DOI: https://doi.org/10.15294/jpe.v9i5.43532
Suryaning Hesti Resmi. (2019). Penerapan Model Paired Storytelling dalam Pembelajaran Bercerita. Jear: Journal of Educational Action Research, 3(2), 100–107. https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17265. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17265
Susilo, S. V., & Ramdiati, T. (2019). Penerapan Model Multiliterasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Persuasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1199. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1199
Sylvia, R. I. (2019). Analisis Keterampilan Berbicara Berbasis Paired Storytelling (Bercerita Berpasangan) Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Siswa Kelas V SD Negeri 2 Mojoarum Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pena SD, 5(1), 47–52.
Wahyuni, W. D., Suhartono, E., & Al Atok, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Berbicara Di Depan Kelas Melalui Model Pembelajaran Storytelling Improving Speaking Ability In Front Of The Class Through Storytelling Learning Model. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(1).
Zephisius Rudiyanto Eso Ntelok. (2021). Peran Guru Kelas Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 5(2), 148–155. https://doi.org/10.36928/jipd.v5i2.861. DOI: https://doi.org/10.36928/jipd.v5i2.861
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Risma Damayanti, Kadek Yudiana, Putu Aditya Antara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)