Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v3i3.53544Kata Kunci:
Metode Diskusi, Hasil Belajar, Pembelajaran TematikAbstrak
Penggunaan metode ceramah berpengaruh terhadap keaktifan serta rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa setelah diterapkan metode diskusi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dalam pelaksanaannya dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi/evaluasi dan tahap refleksi. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa yang jumlahnya 21 orang yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada prasiklus dengan rata-rata 63,81 (kategori kurang), siklus I dengan rata-rata 73,81 (kategori cukup), meningkat menjadi lagi menjadi 79,01 (kategori baik). Sehingga kedepannya diharapkan guru mampu memilih metode yang sesuai dengan karakteristik siswa agar dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Referensi
Aguswandi. (2018). Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Pada Mata Pelajaran Matematika Dan Pkn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn 006 Koto Inuman Kecamatan Inuman. Jurnal PAJAR, 2(1). https://doi.org/10.33578/pjr.v2i1.4878. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v2i1.4878
Anshory, I. (2020). Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kurikulum 2013 di Kelas Rendah SD Muhammadiyah 07 Wajak. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4 Nomor1, 3546. https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.4936. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.4936
Candra, A. M., & Rahayu, T. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2311–2321. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1212. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1212
Chaerunisa, Z., Latief, J., Muhammadiyah, U., & Hamka, P. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar IPS di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2952–2960. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1043. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1043
Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: andi.
Dessiane, S. T., & Kristin, F. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosialpembelajaran Tematik Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 6(1), 21–26. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v6i1.2310.
Fatimah, S. (2019). Penerapan Metode Diskusi Pada Materi Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Sdn Akkor Palengaan. SIGEA, 4(2). https://doi.org/10.0324/sigma.v4i2.594.
I Wayan gabra. (2019). Optimalisasi Penerapan Metode Belajar Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Pokok Kasus Pelanggaran Ham. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(1), 90–96. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17614. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17614
Irwan. (2018). Penerapan Metode Diskusi dalam Peningkatan Minat Belajar. IQRO: Journal of Islamic Education, 1(1). https://doi.org/10.24256/iqro.v1i1.312. DOI: https://doi.org/10.24256/iqro.v1i1.312
Kelirik, N. (2018). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar Negeri 1 Sukadana. Jurnal IKA, 16(1). https://doi.org/10.23887/ika.v16i1.19821. DOI: https://doi.org/10.23887/ika.v16i1.19821
Moma. (2017). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Melalui Metode Diskusi. Cakrawala Pendidikan, 36(1), 130–139. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.10402
Ni Made Rusmiati. (2022). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn Siswa Kelas VI Melalui Metode Diskusi Kelompok Kecil. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 36–42. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45486. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45486
Novika Auliyana, S., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796.
Nuraini, L. (2019). Integrasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Matematika Sd/Mi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2). https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4873. DOI: https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4873
Nurul Khoiriyah Hulawa. (2021). Peningkatan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits Melalui Metode Diskusi Pada Siswa Kelas XI MAN 1 Kota Gorontalo Tahun pelajaran 2020/2021. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3). https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1231-1236.2021. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1231-1236.2021
Pujiastuti, I. (2017). Pengaruh Metode Diskusi Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Semantik Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Umrah Tahun Akademik 2014/2015. BAHASTRA, 37(2). https://doi.org/10.26555/bahastra.v37i2.6855. DOI: https://doi.org/10.26555/bahastra.v37i2.6855
Suandi, I. N. (2022). Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 6(1), 135–140. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.45083. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.45083
Suratijo. (2015). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Inkuiri Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMA N 1 Penengahan Tahun Pelajaran 2013/2014. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi FKIP UM, 6(2). https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v6i2.337. DOI: https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v6i2.337
Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Bahan Manajemen Pendidikan, 9(2), 58–64. https://doi.org/10.24036/jbmp.v9i2. DOI: https://doi.org/10.24036/jbmp.v9i2
Suwardi, I., & Farnisa, R. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181–202. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758. DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758
Syafridas. (2018). Penggunaan Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran Ips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 018 Pulau Kijang Kecamatan Reteh. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(3). https://doi.org/10.33578/pjr.v2i3.5553. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v2i3.5553
Widiartini, P. D. O., Putra, M., & Manuaba, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3. http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19476. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19476
Widjanarko, P. (2016). Pendidikan Seni Bermain dan Bernyanyi Anak Usia Dini. JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 1(1), 25–31. https://doi.org/10.33061/ad.v1i1.1206.
Wulandini, N. P. W., Wiweka, I. W. E., & Bayu, G. W. (2021). Efektivitas Metode Diskusi Pada Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 143–149. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.35938.
Yulianti, S. D., Djatmika, E. T., & Susanto, A. (2016). Pendidikan Karakter Kerja Sama Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Pada Kurikulum 2013. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 33–38. https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p033. DOI: https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p033
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Ni Luh Gede Sudarsih
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)