PhET Interactive Simulations Berbasis Inquiry Terbimbing Untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Asam Basa
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v4i2.60456Kata Kunci:
PhET Interactive Simulations, Hasil Belajar, Inquiry TerbimbingAbstrak
Setiap teknik penilaian yang digunakan harus mengikuti prosedur operasional. Apabila pelaksanaan teknik tersebut tidak memenuhi prosedur operasional maka pendidik memilih cara lain sebagai alternatif untuk memenuhi penilaian tersebut agar pembelajaran tetap berjalan sesuai program. Salah satu alternatif untuk keterampilan laboratorium Kimia dapat menggunakan Phet Simulations chemistry yaitu PhET Interactive Simulations. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penggunaan PhET interactive simulations berbasis inquiry terbimbing sebagai alternatif keterampilan laboratorium untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar kimia pada materi asam basa siswa kelas XI. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek pada penelitian ini adalah siswa Kelas XI berjumlah 31 orang. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan metode tes Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan nilai hasil belajar siswa mengalami kenaikan sebesar 5,74% dari kondisi awal sedangkan nilai keterampilan siswa pada unjuk kerja mengalami kenaikan 6,85% dari keadaan awal. Hasil simulasi siklus II menunjukkan terjadi kenaikan 6,48% dari siklus I sedangkan nilai keterampilan siswa mengalami kenaikan sebesar 12,57% dari siklus I. Pada siklus II terlihat lebih nyata perubahan nilai siswa. Simpulan penelitian yaitu penggunaan PhET Interactive Simulation sebagai alternatif keterampilan Laboratorium dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar pada pembelajaran Kimia siswa Kelas XI.
Referensi
Adnyana, P. B., & Citrawathi, D. M. (2017). The Effectiveness of Question-Based Inquiry Module in Learning Biological Knowledge and Science Process Skills. International Journal of Environmental & Science Education, 12(8), 1871–1878. http://www.ijese.net/makale/1947.html.
Andriani, M., Muhali, M., & Dewi, C. A. (2019). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Kontekstual Untuk Membangun Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Asam Basa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 7(1), 25. https://doi.org/10.33394/hjkk.v7i1.1653. DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v7i1.1653
Anisa, V. M., & Astriani, D. (2022). Implementation of PhET simulation with discovery learning model to improve understanding of dynamic electricity concepts. Jurnal Pijar Mipa, 17(3), 292–301. https://doi.org/10.29303/jpm.v17i3.3438. DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v17i3.3438
Antara, I. P. P. A. (2022). Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Pokok Bahasan Termokimia. Journal of Education Action Research, 6(1), 15–21. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44292. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44292
Azizah, M., Rofian, & Sholikhah, I. R. (2021). Penggunaan Media Montase untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGusseda), 04(01), 65–69. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v4i1.3279. DOI: https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i1.3279
Defianti, A., Hamdani, D., & Syarkowi, A. (2021). Penerapan metode praktikum virtual berbasis simulasi phet berbantuan guided-inquiry module untuk meningkatkan pengetahuan konten fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11(1), 47–55. https://doi.org/10.23887/jjpf.v11i1.33288. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpf.v11i1.33288
Effendi, R., Herpratiwi, & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846
Firman, M. A., Ertikanto, C., & Abdurrahman, A. (2019). Description of meta-analysis of inquiry-based learning of science in improving students’ inquiry skills. Journal of Physics: Conference Series, 1157(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022018. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022018
Galih, D., Wulandari, R., & Mustadi, A. (2019). Comparison of Discovery and Inquiry Model: Which Model is More Effective in Natural Science (IPA) Learning. International Journal of Educational Research Review, 4, 711–718. https://doi.org/10.24331/IJERE.628710. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.628710
Gumilar, R. P., & Wardani, S. (2019). The Implementation of Guided Inquiry Learning Models on The Concept Mastery, Scientific Attitude, and Science Process Skill. Journal of Primary Education, 8(5), 148-`154. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/29256.
Haniffudin, N., & Diah, S. (2013). Pengaruh Variasi Temperatur Karbonisasi dan Karbon Aktif Tempurung Kelapa dan Kapasitansi Electric Double Layer Capacitor (EDLC). Jurnal Teknik Pomits, 2(1), F-13-F-17. https://doi.org/10.12962/j23373539.v2i1.2197.
Juwairiah, J., Riana, M., & Windiani, W. (2022). Digitization of laboratory equipment using PhET simulation media in applied chemistry practicum. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 5(2), 169–173. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v5i2.131. DOI: https://doi.org/10.33122/ijtmer.v5i2.131
Kartika, Y. K., & Rakhmawati, F. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Menggunakan Model Inquiry Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2515–2525. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1627. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1627
Kua, M. Y., Suparmi, N. W., & Laksana, D. N. L. (2021). Virtual Physics Laboratory with Real World Problem Based on Ngada Local Wisdom in Basic Physics Practicum. Journal of Education Technology, 5(4), 520–530. https://doi.org/10.23887/jet.v5i4.40533. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v5i4.40533
Lestari, D. D., & Muchlis, M. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berorientasi Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 25–33. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987. DOI: https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987
Linda, R. (2018). The Effect Of Prezy And Exe-Learning Media On Chemical Learning Results. EDUSAINS, 10(1). https://doi.org/10.15408/es.v10i1.7204. DOI: https://doi.org/10.15408/es.v10i1.7204
Mardika, I. K. (2020). Upaya meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar kimia melalui penerapan model pembelajaran inkuiri. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 1(2), 311–321. https://doi.org/10.5281/zenodo.4006135.
Nahak, R. L., & Bulu, V. R. (2020). Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu lembar kerja siswa berbasis saintifik terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 230–237. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2369. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2369
Pandaleke, M., Munzil, M., & Sumari, S. (2020). Pengembangan Media Pelajaran Kelas Flipped Berbasis Animasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kimia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 387. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13293. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13293
Perkins, K. (2020). Transforming STEM learning at scale: PhET interactive simulations. Childhood Education, 96(4), 42–49. https://doi.org/10.1080/00094056.2020.1796451. DOI: https://doi.org/10.1080/00094056.2020.1796451
Prasasti, D. E., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). Peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar matematika melalui model discovery learning di kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 174–179. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/113. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.98
Prima, E. C., Putri, A. R., & Rustaman, N. (2018). Learning solar system using PhET simulation to improve students’ understanding and motivation. Journal of Science Learning, 1(2), 60. https://doi.org/10.17509/jsl.v1i2.10239. DOI: https://doi.org/10.17509/jsl.v1i2.10239
Putra, R. D., Rinanto, Y., Dwiastuti, S., & Irfa, I. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2015 / 2016 The Increasing of Students Creative Thinking Ability Through of Inquiry Learni. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 330–334.
Putri, D. P. E., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif kimia berbasis android menggunakan prinsip mayer pada materi laju reaksi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 38–47. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.13752. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.13752
Rahmawati, Y., Zulhipri, Z., Hartanto, O., Falani, I., & Iriyadi, D. (2022). Students’ conceptual understanding in chemistry learning using PhET interactive simulations. Journal of Technology and Science Education, 12(2), 303–326. https://doi.org/10.3926/jotse.1597. DOI: https://doi.org/10.3926/jotse.1597
Ramadhani, L. F., Imaya M. Nurjannah, Ratna Yulistiani, & Erwan A. Saputro. (2020). Review: teknologi aktivasi fisika pada pembuatan karbon aktif dari limbah tempurung kelapa. Jurnal Teknik Kimia, 26(2), 42–53. https://doi.org/10.36706/jtk.v26i2.518. DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v26i2.518
Ristiyani, E., & Bahriah, E. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa di SMAN X Kota Tanggerang Selatan. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 18–29. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i1.431. DOI: https://doi.org/10.30870/jppi.v2i1.431
Salame, I. I., & Makki, J. (2021). Examining the use of PhEt simulations on students’ attitudes and learning in general chemistry II. Interdisciplinary Journal of Environmental and Science Education, 17(4), e2247. https://doi.org/10.21601/ijese/10966. DOI: https://doi.org/10.21601/ijese/10966
Sari, D. P. (2018). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Pedagogi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 131–134.
Saudelli, M. G., Kleiv, R., Davies, J., Jungmark, M., & Mueller, R. (2021). PhET Simulations in Undergraduate Physics: Constructivist Learning Theory in Practice. Brock Education Journal, 31(1). https://doi.org/10.26522/brocked.v31i1.899. DOI: https://doi.org/10.26522/brocked.v31i1.899
Verawati, S., Prayogi, S., Gummah, A., Muliadi, M. Y., & Yusup. (2019). The Effect of Conflict-Cognitive Strategy in Inquiry Learning towards Pre-Service Teachers’ Critical Thinking Ability. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(4), 529 – 537. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i4.21002. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v8i4.21002
Widani, N. K. T., Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Dan Sikap Ilmiah Pada Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal of Education Technology, 3(1), 15. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959
Wijaya, S., & Handayani, S. L. (2021). Pengaruh Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2521–2529. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1227
Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi kelarutan untuk meningkatkan performa akademik siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10289. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10289
Z Pasaribu, M., & Nainggolan, B. (2022). Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Sma pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(3), 378–388. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i3.561. DOI: https://doi.org/10.36418/jiss.v3i3.561
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Anak Agung Putri Warsiki
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)