Mengatasi Kesulitan Membaca pada Siswa Kelas III dengan Menggunakan Media Scramble

Penulis

  • Dini Aprilia Kartika Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Sahkholid Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.81535

Kata Kunci:

Kesulitan Membaca, Media Scramble, Bahasa Indonesia

Abstrak

Media scramble merupakan media inovatif yang memberikan kesempatan pada siswa untuk berlatih dan bereaksi dalam menyusun kata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media scramble pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam mengatasi kesulitan membaca pada anak didik kelas III. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pre eksperiment dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 23 siswa, yang terdiri dari 12 laki-laki dan 11 perempuan. Sampel penelitian ini berasal dari populasi yang kurang dari lima puluh orang. Data dikumpulkan melalui metode tes. Instrumen yang digunakan merupakan penekanan latihan 5 soal berupa permainan yang dikerjakan secara random. Dengan analisis menggunakan aplikasi SPSS dengan menggunakan analisis statistik deskriptif disertai dengan pengujian normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa nilai tertinggi pada postest adalah 90, dan sedangkan nilai terendah 60 dan dengan rata-rata pada postest adalah 78, 09 yaitu diatas KBM. Sedangkan nilai signifikansi pada uji t terhadap pretest dan postest adalah 0,000. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media scramble berpengaruh dalam mengatasi kesulitan membaca pada siswa kelas III.

Referensi

Albina, M., Safi’i, A., Gunawan, M. A., Wibowo, M. T., Sitepu, N. A. S., & Ardiyanti, R. (2022). Model Pembelajaran Di Abad Ke 21. Warta Dharmawangsa, 16(4), 939–955. https://doi.org/10.46576/wdw.v16i4.2446.

Anas, N., & Sapri, S. (2022). Komunikasi Antara Kognitif dan Kemampuan Berbahasa. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(1), 1. https://doi.org/10.30821/eunoia.v1i1.997.

Darlis, A., Alwi, H., Hasibuan, B., Syuhada, M. A., & Miftahuljannah, V. (2023). Inovasi Kurikulum dan Peningkatan Profesionalitas Guru. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 22(2), 473–479. https://doi.org/10.47467/mk.v22i2.3122.

Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532.

Eggers, J. H., Oostdam, R., & Voogt, J. (2021). Self-regulation strategies in blended learning environments in higher education: A systematic review. Australasian Journal of Educational Technology, 37(6), 175–192. https://doi.org/10.14742/ajet.6453.

Fauzi, C., & Basikin. (2020). The Impact of the Whole Language Approach Towards Children Early Reading and Writing in English. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(1), 87–101. https://doi.org/10.21009/JPUD.141.07.

Fitria, D., & Andriesgo, J. (2019). Penerapan model pembelajaran scramble berbasis powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi sejarah kebudayaan Islam. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2). https://doi.org/10.18860/jpai.v5i2.5857.

Hartania, I. M., Kurniasih, K., & Heryanto, D. (2021). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 52–60.

Jumaat, N. F., Tasir, Z., Halim, N. D. A., & Ashari, Z. M. (2017). Project-based learning from constructivism point of view. Advanced Science Letters, 23(8), 7904–7906. https://doi.org/10.1166/asl.2017.9605.

Mahyuni, A., Nurmalina, N., & Masrul, M. (2020). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Dengan Menggunakan Model Scanning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(2), 183–187. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.1248.

Marini, M., Sulha, S., & Hartati, M. (2020). Keterampilan Menulis Naskah Drama pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sungai Kakap. EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 68–79. https://jurnal.fpbs.ikippgriptk.ac.id/index.php/eduindo/article/view/43.

Maudina, A. N., & Hasanah. (2020). Implementasi Integrasi Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Cambridge Di SMP Al-Syukro Ciputat. Jurnal Qiro’ah, 10(1), 1–18. https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/qiroah/article/view/159.

Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21? Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48. https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24.

Narsa, I. K. (2021). Meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia pada materi menulis teks cerita fantasi melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Journal of Education Action Research, 5(2), 165–170. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/33269.

Nasution, A. J., Septya, J. D., Uswah, F., Widyaningsih, A., & Gusnirwan, H. (2023). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran PPKn di Prestige Bilingual School Kota Medan . EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 3(1), 118–126. https://doi.org/10.47467/edui.v3i1.3153.

Nasution, S., Asari, H., Al-Rasyid, H., Dalimunthe, R. A., & Rahman, A. (2024). Learning Arabic Language Sciences Based on Technology in Traditional Islamic Boarding Schools in Indonesia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 77–102. https://doi.org/10.31538/nzh.v7i1.4222.

Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis kesulitan membaca permulaan pada anak usia sekolah dasar. Jurnal Basicedu: Journal of Elementary Education, 5(3). https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/907.

Parmiti, D., Rediani, N., Antara, I., & Jayadiningrat, M. (2021). The Effectiveness of Local Culture-Integrated Science Learning Through Project Based Assessment on Scientific Attitudes and Science Process Skills of Elementary School Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(3), 439–446. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i3.31301.

Pramita, P. A., Sudarma, I. K., & Murda, I. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 186. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17907.

Pujawan, I., Rediani, N., Antara, I., Putri, N., & Bayu, G. (2022). Revised Bloom Taxonomy-Oriented Learning Activities to Develop Scientific Literacy and Creative Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(1), 47–60. https://doi.org/10.15294/jpii.v11i1.34628.

Ramadi, & Ilhami, M. (2020). Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Aspek Membaca Teks Cerita Nonfiksi Tema 8 Menggunakan Kombinasi Model Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC), Numberd Head Together (NHT), dan Scramble di Kelas 5 SDN Anjir Muara Kota 1 Bari. Sagacious: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 6(2), 79–88.

Rambe, R. N. K., & Salminawati, S. (2019). Integration of Islamic Values in English Learning At Madrasah Ibtidaiyah Teacher Training Program (Pgmi) Uin North Sumatera. Jurnal Tarbiyah, 26(1). https://doi.org/10.30829/tar.v26i1.410.

Rohmah, N. (2021). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Peserta Didik Pada Pembelajaran Membaca, Menulis, dan Berhitung (Calistung) di MI Nahdlatul Ulama Gribig Kudus. IAIN KUDUS., 8–43.

Simbolon, S., Sapri, S., & Sapri, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2510–2515. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2081.

Siregar, S. F., Mardianto, M., & Ahkas, A. W. (2020). Extracurricular Implementation of Islamic Education in Character Building Students in MTs EX PGA UNIVA Medan. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(2), 965–973. https://doi.org/10.33258/birle.v3i2.1013.

Sitepu, N., Lubis, R., Nur, L., & Siregar, K. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Membaca Pada Anak Kelas Iii Sd Negeri 040514 Desa Kineppen Kecamatan Munte Kabupaten Karo. XIII(1), 76–95.

Sunarya, A. N., Hendrawan, B., & Saleh, Y. T. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Scramble Berbantuan Kartu Domino Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2), 207–217. https://doi.org/10.31949/jee.v5i2.4202.

Syahfitri, R., & Rambe, R. N. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Ular Tangga Raksasa Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas 4 SD Muhammadiyah 08 Medan. Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS), 1(4), 138–153.

Windrawati, W., Solehun, S., & Gafur, H. (2020). Analisis Faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD Inpres 141 Matalamagi Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 10–16. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.405.

Diterbitkan

2024-08-01

Cara Mengutip

Kartika, D. A. ., & Nasution, S. . (2024). Mengatasi Kesulitan Membaca pada Siswa Kelas III dengan Menggunakan Media Scramble. Indonesian Journal of Instruction, 5(2), 127–135. https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.81535