ANALISIS PENGARUH FILM UPIN DAN IPIN TERHADAP KARAKTER SISWA

Ivan Zhayoga, Diana Endah H, Ikha Listyarini

Abstract


Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh film animasi Upin dan Ipin terhadap karakter siswa?. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendiskripsikan pengaruh terhadap karakter siswa dalam film animasi Upin dan Ipin. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Data dalam penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis, pengaruh film Upin dan Ipin yang dilakukan di SDN 4 Tanggung terdapat tiga proses yaitu melihat/mengamati, mengaplikasikan dan menganalisis, yang dilakukan dengan media film Upin dan Ipin episode Ikhlas dari Hati dan Pensil Ajaib. Terdapat nilai karakter peduli sosial dan bersahabat, serta semua siswa telah meningkatkan dan mengaplikasikan nilai karakter tersebut dalam lingkungan sekitar. Dapat disimpulkan bahwa keseluruhan hasil analisis pengaruh film Upin dan Ipin yang mencakup dua nila karakter yaitu nilai karakter peduli sosial dan bersahabat yang dijadikan sebagai acuan serta hasil wawancara dan observasi bersama Siswa, Guru, Orang tua, dapat digunakan sebagai contoh bagi siswa dalam peningkatan karakter. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah film Upin dan Ipin dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam penanaman nilai karakter peduli social dan bersahabat bagi siswa.


Keywords


Analsis; Film; Upin dan Ipin; Karakter

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

Darwanto. Televisi Sebagai Media Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. KBBI. Jakarta: Gramedia. Pustaka Utama.

Kesuma, Dharma. dkk. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. 2018. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Komalasari, Kokom., dan Didin Saripudin. 2017. Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasi Living Values Education. Bandung: PT. Refika Aditama.

Komisi Penyiaran Indonesia. 2017. Publik Minta Tayangan Anak Berkualitas Diperbanyak.http://www.kpi.go.id/index.php/id/umum/38-dalam negeri/34180-publik-minta-tayangan-anak-berkualitas-diperbanyak. Diakses 3 Maret 2019.

Listyarini, Retno. 2012. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif, dan Kreatif. Jakarta: Erlangga Group.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta Selatan : Referensi (GP Press Group).

Muslich, Masnur. 2013. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

¬________. 2013. Sastra Anak. Yogyakarta : Universitas Gajah Mada Press.

Rahmawati, Putri Noor. 2017. Analisis Nilai Karakter dalam Film Animasi Wreck it Ralph. Fakultas Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Ranang, A.S. dkk. 2010. Animasi Kartun Analog Sampai Digital. Jakarta Barat : PT. Indeks.

Saraswati, Diah. 2015. Analisis Nilai Karakter dalam Film Animasi Keluarga Somat. Fakultas Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Soegeng, dkk. 2011. Statistika Deskriptif untuk Pendidikan. Semarang : IKIP PGRI Semarang Press.

Soegeng, Abdullah, dan Kasihadi. 2013. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Suyanto. 2010. Model Pembinaan Pendidikan Karakter di Lingkungan Sekolah. Jakarta : Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20. Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 tentang perfilman. Bab 1 pasal 1 ayat 1.

Wikipedia. 2019. Id.m.wikipedia.org/wiki/upin_%26_ipin. Diakses 3 Maret 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.24542

Article Metrics

Abstract view : 1041 times
PDF file view : 556 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indonesian Values and Character Education Journal is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id

 


Indonesian Values and Character Education Journal is indexed by:

 

Akreditasi SINTA  JPI Undiksha OneSearch Crossref JPI  BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

Indonesian Values and Character Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.