ANALISIS NILAI KARAKTER PADA BUKU SISWA TEMA LINGKUNGAN BERSIH, SEHAT, DAN ASRI KELAS I SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i2.28515Abstract
penelitian ini dilatarbelakangi karena melemahnya nilai karakter karena perkembangan zaman hal ini terbukti maraknya aski kekerasan antar pelajar penanaman nilai karakter sejak dini sangat dibutuhkan melalui buku yang mereka baca dan pelajari yaitu melalui buku siswa. Permasalah dalam penelitian ini adalah “Karakter apa saja yang terdapat pada buku siswa kelas I Sekolah Dasar Tema Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai dan mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang terkandung pada buku tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari Buku Siswa Kelas I Sekolah Dasar tema Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri yang disunting dan diterbitkan oleh Kemendikbud. Data dalam penelitian ini meliputi kata, kalima, dan gambar. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan maka dapat dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai karakter dalam Buku Siswa tema Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri terdapat 14 nilai karakter yang ditemukan yaitu Religius, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Sahabat/Komunikatif, Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung Jawab. Nilai karakter yang diteliti terdiri dari 18 nilai karakter dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa oleh Kemendikbud
Kata Kunci : nilai-nilai karakter, buku siswaReferences
Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ghony dan Fauzan Almanshur. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA
Ismawati, E., & Umaya, F. 2016. Belajar Bahasa di Kelas Awal. Yogyakarta: Ombak
Kemendikbud. 2014. Buku Tematik Terpadu Tema 6 Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri: Buku Siswa SD/MI Kelas I. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2018 edisi revisi 2017.
Su’ud,Abu. dkk. 2011. Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press
Sugiyono 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Zubaedi. 2012. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group