ANALISIS NILAI KARAKTER PADA BUKU SISWA TEMA LINGKUNGAN BERSIH, SEHAT, DAN ASRI KELAS I SEKOLAH DASAR

Nani Risnwati, Endah Rita S. Dewi, Ikha Listyarini

Abstract


penelitian ini dilatarbelakangi karena melemahnya nilai karakter karena perkembangan zaman hal ini terbukti maraknya aski kekerasan antar pelajar penanaman nilai karakter sejak dini sangat dibutuhkan melalui buku yang mereka baca dan pelajari yaitu melalui buku siswa. Permasalah dalam penelitian ini adalah “Karakter apa saja yang terdapat pada buku siswa kelas I Sekolah Dasar Tema Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai dan mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang terkandung pada buku tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari Buku Siswa Kelas I Sekolah Dasar tema Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri  yang disunting dan diterbitkan oleh Kemendikbud. Data dalam penelitian ini meliputi kata, kalima, dan gambar. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan maka dapat dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai karakter dalam Buku Siswa tema Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri terdapat 14 nilai karakter yang ditemukan yaitu Religius, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Sahabat/Komunikatif, Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung Jawab. Nilai karakter yang diteliti terdiri dari 18 nilai karakter dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa oleh Kemendikbud

Kata Kunci : nilai-nilai karakter, buku siswa

References


Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ghony dan Fauzan Almanshur. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA

Ismawati, E., & Umaya, F. 2016. Belajar Bahasa di Kelas Awal. Yogyakarta: Ombak

Kemendikbud. 2014. Buku Tematik Terpadu Tema 6 Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri: Buku Siswa SD/MI Kelas I. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2018 edisi revisi 2017.

Su’ud,Abu. dkk. 2011. Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press

Sugiyono 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Zubaedi. 2012. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ivcej.v3i2.28515

Article Metrics

Abstract view : 772 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indonesian Values and Character Education Journal is Published By:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: ivcej30@gmail.com


Indonesian Values and Character Education Journal is indexed by:

 

Akreditasi SINTA  JPI Undiksha OneSearch Crossref JPI  BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

Indonesian Values and Character Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.