OPTIMISME TOKOH DALAM NOVEL ORANG – ORANG BIASA KARYA ANDREA HIRATA : SUATU TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA

Petrus Afendi

Abstract


Optimisme adalah suatu sikap atau pola berpikir yang positif terhadap suatu persoalan atau permasalahan dengan pertahanan diri yang kuat sehingga tumbuh rasa percaya diri. Aspek dan fungsi optimisme menjadi fokus dalam penelitian ini karena pola pikir optimisme ini cenderung kurang dimiliki oleh seseorang karena beberapa alasan salah satunya sumber daya manusia yang kurang membuat seseorang tidak percaya diri dalam mengambil suatu keputusan. Justru dalam novel Orang – Orang Biasa tidak demikian orang - orang biasa yang tidak dianggap justru memiliki suatu optimisme yang tinggi dan mengambil keputusan – keputusan yang besar. Hal ini yang menjadi dasar ketertarikkan penulis untuk mengkaji lebih jauh tentang novel ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek dan fungsi optimisme tokoh dalam novel Orang – Orang Biasa Karya Andrea Hirata. Pendekatan yang digunakan dalam menganalisis ini dengan meggunakan teori psikologi sastra dengan menggunakan teori psikologi yang difokuskan pada aspek optimisme yang dikemukakan oleh Goleman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan sumber data adalah novel Orang – Orang Biasa Karya Andrea Hirata. Metode pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi yakni dengan cara membaca secara ekstensif dan berulang – ulang untuk mendapatkan isi sesuai dengan kajian yang diinginkan.  Teknik analisis data menggunakan analisis isi. Teknik analisis isi digunakan dengan cara mereduksi data atau memilih data, penyajian data berupa kutipan, dan penarikan kesimpulan sebagai tahap akhir dari penelitian.  Dari hasil penelitian menunjukan bahwa aspek optimisme dalam novel Orang – Orang Biasa karya Andrea Hirata ditunjukan dalam berbagai nilai yaitu (1) memiliki harapan yang tinggi, (2)tidak mudah putus asa, (3)mampu memotivasi diri, kepercayaan diri yang tinggi dan (4) tidak bersikap sedangkan fungsi dari optimisme dalam novel adalah (1) sebagai sarana motivasi untuk memperkuat diri, (2) sebagai bagian dari bentuk pertahanan diri untuk mengatasi persoalan hidup dan (3) optimisme sebagai sistem pendukung.

Keywords


Optimisme

References


Hirata, Andrea. 2019. Orang – Orang Biasa. Yogyakarta : PT. Bentang Pustaka.

Azwar, Saifuddin. 1988. Sikap Manusia, Teori, dan Pengukurannya. Seri psikologi. Yogyakarta: Liberty.

Eriyanto. 2011. Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

________2013. Analisis Isi Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Ghufron, Nur dkk. 2012. Gaya Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Goleman, Daniel,Emotional Intelligence: Mengapa EI Lebih Penting Dari Pada EQ, terj. Hermaya,Jakarta: Gramedia, 1996.

________Kecerdasan Emosional, terj. Hermaya, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1996.

________1999. Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Herdiansyah, Haris. 2013. Wawancara Observasi dan Fokus Groups Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif. Jakarta : Rajawali Press

Hakim, Thursan. 2002. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Jabrohim. 2003. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha Widya.

Kutha Ratna, Nyoman. 2005. Sastra dan Cultural Studies : Representasi Fiksi dan Fakta. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Minderop, Albertine. 2010. Psikologi Sastra. Karya sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Adila, Dewi Muharnia. 2010. Hubungan Self Esteem dengan Optimisme Meraih Kesuksesan Karir Pada Mahasisa Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Nurgiyantoro, Burhan. 2002. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada Univesity Press.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Kalam Mulia, 2006.

Thantaway. 2005. Kamus Istilah Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Kanisius.

Usman, Husaini. 2013. Manajemen Teknik, Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ivcej.v4i2.31792

Article Metrics

Abstract view : 201 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indonesian Values and Character Education Journal is Published By:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: ivcej30@gmail.com


Indonesian Values and Character Education Journal is indexed by:

 

Akreditasi SINTA  JPI Undiksha OneSearch Crossref JPI  BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

Indonesian Values and Character Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.