Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Tematik

Iin Puji Rahayu, Agustina Tyas Asri Hardini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar setelah menerapkan model Discovery Learning pada pembelajaran tematik di kelas VA SD Negeri Cebongan 02 Salatiga semester II tahun pelajaran 2018/ 2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA sebanyak 22 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data tentang keaktifan siswa dan hasil belajar siswa dengan metode observasi dan tes, kemudian data yang didapatkan dianalisis secara deskriptif. Pada pra siklus presentase hasil belajar siswa yang mengalami ketuntasan hanya sebesar 27,27%, kemudian meningkat menjadi 59,09% pada siklus I dan meningkat kembali menjadi 86,36% pada siklus II. Sedangkan untuk keaktifan dari pra siklus presentase siswa yang termasuk dalam kriteria aktif sebesar 22,73%, kemudian meningkat menjadi 54,55% di siklus I dan meningkat kembali menjadi 81,82 di siklus II. Peningkatan tersebut terjadi karena guru telah menerapkan model pembelajaran sesuai sintaknya dan dapat memancing siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga siswa dapat memahami materi secara leluasa. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik

Full Text:

PDF

References


Aini, Q., & Relmasira, C. S. (2018). Penerapan model pembelajaran tematik integratif berbasis kontekstual untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas 1 SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 27 (2), 124-132.

Aningsih, & Sapitri, I. (2018). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi benda dan sifatnya di kelas III. PEDAGOGIK, 6 (1), 50-58.

Bahri, A. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Budimansyah, D. (2009). PAKEM Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Bandung: PT Genesindo.

Hanifah, U, & Wasitohadi. (2017). Perbedaan efektivitas antara penerapan model pembelajaran discovery dan inquiry ditinjau dari hasil belajar IPA siswa. Jurnal Mitra Pendidikan, 1 (2), 92-104.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Istikomah, N., Relmasira, C. S., & Hardini, A. T. (2018). Penerapan model discovery learning pada pembelajaran IPS untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 6 (3), 130-138.

Kristin, F., Chintia, I. N., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif dan hasil belajar siswa. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 32 (1), 69-77.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Implementasikan Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Maharani, Y. B., & Hardini, A. T. A. (2017). Penerapan model discovery learning berbantuan benda konkret untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Mitra Pendidikan, 1 (5), 249-561.

Putrayasa, M. I., Syahruddin, H., & Margunayasa, G. I. (2014). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Mimbar PGSD, 2 (1).

Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A. (2016). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 371-380.

Septiyani, T., Tampubolon, B, & Rosnita. (2018). Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media konkrit pada pembelajaran tematik kelas I SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7 (1), 1-10.

Siswanti, C. M., & Wahyudi. (2015). Pengaruh pendekatan saintifik melalui model discovery learning dengan permainan terhdap hasil belajar matematika siswa kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5 (3).

Widayanti, E. R., & Slameto. (2016). Pengaruh penerapan metode teams games tournament berbantuan permainan dadu terhadap hasil belajar IPA. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6 (3), 182-195.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v3i3.17369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.