Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17262Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw,pada mata pelajaran tematik tema 6 panas dan perpindahanya pada kelas V semester II. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, non tes (observasi), tes, dan studi dokumen. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Noborejo 01 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga sebanyak 39 siswa. Prosedur kegiatan meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi melalui dua siklus pembelajaran, terdapat refleksi pada tindakan siklus I kemudian dilakukan perbaikan pada tindakan siklus II, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Pada siklus I persentase kemampuan berpikir kritis siswa 87%, kemudian meningkat menjadi 97 % pada siklus II. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa juga berdampak pada hasil belajar siswa, dimana siklus I jumlah ketercapaian hanya 80% dari jumlah siswa meningkat menjadi 94% pada siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan langkah-langkah model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada pembelajaran tematik tema 6 panas dan perpindahanya siswaV SD Negeri Noborejo 01References
Afriki, dkk. 2017. Buku Guru Tema 6 “Panas dan Perpindahanya”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Afriki, dkk. 2017. Buku Peserta didik Tema 6 “Panas dan Perpindahanya”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum
Revisi 2017. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Aminah, H. S. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantu Media Gambar Kelas IV SDN 04 Jambangan 2016/2017 (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW).
Ariawan, I Putu Wisna. 2014. PENGEMBANGAN LKM MULTI REPRESENTASI BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 3, No. 1
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Budiawan, Nengah, I Dw. Pt. Raka Rasana, Ni Md. Setuti. 2017. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II BERBASIS PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Volume 3 No 4.
Darmada, Olyn Suyanti, Samara Putra, dan I. Gd. Meter. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SDN 1 dan 2 Rendang. Mimbar PGSD Undiksha. 1(1). 1-10.
Endrayanto, H.Y.S. & Harumurti, Y.W. (2014). Penilaian Belajar Siswa di Sekolah. Daerah Istimewa Yogyakarta: PT KANISIUS.
Faozi, Mohamad. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Bioteknologi pada Siswa SMP Negeri 2 Tarub Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti Volume 2 Nomor 1, Januari 2018, (Hal. 11- 15) http://e-journal.ups.ac.id/index.php/jpmp
Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis. Jakarta: Erlangga.
Fiyany, Fitria Nur, Mawardi, Suhandi Astuti. 2018. Keefektifan Model Pembelajaran Bamboo Dancing dan Jigsaw Ditinjau Dari Hsail Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika Vol. 2 No. 1, April 2018, Hal. 76-86
Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Lestari, Ni Luh Adhe Yanti, I Gusti Agung Oka Negara dan Siti Zulaikha. (2014). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berpengaruh terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus I Kuta Badung. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.2(1), 1-10
Dantes, Nyoman. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV SD Cipta Dharma Denpasar (Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha).
Khusniyah, Nurul, Nyoman Retug, I Wayan Redhana. 2014. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW IV TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA. Jurnal Wahana Matematika dan Sains, Volume 8 Nomor 1.
Maulana. (2017). Kemampuan Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif. Sumedang: UPI Sumedang Press
Nitko, A.J. & Brookhart, S.M. (2011). Educational Assessment of Student (6th ed). Boston: Pearson Education.
Priastuti, R. W. (2013). Penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw dengan Percobaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SDN Sidorejo Kidul 03 Salatiga Mata Pelajaran IPA Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW).
Slavin, Robert E. (2005). Cooperative learning:teori, riset, dan praktik. Bandung: Nusa Media
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D. Bandung: ALFABETA ,CV.
Supratikaya. (2012). Penilaian Hasil Belajar dengan Teknik Nontes. Yogyakarta: Universitas Sunata Darma.
Sumarno. Handayani, S. & Triyono. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajarn IPA SD di kabupaten Blora. (Program Studi Sekolah Dasar Universitas Terbuka).
Uno, H., Lamatenggo, N., Koni, S., (2011). Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.
Utariasih, Luh Juli, I Nyoman Jampel, I Nyoman Murda. 2018. PENGARUH JIGSAW BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI SD GUGUS V. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, Vol. 1 No. 2.
Widyoko, E.P. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.
Wijayanti, Rizky Ratna, Stefanus Christian Relmasira, Janelle Lee Juneau. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Volume 2, Number 4.