Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw

Authors

  • Eva Nahgiyah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
  • Stefanus C. Relmasira Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17370

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan berbicara dan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw, pada mata pelajaran tematik tema 6 “Cita-citaku” pada kelas IV semester II. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, non tes (observasi), tes, dan studi dokumen. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri  Noborejo 01 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga sebanyak 34 peserta didik. Prosedur kegiatan meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi,  refleksi melalui dua siklus pembelajaran, terdapat refleksi pada tindakan siklus I kemudian dilakukan perbaikan pada tindakan siklus II, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Pada siklus I persentase keterampilan berbicara peserta didik 70%, kemudian  meningkat menjadi 80% pada siklus II. Peningkatan keterampilan berbicara peserta didik juga berdampak pada hasil belajar  peserta didik, dimana siklus I jumlah ketercapaian hanya 71% dari jumlah peserta didik meningkat menjadi 87% pada siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan langkah-langkah model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan hasil belajar pada pembelajaran tematik tema 6 “Cita-citaku” peserta didik kelas IV SD Negeri Noborejo 01

References

Afriki, dkk. 2016. Buku Guru Tema 6 “Cita-citaku”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Revisi 2016. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Afriki, dkk. 2016. Buku Peserta didik Tema 6 “Cita-citaku”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Revisi 2016. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hanafi P, Jamaludin J, Hasdin H. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas V SD Inpres Salabenda Kecamatan Bunta Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(11), 200-209.

Harli T, Istutik Z. (2017). Strategi Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Kelas IV SD Negeri Godean 01 semester II tahun pelajaran 2016/2017. 7(2).

Hendri Guntur Tarigan. 2013. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV. Angkasa.

Kementrian Nomor 21 Tahun 2016. Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun 2016.

Lie, A. (2008). Cooperative Learning. Jakarta: PT. Gramedia.

Mau’izah. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SD Inpres Sintuwu Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(8), 1-22.

Mawardi, M. (2014). Pemberlakuan Kurikulum Sd/Mi Tahun 2013 Dan Implikasinya Terhadap Upaya Memperbaiki Proses Pembelajaran Melalui PTK. Scholariia: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(3),107-212.

Robert E,Slavin, (2005). Cooperative Learning: teori, riset, dan praktik. Bandung: Nusa Media.

Rochiati Wiriaatmaja. (2008). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Setyawan Pujiono. 2013. Terampil Menulis: Cara Mudah dan Praktis dalam Menulis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Slavin, R.E. 2009. Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media.

Wedari Nur Faiza. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Tema Lingkungan Untuk Mengingkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN Bulusidokare Tahun Pelajaran 2013/2014. 2(2).

Widiastini, Kusmariyatni, dan Arini. (2014). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Negeri 1 Tejakula Semester I Tahun Pelajaran 2012-2013. Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1).

Yeni Masluchah. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Pamotan 01 Porong Sidoarjo Tahun Pelajaran 2013/2014. 1(2)

Downloads

Published

2019-04-24

How to Cite

Nahgiyah, E., & C. Relmasira, S. (2019). Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Journal of Education Action Research, 3(3), 201–208. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17370