Isolasi Mandiri Covid-19 dengan Daring PjBL Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi

Ni Luh Ratna Tirtawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui penerapan Projek Based Learning (PjBL) Berbasis Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar biologi dikelas XI di masa isolasi mandiri Covid-19. Subjek penelitian ini berjumlah 36 Orang dengan rincian 19 Orang peserta didik Perempuan dan 17 Orang peserta didik Laki-laki. Objek penelitian berupa hasil belajar biologi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, semua sintak model pembelajaran PjBL Berbasis Mind Mapping dilakukan secara daring melalui aplikasi WhatsApp dan proses evaluasi pembelajaran Biologi dengan menggunakan aplikasi quizizz. Hasil yang diperoleh untuk hasil belajar biologi mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, dari rata-rata Accuracy 67.94% menjadi 85.93% dengan persentase tuntasan 38.89% menjadi 88.89%. Kesimpulan Penerapan Projek Based Learning (PjBL) Berbasis Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar Biologi di Kelas di masa isolasi mandiri Covid-19.


Keywords


Projek Based Learning, Mind Mapping dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Aisah. 2014. Kelebihan dan Kelemahan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Tersedia pada: kerjaonline-aisah.blogspot.com. Diunduh 14 April 2020

Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy For Learning, Teaching, and Assessing. New York

DePorter, B & Hernacki, M. 2013. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Penerjemah: Alwiyah Abdurrahman. Edisi I. Bandung: Kaifa.

Hidayat, Heri, Heny Mulyani, Ajeng Siti Fatimah, Amallia Sholihat, Ana Zulfia Latifah. 2020. Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, Volume 21, Nomor 1, Hal. 38-50. Tersedia Pada: http://jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/article/download/546/727/.

Jihad, A. & Haris, A. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Cetakan I. Yogyakarta; Multi pressindo.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015: Mata Pelajaran Biologi SMA/SMK. Jakarta. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurani, Indah Wahyu, Wakidi dan Yustina Sri Ekwandari. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah), Vol 2 No 2 Hal. 1-12. Tersedia Pada: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/view/4960/pdf_58.

Prastyo, A. (2016). Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sd Negeri Banyuanyar 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal PGSD. Uviversitas Slamet Riyadi. http://jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/article/download/546/727/.

Swadarma, D. 2013. Penerapan Mind Mapping Dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Syam, Natriani, Ramlah. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN 54 Kota Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, Vol. 5 No. 3 Hal. 184-197. Tersedia Pada: http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend.

Widyantini, T. 2014. Penerapan Model Project Based Learning (model Pembelajaran Berbasis Proyek) dalam materi Pola Bilangan Kelas VII. Artikel (PDF). Tersedia pada: p4tkmatematika.org/. diunduh:16 Juni 2015




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v4i4.28504

Article Metrics

Abstract view : 913 times
PDF file view : 1181 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.