Isolasi Mandiri Covid-19 dengan Daring PjBL Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28504Keywords:
Projek Based Learning, Mind Mapping dan Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui penerapan Projek Based Learning (PjBL) Berbasis Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar biologi dikelas XI di masa isolasi mandiri Covid-19. Subjek penelitian ini berjumlah 36 Orang dengan rincian 19 Orang peserta didik Perempuan dan 17 Orang peserta didik Laki-laki. Objek penelitian berupa hasil belajar biologi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, semua sintak model pembelajaran PjBL Berbasis Mind Mapping dilakukan secara daring melalui aplikasi WhatsApp dan proses evaluasi pembelajaran Biologi dengan menggunakan aplikasi quizizz. Hasil yang diperoleh untuk hasil belajar biologi mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, dari rata-rata Accuracy 67.94% menjadi 85.93% dengan persentase tuntasan 38.89% menjadi 88.89%. Kesimpulan Penerapan Projek Based Learning (PjBL) Berbasis Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar Biologi di Kelas di masa isolasi mandiri Covid-19.
References
Aisah. 2014. Kelebihan dan Kelemahan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Tersedia pada: kerjaonline-aisah.blogspot.com. Diunduh 14 April 2020
Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy For Learning, Teaching, and Assessing. New York
DePorter, B & Hernacki, M. 2013. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Penerjemah: Alwiyah Abdurrahman. Edisi I. Bandung: Kaifa.
Hidayat, Heri, Heny Mulyani, Ajeng Siti Fatimah, Amallia Sholihat, Ana Zulfia Latifah. 2020. Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, Volume 21, Nomor 1, Hal. 38-50. Tersedia Pada: http://jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/article/download/546/727/.
Jihad, A. & Haris, A. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Cetakan I. Yogyakarta; Multi pressindo.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015: Mata Pelajaran Biologi SMA/SMK. Jakarta. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nurani, Indah Wahyu, Wakidi dan Yustina Sri Ekwandari. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah), Vol 2 No 2 Hal. 1-12. Tersedia Pada: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/view/4960/pdf_58.
Prastyo, A. (2016). Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sd Negeri Banyuanyar 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal PGSD. Uviversitas Slamet Riyadi. http://jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/article/download/546/727/.
Swadarma, D. 2013. Penerapan Mind Mapping Dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Syam, Natriani, Ramlah. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN 54 Kota Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, Vol. 5 No. 3 Hal. 184-197. Tersedia Pada: http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend.
Widyantini, T. 2014. Penerapan Model Project Based Learning (model Pembelajaran Berbasis Proyek) dalam materi Pola Bilangan Kelas VII. Artikel (PDF). Tersedia pada: p4tkmatematika.org/. diunduh:16 Juni 2015