Atlas DP2d untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Ni Luh Ratna Tirtawati SMA Negeri 1 Semarapura

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.42771

Keywords:

Atlas DP2D, Hasil Belajar Biologi

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan banyak pengaruh dalam dunia Pendidikan, salah satunya adalah guru kesulitan dalam mengontrol dan menjaga suasana belajar karena terbatas dalam ruang virtual, konsentrasi dari rumah dan disekolah tentu akan berbeda. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atlas DP2D (Dalam Proses Pembelajaran Daring) untuk meningkatkan hasil belajar biologi di masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini berjumlah 34 Orang siswa dengan rincian 18 Orang peserta didik Perempuan dan 16 Orang peserta didik laki-laki. Metode pengumplan data menggunakan tes melalui aplikasi quizizz. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh untuk hasil belajar biologi mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dari 30 soal objektif yang diberikan sebagai alat ukur hasil belajar diperoleh Rata-rata Accuracy nilai, yaitu dari 75,47% pada siklus I menjadi 79,09% pada siklus II. Perolehan Accuracy Tertinggi untuk siklus I yaitu 90 % dan II yaitu 100 %. Perolehan Accuracy terendah dari 40% pada siklus I menjadi 60% pada siklus II. Sedangkan untuk persentase ketuntasan peserta didik dari 58,82% pada siklus I menjadi 85,29%. Ketuntasan klasikal di siklus I belum tercapai dan baru tercapai di siklus II dengan ketentuan ketuntasan klasikal adalah 85%. Maka, atlas DP2D (Dalam Proses Pembelajaran Daring) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi di masa pandemi Covid-19.

References

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 5(1), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

Ales, L., Bellofatto, A. A., & Wang, J. J. (2017). Taxing Atlas: Executive Compensation, Firm Size, and Their Impact on Optimal Top Income Tax Rates. Review of Economic Dynamics, 26, 62–90. https://doi.org/10.1016/j.red.2017.02.007.

Amania, M., Nugrahanta, G. A., & Irine Kurniastuti. (2021). Pengembangan Modul Permainan Tradisional sebagai Upaya Mengembangkan Karakter Adil pada Anak Usia 9-12 Tahun. Elementary School, 8(2), 237–251. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1230.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

Br Sinulingga, S. H., Jaria, J., & Barus, E. (2019). Development of Animation-Based Teaching Material on Explanation Text on XI Grade Students at MAN 2 Aceh Tenggara. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 257–266. https://doi.org/10.21009/AKSIS.030203.

Cahyani, A. dkk. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123–14. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57.

Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 433–441. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28035.

Dewi, N. K., Tirtayani, L. A., & Kristiantari, R. (2018). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Sosial Anak Kelompok B di Paud Gugus Anggrek, Kuta Utara. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 43–53. https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15090.

Dewi, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatakan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Cakrawala Pedagogik, 4(1), 112–120. https://doi.org/10.51499/cp.v4i1.147.

Durnalı, M. (2020). The effect of self-directed learning on the relationship between self-leadership and online learning among university students in Turkey. Tuning Journal for Higher Education, 8(1), 129–165. https://doi.org/10.18543/TJHE.

Elisabet, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Journal of Education Action Research, 3(3), 285. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19451.

Fauzia, N. L. U., & Kelana, J. B. (2021). Natural Science Problem Solving in Elementary School Students Using the Project Based Learning (PjBL) Model. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4), 596–603. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i4.28377.

Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo, S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 201. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.187.

Franchi, T. (2020). The Impact of the Covid-19 Pandemic on Current Anatomy Education and Future Careers: A Student’s Perspective. Anatomical Sciences Education, 13(3), 312–315. https://doi.org/10.1002/ase.1966.

Gokbulut, B. (2020). The Effect of Mentimeter and Kahoot Applications on University Students’ E-learning. World Journal on Educational Technology: Current Issues, 12(2), 107–116. https://doi.org/10.18844/wjet.v12i2.4814.

Guan, W., Ni, Z., Hu, Y., Liang, W., Ou, C., He, J., Liu, L., Shan, H., Lei, C., Hui, D. S. C., Du, B., Li, L., Zeng, G., Yuen, K.-Y., Chen, R., Tang, C., Wang, T., Chen, P., Xiang, J., & Zhong, N. (2020). Clinical Characteristics of Coronavirus Disease 2019 in China. New England Journal of Medicine, 382(18), 1708–1720. https://doi.org/10.1056/NEJMoa2002032.

I Ketut Nirta. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 14 Cakranegara Melalui Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Jurnal Paedagogy, 6(1), 8–13. https://doi.org/10.33394/jp.v6i1.2524.

Ismail, R. (2018). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Berbasis Proyek Dan Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau Dari Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 181–188. https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.23595.

Khanifah, S., Pukan, K. K., & Sukaesih, S. (2012). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Biology Education, 1(1), 66–73. https://doi.org/10.15294/jbe.v1i1.379.

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76. https://doi.org/10.52217/pedagogia.v2i1.640.

Muhammad Fikri, Muhammad Zaki Ananda, N. F. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 145–148. https://doi.org/10.37081/ed.v9i1.2290.

Paul, R., & Singh, A. (2020). Does early childhood adversities affect physical, cognitive and language development in indian children? Evidence from a panel study. SSM - Population Health, 12(August), 100693. https://doi.org/10.1016/j.ssmph.2020.100693.

Pendy, A., & Mbagh, H. M. (2021). Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada Materi Pokok Relasi dan Fungsi. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156–2163. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.542.

Pratama, H., Maduretno, T. W., & Yusro, A. C. (2021). Online Learning Solution: Ice Breaking Application to Increase Student Motivation. Journal of Educational Science and Technology (EST), 7(1), 117–125. https://doi.org/10.26858/est.v7i1.19289.

Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (Pjbl) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357.

Pratiwi, N. P. E. Y., Pudjawan, K., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Proyek pada Mata Peajaran Bahasa Indonesia pada siswa Kelas V. Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 6, 123–133. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20277.

Purwanto, A. (2020). Studi eksplorasi Dampak WFH Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 92–100. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397.

Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1011. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502.

Safitri, N. L., Zubaidah, S., & Kuswantoro, H. (2018). Pengembangan LKS Project Based Learning Berbasis Penelitian Perlakuan Perbedaan Dosis Fosfat pada Genotipe Kedelai. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 518–523. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i4.10813.

Saputro, O. A., & Rayahu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( Pjbl ) Dan Problem Based Learning ( Pbl ) Berbantuan Media Monopoli. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185–193. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.24719.

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548.

Setiawan, A. R. (2020). Peningkatan Literasi Saintifik Melalui Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan Saintifik. Journal Of Biology Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.21043/jobe.v2i1.5278.

Setiawan, D. (2017). Pendekatan Saintifik dan Penilaian Auntentik untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 1(2). https://doi.org/10.24269/ajbe.v1i2.683.

Sukmasari, V. P., & Rosana, D. (2017). Pengembangan penilaian proyek pembelajaran IPA berbasis discovery learning untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 101. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.10468.

Sumarni, W., Wijayati, N., & Supanti, S. (2017). Analisis Kemampuan Kognitif Dan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Berpendekatan Stem. JUrnal Pembelajaran Kimia, 4(1), 18–30. https://doi.org/10.17977/um026v4i12019p018.

Widarti, H. R., Rokhim, D. A., & Syafruddin, A. B. (2020). The Development Of Electrolysis Cell Teaching Material Based On Stem-Pjbl Approach Assisted By Learning Video: A Need Analysis. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 309–318. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.25199.

Downloads

Published

2021-12-28

How to Cite

Tirtawati, N. L. R. (2021). Atlas DP2d untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Education Action Research, 5(4), 521–529. https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.42771