Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Sebagai Dampak Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation

I Ketut Subudi

Abstract


Paradigma pembelajaran yang masih berpusat pada guru berdampak pada rendahnya keaktifan dan hasil belajar biologi siswa. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran inovatif yang berpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Penelitian ini merupakan jenis penelian tindakan kelas (PTK) yang mengadaptasi model penelitian PTK dari Kemmis dan Taggart. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 32 orang siswa. Data aktivitas belajar dikumpulkan dengan lembar observasi dan rubrik penilaian, sedangkan data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa pada siklus II, skor klasikal rata-rata aktivitas belajar sebesar 14,8 dengan kategori aktif, dan skor klasikal rata-rata hasil belajar sebesar 81,7 dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model GI meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa.


Keywords


Group Investigation; Aktivitas; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A., Oviana, W., & Khatimah, H. (2011). Penggunaan Alat Peraga dari Bahan Bekas dalam Menjelaskan Sistem Respirasi Manusia di MAN Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Jurnal Biologi Edukasi, 3(2), 51-55. http://202.4.186.66/JBE/article/view/469

Agustanti, T. H. (2012). Implementasi metode inquiry untuk meningkatkan hasil belajar biologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2007

Aini, Z., Ramdani, A., & Raksun, A. (2018). Perbedaan penguasaan konsep biologi dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan guided inquiry di MAN 1 Praya. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 19-23. http://dx.doi.org/10.29303/jpm.v13i1.466

Aqib, Z. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Yrama Widya.

Arnyana, I. B.P. (2007). Pengaruh Penerapan Model PBL dipandu Strategi Kooperatif Terhadap kecakapan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 38 (4), 646-667.

Artini, A., Pasaribu, M., & Husain, S. M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas VI SD Inpres 1 Tondo. Mitra Sains, 3(1), 45-52. http://jurnal.pasca.untad.ac.id/index.php/MitraSains/article/view/53

Daud, F. (2012). Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Biologi siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 19(2), 243-255. http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/3475

Delismar, D., Asyhar, R., & Hariyadi, B. (2013). Peningkatan kreativitas dan keterampilan proses sains siswa melalui penerapan model Group Investigation. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1). https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v2i1.1352

Fahmi, D., & Hidayati, H. (2017). Pengaruh Pembelajaran Tipe Group Investigation Terhadap Prestasi Belajar Fisika. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1). http://dx.doi.org/10.30738/cjipf.v3i1.668.g1019

Fauzi, F., Erna, M., & Linda, R. (2021). The Effectiveness of Collaborative Learning Throughtechniques on Group Investigation and Think Pair Share Students' Critical Thinking Ability on Chemical Equilibrium Material. Journal of Educational Sciences, 5(1), 198-208. http://dx.doi.org/10.31258/jes.5.1.p.198-208

Hapsari, D. P., Sudarisman, S., & Marjono, M. (2012). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Dengan Diagram V (Vee) dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Pendidikan Biologi, 4(3). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bio/article/view/1423

Hikmawati, H., Munir, A., & Parakkasi, P. (2020). Implementation of Group Investigation (GI) Cooperative Learning Model to Improve Students' Critical Thinking Skills in Biology Subject. Journal of Biological Science and Education, 2(2), 69-78. https://usnsj.com/index.php/biology/article/view/2.2.69-78

Lestari, S. (2017). Penerapan Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Prestasi dan Keaktifan Siswa Materi Statistika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 150-157. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/491

Nadiya, N., Rosdianto, H., & Murdani, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Gerak Lurus Kelas X. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 1(2), 49-51. https://dx.doi.org/10.26737/jipf.v1i2.63

Natalina, M., & Yusuf, Y. (2013). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII7 SMP Negeri 14 Pekanbaru Tahun Ajaran 2012/2013. Biogenesis, 9(2), 28-38. https://biogenesis.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSB/article/view/1896

Putri, D. (2018). Improving News Writing Skill by Using Cooperative Type Group Investigation Strategy. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 3(2), 76-86. http://ejournal.lldikti10.id/index.php/curricula/article/view/2878

Ramdani, D., & Badriah, L. (2018). Korelasi Antara Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Blended Learning Pada Materi Sistem Respirasi Manusia. BIO EDUCATIO:(The Journal of Science and Biology Education), 3(2). http://dx.doi.org/10.31949/be.v3i2.1117

Sharan, Y., & Sharan, S. (1992). Expanding cooperative learning through group investigation (Vol. 1234). Teachers College Press.

Sherman, L. W. (1989). A comparative study of cooperative and competitive achievement in two secondary biology classrooms: The group investigation model versus an individually competitive goal structure. Journal of research in science teaching, 26(1), 55-64. https://doi.org/10.1002/tea.3660260106

Soleh, U., Ferdianto, F., & Setiyani, S. (2018). Korelasi Model Group Investigation Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemampuan Pemecahan Masalah. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 139-154. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol3no2.2018pp139-154

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Supriatna, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar dan Pengukuran Listrik Siswa Kelas X Titl-1 SMK Negeri 3 Kuningan. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(12), 36-46. http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v4i12.826

Suryanda, A., Azrai, E. P., & Wari, N. (2016). Pengaruh penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir analisis siswa pada materi pencemaran lingkungan. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 37-44. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-2.6

Tan, I. G. C., Sharan, S., & Lee, C. K. E. (2007). Group investigation effects on achievement, motivation, and perceptions of students in Singapore. The Journal of Educational Research, 100(3), 142-154. https://doi.org/10.3200/JOER.100.3.142-154

Wahyuningsih, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar IPA. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 4(1), 26-33. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/NATURAL/article/view/1861

Zayyin, A. (2017). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 11-20. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/view/935




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v5i1.32131

Article Metrics

Abstract view : 543 times
PDF file view : 444 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.