Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Sebagai Dampak Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32131Keywords:
Group Investigation, Aktivitas, Hasil BelajarAbstract
Paradigma pembelajaran yang masih berpusat pada guru berdampak pada rendahnya keaktifan dan hasil belajar biologi siswa. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran inovatif yang berpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Penelitian ini merupakan jenis penelian tindakan kelas (PTK) yang mengadaptasi model penelitian PTK dari Kemmis dan Taggart. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 32 orang siswa. Data aktivitas belajar dikumpulkan dengan lembar observasi dan rubrik penilaian, sedangkan data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa pada siklus II, skor klasikal rata-rata aktivitas belajar sebesar 14,8 dengan kategori aktif, dan skor klasikal rata-rata hasil belajar sebesar 81,7 dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model GI meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa.
References
Abdullah, A., Oviana, W., & Khatimah, H. (2011). Penggunaan Alat Peraga dari Bahan Bekas dalam Menjelaskan Sistem Respirasi Manusia di MAN Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Jurnal Biologi Edukasi, 3(2), 51-55. http://202.4.186.66/JBE/article/view/469
Agustanti, T. H. (2012). Implementasi metode inquiry untuk meningkatkan hasil belajar biologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2007
Aini, Z., Ramdani, A., & Raksun, A. (2018). Perbedaan penguasaan konsep biologi dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan guided inquiry di MAN 1 Praya. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 19-23. http://dx.doi.org/10.29303/jpm.v13i1.466
Aqib, Z. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Yrama Widya.
Arnyana, I. B.P. (2007). Pengaruh Penerapan Model PBL dipandu Strategi Kooperatif Terhadap kecakapan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 38 (4), 646-667.
Artini, A., Pasaribu, M., & Husain, S. M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas VI SD Inpres 1 Tondo. Mitra Sains, 3(1), 45-52. http://jurnal.pasca.untad.ac.id/index.php/MitraSains/article/view/53
Daud, F. (2012). Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Biologi siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 19(2), 243-255. http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/3475
Delismar, D., Asyhar, R., & Hariyadi, B. (2013). Peningkatan kreativitas dan keterampilan proses sains siswa melalui penerapan model Group Investigation. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1). https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v2i1.1352
Fahmi, D., & Hidayati, H. (2017). Pengaruh Pembelajaran Tipe Group Investigation Terhadap Prestasi Belajar Fisika. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1). http://dx.doi.org/10.30738/cjipf.v3i1.668.g1019
Fauzi, F., Erna, M., & Linda, R. (2021). The Effectiveness of Collaborative Learning Throughtechniques on Group Investigation and Think Pair Share Students' Critical Thinking Ability on Chemical Equilibrium Material. Journal of Educational Sciences, 5(1), 198-208. http://dx.doi.org/10.31258/jes.5.1.p.198-208
Hapsari, D. P., Sudarisman, S., & Marjono, M. (2012). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Dengan Diagram V (Vee) dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Pendidikan Biologi, 4(3). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bio/article/view/1423
Hikmawati, H., Munir, A., & Parakkasi, P. (2020). Implementation of Group Investigation (GI) Cooperative Learning Model to Improve Students' Critical Thinking Skills in Biology Subject. Journal of Biological Science and Education, 2(2), 69-78. https://usnsj.com/index.php/biology/article/view/2.2.69-78
Lestari, S. (2017). Penerapan Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Prestasi dan Keaktifan Siswa Materi Statistika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 150-157. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/491
Nadiya, N., Rosdianto, H., & Murdani, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Gerak Lurus Kelas X. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 1(2), 49-51. https://dx.doi.org/10.26737/jipf.v1i2.63
Natalina, M., & Yusuf, Y. (2013). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII7 SMP Negeri 14 Pekanbaru Tahun Ajaran 2012/2013. Biogenesis, 9(2), 28-38. https://biogenesis.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSB/article/view/1896
Putri, D. (2018). Improving News Writing Skill by Using Cooperative Type Group Investigation Strategy. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 3(2), 76-86. http://ejournal.lldikti10.id/index.php/curricula/article/view/2878
Ramdani, D., & Badriah, L. (2018). Korelasi Antara Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Blended Learning Pada Materi Sistem Respirasi Manusia. BIO EDUCATIO:(The Journal of Science and Biology Education), 3(2). http://dx.doi.org/10.31949/be.v3i2.1117
Sharan, Y., & Sharan, S. (1992). Expanding cooperative learning through group investigation (Vol. 1234). Teachers College Press.
Sherman, L. W. (1989). A comparative study of cooperative and competitive achievement in two secondary biology classrooms: The group investigation model versus an individually competitive goal structure. Journal of research in science teaching, 26(1), 55-64. https://doi.org/10.1002/tea.3660260106
Soleh, U., Ferdianto, F., & Setiyani, S. (2018). Korelasi Model Group Investigation Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemampuan Pemecahan Masalah. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 139-154. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol3no2.2018pp139-154
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Supriatna, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar dan Pengukuran Listrik Siswa Kelas X Titl-1 SMK Negeri 3 Kuningan. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(12), 36-46. http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v4i12.826
Suryanda, A., Azrai, E. P., & Wari, N. (2016). Pengaruh penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir analisis siswa pada materi pencemaran lingkungan. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 37-44. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-2.6
Tan, I. G. C., Sharan, S., & Lee, C. K. E. (2007). Group investigation effects on achievement, motivation, and perceptions of students in Singapore. The Journal of Educational Research, 100(3), 142-154. https://doi.org/10.3200/JOER.100.3.142-154
Wahyuningsih, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar IPA. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 4(1), 26-33. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/NATURAL/article/view/1861
Zayyin, A. (2017). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 11-20. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/view/935