Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Co–Op Co-Op untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Yadnya Secara Online

Authors

  • Gede Suartina SMK Negeri 2 Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33144

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Co-Op Co-Op, Prestasi Belajar

Abstract

Penerapan model pembelajaran yang kurang inovatif dapat menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa, sehingga diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya materi yadnya. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Kooperatif Co-Op Co-Op untuk meningkatkan prestasi belajar yadnya secara online. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas X yang berjumlah 32 orang siswa, sedangkan objek dari penelitian ini adalah prestasi belajar yadnya. Metode pengumpulan datanya adalah pemberian tes prestasi belajar kepada siswa. Teknik analisis datanya adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah pada awalnya diperoleh nilai rata-rata 68,44, pada siklus I menjadi 71,56 dan pada siklus II menjadi 81,09 dan ketuntasan belajar pada awalnya dengan ketuntasan 59,38%, pada siklus I menjadi 68,75% dan pada siklus II menjadi 96,88%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Co-Op Co-Op dapat meningkatkan prestasi belajar yadnya secara online. Implikasi penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif Co-Op Co-Op dapat melatih siswa agar aktif, antusias didalam pembelajaran dan dapat memahami materi yang diajarkan sehingga prestasi belajar siswa menjadi meningkat.

References

Alirezaei, A., & KhoshAlhan, F. (2014). Coordination of pricing and co-op advertising models in supply chain: A game theoretic approach. International Journal Of Industrial Engineering Computations, 5(1), 23–40. https://doi.org/10.5267/j.ijiec.2013.09.006

Andriyani, R., & Saputra, N. N. (2019). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-Op Co-Op Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X Pemasaran SMKN 3 Padang. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 13–19. https://doi.org/10.31000/prima.v6i1.1464

Anggreni, N. M. (2016). Konstruksi Budaya Mutu Relevansinya Dengan Manajemen Mutu Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 84–92. https://doi.org/10.25078/jpm.v2i2.75

Ardianingsih, F., Mahmudah, S., & Rianto, E. (2017). Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus Pada Sekolah Luar Biasa Di Sidoarjo. Jurnal Pendidikan, 2(1), 14–20. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p21-30

Cahyaningsih, U. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v4i1.707

Gateri, N. W. (2016). Ajaran Agama Hindu Dalam Peningkatan Kerukunan Rumah Tangga Menuju Keharmonisan Hidup. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 93–108. https://doi.org/10.25078/jpm.v2i2.76

Henri, H., Syamsurizal, S., & Syaiful, S. (2018). Model Co-Op Co-Op Mandiri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Aksioma, 7(3). https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1583

Karom, D., Ruhimat, T., & Darmawan, D. (2014). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Presentasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika. Edutech, 13(2), 274–308. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i2.3113

Khodijah, N. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Kultur Islam Melayu (Studi Terhadap Pola Asuh Orang Tua, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Dan Pengaruhnya Terhadap Religiusitas Remaja Pada Suku Melayu Palembang). Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 21–39. https://doi.org/10.19109/tadrib.v4i1.1949

Lestari, I. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Dan Resitasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Tumbu Karangasem. Jurnal Penjaminan Mutu, 4. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/398

Makaborang, Y. (2019). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 130–145. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i2.p130-145

Mamanda, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(3), 256. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16283

Maryanti, S. (2018). Model Pembelajaran Kooperatif Co-Op Co-Op dengan Pendekatan Predict-Observe-Explain untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. DESIMAL, 1(3), 293–302. https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.2680

Murdika. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas XMIA-3 SMAN 1 Tanete Rilau (Studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia dan Bentuk Geometri). Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia Dan Pendidikan Kimia, 19(1), 75. https://doi.org/10.35580/chemica.v19i1.6647

Naldi, F., & Susanti, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Co-op Co-op terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau dari Gaya Belajar Visual, Audio, Kinestetik Siswa Kelas VIII SMPN 43 Merangin. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i01.4115

Purwanti, K. L. (2017). Penerapan Literasi Lintas Kurikulum Matematika Dalam Pembelajaran Kelas Tinggi Di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang Tahun 2016. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 79. https://doi.org/10.21580/phen.2017.7.1.1497

Ragil, Z., & Sukiswo, S. E. (2011). Penerapan Pembelajaran Sains Dengan Pendekatan Sets Pada Materi Cahaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1), 69–73. https://doi.org/10.15294/jpfi.v7i1.1073

Santriana Son, R. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 284–291. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p284-291

Selasih, N. N. (2016). Peranan Sentral Guru Agama Hindu Dalam Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional Di Indonesia Dan Pembangunan Karakter Bangsa Yang Berakhlak Mulia, Jujur, Terampil, Berhati Suci Dan Bersih Lahir Batin. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 54–66. https://doaj.org/article/7edf88ce42984adc93dcc576eacee5d3

Setyaningsih, S., Rusijono, R., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 144–156. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4772

Sihombing, L. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar PKN Siswa Kelas VII.4 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Keliling Kelas Di SMP Negeri 21 Pekanbaru. Dinamisia-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 84–90. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i1.1095

Suanthara, I. N. D. E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Tri Kaya Parisudha Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Semester V Prodi Pendidikan Agama Hindu STKIP Agama Hindu Singaraja Tahun Akademik 2016/2017. Pasupati: Journal of Hindu Studies & Ducation, 5(2). https://doi.org/10.37428/pspt.v5i2.31

Sukrawati, N. M. (2018). Pendidikan Acara Agama Hindu: Antara Tradisi dan Modernitas. DHARMASMRTI, 18(2), 43–49. https://doi.org/10.32795/ds.v9i2.145

Sunanto, R. F., Apriliani, R., & Nafi’ah, W. (2020). Students’ Mathematical Problem Solving Abilities: The Impact of The Co-Op Co-Op Cooperative Learning Model and Missouri Mathematics Project. DESIMAL, 3(3), 279–286. https://doi.org/10.24042/djm.v3i3.7332

Suparmi, S. (2013). Pembelajaran Kooperatif dalam Pendidikan Multikultural. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 1(1), 108–118. https://doi.org/10.21831/jppfa.v1i1.1055

Suratno. (2013). Pengaruh Penerapan Metode STAD Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Ditinjau Dari Minat Siswa Di SMA N 10 Batanghari. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 8(2), 111–122. https://doi.org/10.15294/dp.v8i2.3367

Suryanata, I. K. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(2), 235. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i2.2497

Togatorop, M. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Co-Op Co-Op Berbantu Teknologi Inforamsi Dan Komunikasi (TIK) Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Satya Widya, 33(2), 128–145. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p128-145

Widyanto, I. P. (2020). Peningkatan Mutu Pendidikan Hindu Melalui Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Penjaminan Mutu, 6(1), 48–59. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25078/jpm.v6i1.1151

Wintari, N. L. M. D., Wiyasa, I. K. N., & Putra, M. (2014). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Assisted Individualization (TAI) Dalam Upaya Meningkatkan Interaksi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 6 Dauh Puri Tahun Pelajaran 2013/2014. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3093

Yampap, U., & Bay, H. R. (2020). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 3(1), 57–64. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i1.3201

Yeshy, Y., Nirawati, R., & Husna, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperation In Education (Co-Op Co-Op) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(1), 19–26. https://doi.org/10.26737/jpmi.v2i1.209

Downloads

Published

2021-03-17

How to Cite

Suartina, G. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Co–Op Co-Op untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Yadnya Secara Online. Journal of Education Action Research, 5(2), 151–158. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33144

Issue

Section

Artikel